Kosa Kata Penyebutan Orang-Orang yang Ada di Rumah Sakit dalam Bahasa Inggris

Apakah kita pernah bertanya-tanya tentang berbagai pekerjaan dan peran orang-orang yang kita temui di rumah sakit? Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai kosa kata yang berkaitan dengan pekerjaan atau orang yang ada di rumah sakit dalam bahasa Inggris. Pemahaman ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi kita yang bekerja di bidang kesehatan atau sering berinteraksi dengan lingkungan medis. Yuk, kita mulai!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

1. Doctor (Dokter)

Dokter adalah tenaga medis yang memiliki tanggung jawab utama dalam mendiagnosis dan merawat pasien. Mereka memiliki spesialisasi yang berbeda-beda, seperti:

  • General Practitioner (GP) atau Family Doctor (Dokter Umum): Dokter yang menangani berbagai jenis penyakit tanpa spesialisasi tertentu.
  • Pediatrician (Dokter Anak): Dokter yang khusus merawat anak-anak.
  • Surgeon (Ahli Bedah): Dokter yang melakukan operasi.
  • Cardiologist (Dokter Jantung): Dokter yang spesialisasi dalam penyakit jantung.

2. Nurse (Perawat)

Perawat adalah orang yang merawat pasien sehari-hari, memastikan kebutuhan medis dan emosional mereka terpenuhi. Terdapat beberapa jenis perawat, seperti:

  • Registered Nurse (RN) atau Perawat Terdaftar: Perawat dengan lisensi penuh untuk memberikan perawatan medis.
  • Licensed Practical Nurse (LPN) atau Perawat Praktik Berlisensi: Perawat yang membantu RN dan biasanya menangani tugas-tugas yang lebih dasar.
  • Nurse Practitioner (NP) atau Praktisi Perawat: Perawat dengan pelatihan lanjutan yang bisa memberikan diagnosis dan pengobatan.

3. Medical Assistant (Asisten Medis)

Asisten medis membantu dokter dan perawat dengan tugas-tugas administratif dan klinis. Mereka mungkin mengukur tanda-tanda vital, membantu dalam pemeriksaan fisik, dan mengelola catatan medis.

4. Pharmacist (Apoteker)

Apoteker bertanggung jawab untuk menyiapkan dan memberikan obat-obatan kepada pasien. Mereka juga memberikan informasi dan saran tentang penggunaan obat yang aman dan efektif.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

5. Radiologist (Radiolog)

Radiolog adalah dokter yang menginterpretasikan gambar medis seperti X-ray, CT scan, dan MRI untuk mendiagnosis penyakit.

6. Therapist (Terapis)

Ada beberapa jenis terapis yang bekerja di rumah sakit:

  • Physical Therapist (Fisioterapis): Membantu pasien memulihkan fungsi fisik mereka setelah cedera atau operasi.
  • Occupational Therapist (Terapis Okupasi): Membantu pasien melakukan aktivitas sehari-hari yang penting bagi kesejahteraan mereka.
  • Respiratory Therapist (Terapis Pernapasan): Mengelola pasien dengan masalah pernapasan.

7. Dietitian (Ahli Gizi)

Ahli gizi bekerja dengan pasien untuk merencanakan diet yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan mereka. Mereka memberikan saran tentang nutrisi dan membantu mengelola kondisi medis melalui diet.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

8. Lab Technician (Teknisi Laboratorium)

Teknisi laboratorium melakukan tes diagnostik pada sampel medis seperti darah, urin, dan jaringan tubuh untuk membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit.

9. Paramedic (Paramedis)

Paramedis adalah profesional medis yang memberikan perawatan darurat dan transportasi bagi pasien dalam kondisi kritis sebelum mereka tiba di rumah sakit.

10. Receptionist (Resepsionis)

Resepsionis di rumah sakit bertanggung jawab untuk menyambut pasien, mengatur janji temu, dan menangani tugas administratif lainnya. Mereka adalah wajah pertama yang dilihat pasien saat memasuki fasilitas medis.

Dengan memahami berbagai kosa kata ini, kita bisa lebih mudah berkomunikasi dan mengerti peran setiap profesional yang kita temui di rumah sakit. Semoga artikel ini bermanfaat dan memperkaya pengetahuan kita semua tentang dunia medis dalam bahasa Inggris. Tetap semangat belajar, teman-teman!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill