Memahami Leading: Pengertian, Pentingnya Memahami & Hal yang Harus Dilakukan

Leading, dalam desain grafis, adalah jarak vertikal antara baris teks dalam suatu dokumen. Artikel ini akan menjelaskan konsep leading, pentingnya memahami elemen ini, faktor-faktor yang harus diperhatikan, dan bagaimana pengaturan leading berkontribusi pada tampilan teks yang lebih baik.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Apa Itu Leading dalam Desain?

Leading merujuk pada jarak vertikal antara baris teks, diukur dari titik dasar satu baris ke titik dasar baris berikutnya. Pengaturan leading memengaruhi kelegaan bacaan, struktur, dan tampilan keseluruhan dari teks yang ditampilkan.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Mengapa Penting Memahami Leading?

Pemahaman tentang leading sangat penting karena pengaturan jarak antarbaris memengaruhi keterbacaan dan estetika dari teks. Penetapan leading yang tepat akan meningkatkan kemudahan membaca serta memperbaiki tampilan visual keseluruhan dari desain yang mengandung teks.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Leading?

  1. Keterbacaan: Pastikan leading yang digunakan tidak terlalu rapat sehingga membuat teks sulit dibaca, atau terlalu longgar sehingga membuatnya terlihat terpisah-pisah.
  2. Harmoni Visual: Memperhatikan hubungan antara leading, jenis huruf yang digunakan, dan lebar kolom teks untuk menciptakan harmoni visual yang baik.
  3. Penggunaan Jenis Huruf yang Tepat: Beberapa jenis huruf mungkin membutuhkan leading yang berbeda untuk tampilan terbaik. Perhatikan karakteristik jenis huruf yang digunakan.
  4. Konsistensi: Pastikan konsistensi dalam pengaturan leading, terutama saat menangani berbagai bagian dalam desain yang berbeda.
  5. Pengaruh Terhadap Tampilan Keseluruhan: Pemahaman tentang bagaimana leading memengaruhi kesan visual dan struktur keseluruhan dari teks dalam desain.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Penutup

Leading memainkan peran penting dalam tampilan dan keterbacaan teks dalam desain grafis. Dengan memperhatikan pengaturan leading yang tepat, desainer dapat meningkatkan keterbacaan dan memastikan bahwa teks terlihat profesional dan mudah dibaca. Pengaturan leading yang sesuai membantu dalam membentuk tampilan visual yang estetis, memastikan keseluruhan desain tetap kohesif, dan mempengaruhi pengalaman pembaca dengan cara yang positif.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill