Apa Itu MailerLite? Fungsi, Fitur, Contoh & Perbedaan dengan Mailchimp

MailerLite adalah salah satu platform pemasaran email dan otomasi yang semakin populer. Artikel ini akan menjelaskan apa itu MailerLite, fungsi utama MailerLite dalam email marketing, fitur-fitur yang ditawarkan, memberikan contoh penggunaan, dan membandingkan perbedaan antara MailerLite dan Mailchimp.

Apa Itu MailerLite?

MailerLite adalah platform pemasaran email dan otomasi yang dirancang untuk membantu bisnis membangun dan mengelola kampanye email marketing mereka. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengirim, dan menganalisis email dengan cara yang efisien. MailerLite menawarkan berbagai fitur untuk membantu pengguna mencapai tujuan pemasaran mereka, seperti mengumpulkan pelanggan, membangun hubungan, dan meningkatkan konversi.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Fungsi MailerLite untuk Email Marketing

  1. Pengiriman Email Berkualitas Tinggi: MailerLite memastikan email Anda mencapai kotak masuk pelanggan dengan alat pembersih email dan pemberi peringkat email yang kuat.
  2. Desain Email yang Menarik: Anda dapat dengan mudah membuat email yang menarik dengan alat desain email drag-and-drop, template responsif, dan penyunting gambar.
  3. Segmentasi Pelanggan: MailerLite memungkinkan Anda mengelompokkan pelanggan berdasarkan preferensi mereka, sehingga Anda dapat mengirim pesan yang lebih relevan.
  4. Automatisasi: Anda dapat membuat alur kerja otomatis untuk mengirim email, pesan selamat datang, dan pengingat pembelian.
  5. Analisis Kinerja: MailerLite menyediakan alat analisis yang kuat untuk melacak tingkat buka, tingkat klik, dan konversi dari setiap kampanye email.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Fitur-fitur di MailerLite

Beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh MailerLite termasuk:

  1. Email Campaigns: Anda dapat membuat kampanye email dengan mudah menggunakan alat penyunting email drag-and-drop dan berbagai template.
  2. Automation: Automatisasi memungkinkan Anda mengirim email berdasarkan tindakan pelanggan, seperti pembelian atau pendaftaran.
  3. Landing Pages: Anda dapat membuat halaman arahan yang menarik untuk mengumpulkan pelanggan baru.
  4. Forms: MailerLite menyediakan alat pembuatan formulir yang dapat disesuaikan untuk mengumpulkan pelanggan potensial.
  5. Pop-ups: Anda dapat menambahkan pop-up yang dapat disesuaikan ke situs web Anda untuk mengumpulkan alamat email pelanggan.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Contoh Penggunaan MailerLite

  1. Kampanye Promosi: Sebuah toko online dapat menggunakan MailerLite untuk mengirim kampanye promosi produk baru atau diskon kepada pelanggan mereka.
  2. Penjadwalan Konten: Seorang blogger dapat menggunakan MailerLite untuk mengirim pemberitahuan tentang posting blog terbaru kepada pelanggan mereka.
  3. Automatisasi E-commerce: Sebuah toko e-commerce dapat mengirim email otomatis kepada pelanggan yang meninggalkan keranjang belanja mereka tanpa menyelesaikan pembelian.
  4. Kursus Online: Seorang instruktur kursus online dapat menggunakan MailerLite untuk mengirim materi kursus dan pengingat kepada peserta kursus.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Perbedaan MailerLite vs Mailchimp

Mailchimp adalah salah satu pesaing utama MailerLite dalam ruang pemasaran email. Berikut adalah beberapa perbedaan antara keduanya:

  1. Harga: MailerLite umumnya lebih terjangkau daripada Mailchimp, terutama untuk pengguna dengan daftar pelanggan yang besar.
  2. Antarmuka Pengguna: MailerLite dikenal dengan antarmuka yang lebih sederhana dan mudah digunakan, sementara Mailchimp memiliki lebih banyak fitur yang kompleks.
  3. Automatisasi: MailerLite memiliki alat otomatisasi yang kuat dengan rencana gratis, sementara Mailchimp membatasi sejumlah besar alat otomatisasi ke rencana berbayar.
  4. Pemberi Peringkat Email: MailerLite memiliki sistem pemberi peringkat email yang kuat yang membantu menjaga tingkat pengiriman tinggi, sementara Mailchimp memiliki aturan yang lebih ketat tentang konten email.
  5. Integrasi Aplikasi: Kedua platform ini memiliki banyak integrasi aplikasi dengan perangkat lunak lain yang populer.

Dalam penutup, MailerLite adalah platform pemasaran email yang kuat dengan berbagai fitur yang dirancang untuk membantu bisnis memaksimalkan kampanye email mereka. Dengan harga yang terjangkau dan antarmuka yang mudah digunakan, MailerLite adalah pilihan yang menarik bagi pengguna yang ingin memulai atau mengoptimalkan strategi email marketing mereka.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan