Memahami Augmented Reality: Pengertian, Komponen, Jenis, Contoh & Bedanya dengan VR

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang semakin mendominasi dunia digital, membuka pintu untuk pengalaman yang lebih imersif dan interaktif. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Augmented Reality, komponen-komponen AR, jenis-jenisnya, memberikan contoh penggunaan AR, dan mengklarifikasi perbedaan antara Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Apa Itu Augmented Reality?

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan dunia fisik dengan elemen-elemen virtual, seperti gambar, suara, atau teks, untuk menciptakan pengalaman yang lebih kaya dan informatif. Dalam AR, elemen-elemen virtual tersebut ditampilkan dalam konteks dunia nyata, biasanya melalui perangkat seperti smartphone, kacamata pintar, atau headset khusus.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Komponen-komponen Augmented Reality

  1. Perangkat AR: Ini adalah alat fisik yang digunakan untuk menghadirkan pengalaman AR, seperti smartphone, tablet, kacamata AR (contoh: Microsoft HoloLens), atau headset AR (contoh: Magic Leap).
  2. Perangkat Lunak AR: Ini mencakup aplikasi dan platform yang digunakan untuk membuat dan menjalankan konten AR. Beberapa contoh perangkat lunak AR terkenal adalah ARKit (Apple) dan ARCore (Google) untuk perangkat mobile.
  3. Sensor: Sensor seperti kamera, accelerometer, dan GPS digunakan untuk mendeteksi dan memahami lingkungan fisik serta lokasi pengguna.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Jenis-jenis Augmented Reality

  1. Marker-based AR: Jenis AR ini memerlukan marker atau tanda khusus, seperti gambar atau kode tertentu yang diidentifikasi oleh kamera perangkat. Ketika marker dikenali, elemen-elemen virtual ditampilkan di atasnya.
  2. Markerless AR (SLAM): Markerless AR menggunakan teknik Simultaneous Localization and Mapping (SLAM) untuk mendeteksi dan melacak posisi perangkat dalam lingkungan. Contoh SLAM termasuk penggunaan GPS, accelerometer, dan kompas.
  3. Proyeksi Berbasis AR: Proyeksi AR melibatkan proyeksi elemen-elemen virtual ke objek fisik di dunia nyata, seperti meja atau dinding. Ini menciptakan interaksi antara objek fisik dan elemen-elemen virtual.
  4. Tracking Berbasis Lokasi: AR berbasis lokasi menggabungkan data lokasi dari GPS atau sumber lainnya untuk menampilkan informasi yang relevan berdasarkan lokasi pengguna. Contohnya adalah aplikasi pemandu wisata yang menampilkan informasi sejarah saat Kita berada di suatu tempat.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Contoh Augmented Reality

Contoh penggunaan AR sangat beragam. Sebuah contoh yang umum adalah aplikasi game AR seperti Pokemon GO, di mana pemain menggunakan smartphone mereka untuk menangkap karakter virtual yang muncul dalam dunia nyata. Selain itu, AR digunakan dalam industri kesehatan untuk visualisasi organ tubuh dalam konteks nyata, dalam dunia fashion untuk mencoba pakaian secara virtual, dan dalam pendidikan untuk menampilkan konten pendidikan secara interaktif.

Apakah Augmented Reality (AR) sama dengan Virtual Reality (VR)?

Walaupun AR dan VR seringkali disebut dalam satu nafas, keduanya berbeda dalam konsep dasarnya. AR memadukan dunia nyata dengan elemen-elemen virtual, sedangkan VR menciptakan lingkungan sepenuhnya virtual yang mengisolasi pengguna dari dunia fisik. Dalam VR, pengguna merasakan seolah-olah mereka berada di tempat lain, sementara dalam AR, pengguna tetap berada dalam dunia nyata dengan elemen tambahan yang ditampilkan.

Dalam kesimpulan, Augmented Reality adalah teknologi yang menghadirkan elemen-elemen virtual ke dalam dunia nyata, membuka berbagai peluang untuk pengalaman yang lebih kaya dan informatif. Dengan perangkat AR yang semakin canggih dan aplikasi yang berkembang, kita dapat mengharapkan penggunaan AR yang semakin luas di berbagai sektor kehidupan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan