Kosa Kata Ruangan di Rumah Sakit dalam Bahasa Inggris

Ketika kita berkunjung ke rumah sakit, baik sebagai pasien, keluarga, atau tenaga medis, penting untuk memahami berbagai istilah yang digunakan, terutama jika kita berada di lingkungan berbahasa Inggris. Mengetahui kosa kata ruangan di rumah sakit dalam bahasa Inggris dapat membantu kita berkomunikasi dengan lebih baik dan memahami instruksi atau informasi yang diberikan. Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa ruangan utama di rumah sakit beserta terjemahannya dalam bahasa Inggris.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

1. Emergency Room (ER) – Ruang Gawat Darurat

Ruang Gawat Darurat, atau ER, adalah tempat pertama yang dituju dalam situasi darurat medis. Di sini, pasien menerima penanganan cepat untuk kondisi yang mengancam nyawa, seperti serangan jantung, kecelakaan, atau luka serius. Staf medis di ER terlatih untuk menangani berbagai jenis keadaan darurat.

2. Operating Room (OR) – Ruang Operasi

Ruang Operasi adalah tempat di mana prosedur bedah dilakukan. Di dalam OR, dokter bedah, anestesiolog, dan perawat bedah bekerja sama untuk melakukan operasi baik yang bersifat darurat maupun terencana. OR dilengkapi dengan peralatan medis canggih untuk memastikan operasi berjalan dengan aman dan efektif.

3. Intensive Care Unit (ICU) – Unit Perawatan Intensif

ICU adalah unit khusus untuk merawat pasien dengan kondisi kritis yang memerlukan pemantauan dan perawatan intensif. Pasien di ICU sering kali memerlukan dukungan pernapasan, pemantauan jantung, atau perawatan pasca operasi yang kompleks. Staf di ICU memiliki keahlian khusus dalam menangani situasi yang mengancam nyawa.

4. Patient Room – Kamar Pasien

Kamar Pasien adalah ruangan di mana pasien dirawat selama masa inap di rumah sakit. Kamar ini bisa berisi satu atau lebih tempat tidur tergantung pada kebijakan rumah sakit dan jenis perawatan yang diperlukan. Kamar pasien biasanya dilengkapi dengan tempat tidur rumah sakit yang bisa diatur, meja makan kecil, dan kamar mandi.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Maternity Ward – Bangsal Bersalin

Bangsal Bersalin adalah area khusus di rumah sakit untuk ibu hamil dan melahirkan. Di sini, ibu akan menerima perawatan prenatal, persalinan, dan perawatan pasca melahirkan. Bangsal bersalin juga sering memiliki unit perawatan bayi baru lahir atau Neonatal Intensive Care Unit (NICU) untuk merawat bayi yang lahir prematur atau memerlukan perawatan khusus.

6. Radiology Department – Departemen Radiologi

Departemen Radiologi adalah tempat di mana pemeriksaan pencitraan medis dilakukan, seperti sinar-X, CT scan, MRI, dan ultrasound. Tes-tes ini membantu dokter dalam mendiagnosis berbagai kondisi medis. Teknisi radiologi dan radiolog adalah tenaga medis yang bekerja di departemen ini.

7. Pharmacy – Apotek

Apotek rumah sakit menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan untuk perawatan pasien. Apoteker di rumah sakit bekerja sama dengan dokter dan perawat untuk memastikan pasien menerima obat yang tepat sesuai resep. Mereka juga memberikan informasi mengenai cara penggunaan obat dan efek sampingnya.

8. Laboratory – Laboratorium

Laboratorium adalah tempat di mana berbagai tes diagnostik dilakukan pada sampel darah, urine, atau jaringan tubuh lainnya. Hasil dari tes ini membantu dokter dalam membuat diagnosis dan menentukan rencana perawatan. Teknisi laboratorium dan ahli patologi bekerja di sini untuk menganalisis sampel dan melaporkan hasilnya.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut.

9. Recovery Room – Ruang Pemulihan

Ruang Pemulihan adalah tempat di mana pasien dipantau setelah menjalani operasi atau prosedur medis lainnya. Di sini, pasien diawasi sampai efek anestesi hilang dan kondisi mereka stabil. Perawat di ruang pemulihan memastikan bahwa pasien merasa nyaman dan aman sebelum dipindahkan kembali ke kamar pasien atau ICU.

Memahami kosa kata ruangan di rumah sakit dalam bahasa Inggris sangat berguna, terutama jika kita berada di lingkungan berbahasa Inggris atau berinteraksi dengan tenaga medis internasional. Dengan mengetahui istilah-istilah ini, kita dapat lebih mudah memahami informasi medis dan berkomunikasi dengan lebih efektif. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang terminologi medis dalam bahasa Inggris.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill