Mengenal InstaStory dalam Digital Marketing: Fitur, Strategi & Cara Menayangkan Iklan

InstaStory adalah fitur utama dari platform media sosial Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto atau video dalam format cerita singkat yang bersifat sementara. Dalam artikel ini, kita akan membahas definisi InstaStory, fitur-fitur penting, strategi pemasaran melalui InstaStory, dan cara menayangkan iklan di platform ini.

Apa Itu InstaStory dalam Digital Marketing?

InstaStory adalah fitur pada platform Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto atau video dalam format cerita singkat. Setiap InstaStory hanya dapat dilihat selama 24 jam sejak diunggah, sehingga memberikan kesan konten yang lebih segar dan kontekstual.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Fitur-Fitur Penting InstaStory

  1. Foto dan Video: Pengguna dapat membagikan foto atau video dalam format cerita, memberikan fleksibilitas dalam jenis konten yang dapat dibagikan.
  2. Efek dan Filter: Instagram menyediakan berbagai efek dan filter yang dapat diterapkan pada foto atau video untuk menambahkan kreativitas dan daya tarik visual.
  3. Stiker dan Emoji: Pengguna dapat menambahkan stiker, emoji, teks, atau elemen grafis lainnya untuk memberikan pesan atau konteks tambahan.
  4. Fitur Penyaringan Lokasi dan Waktu: Pengguna dapat menambahkan lokasi atau stempel waktu ke InstaStory untuk memberikan konteks geografis atau temporal.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Strategi Pemasaran Melalui InstaStory

  1. Tampilkan Produk atau Layanan: Bagikan gambar atau video singkat produk atau layanan untuk memberikan tampilan langsung kepada pengikut kita.
  2. Penawaran dan Diskon Eksklusif: Gunakan InstaStory untuk membagikan penawaran khusus atau diskon eksklusif kepada pengikut kita, mendorong keterlibatan dan konversi.
  3. Kulissi Perusahaan: Beri pengikut kita wawasan di balik layar tentang kehidupan sehari-hari atau proses di dalam perusahaan kita.
  4. Konten Pendidikan atau Tutorial: Bagikan konten yang memberikan nilai tambah seperti tutorial penggunaan produk atau tips terkait industri kita.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Cara Menayangkan Iklan di InstaStory

  1. Gunakan Facebook Ads Manager: Buka Facebook Ads Manager dan pilih tujuan kampanye kita, seperti “Meningkatkan Trafik ke Situs Web” atau “Pemasaran Kesadaran Merek”.
  2. Pilih Plasman Iklan: Di bagian “Plasman”, pilih “Edit Plasman” dan pilih Instagram. Kemudian, pilih “Feed” dan centang opsi “Stories”.
  3. Buat dan Atur Iklan: Buat iklan kita dengan memilih format, menambahkan teks, gambar, atau video, dan menentukan targeting audiens kita.
  4. Atur Anggaran dan Jadwal: Tentukan anggaran dan jadwal kampanye kita, serta metrik pengukuran kinerja yang diinginkan.
  5. Uji dan Pantau Kinerja: Setelah iklan kita berjalan, pantau kinerjanya melalui Facebook Ads Manager dan lakukan uji coba untuk mengoptimalkan hasil.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

InstaStory adalah alat pemasaran yang kuat di platform Instagram karena memungkinkan merek untuk berinteraksi dengan pengikut mereka secara langsung dan menciptakan konten yang lebih terlibat dan kontekstual. Dengan memahami fitur-fitur dan strategi yang efektif, merek dapat memanfaatkan potensi penuh dari InstaStory dalam kampanye pemasaran mereka.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan