Mengenal Outplacement Support, Definisi hingga Manfaatnya

Outplacement support adalah suatu bentuk bantuan dan dukungan yang diberikan kepada pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja atau pengurangan jumlah karyawan. Tujuan dari outplacement support adalah membantu pekerja yang terkena dampak perubahan organisasi untuk memperoleh pekerjaan baru atau mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk beralih ke karier yang baru. Dalam artikel ini, kita akan membahas arti outplacement support, hal-hal yang termasuk di dalamnya, serta manfaatnya untuk pekerja dan perusahaan.

1. Arti Outplacement Support

Outplacement support mengacu pada serangkaian program dan layanan yang dirancang untuk membantu pekerja yang terkena dampak restrukturisasi perusahaan. Melalui outplacement support, pekerja diberikan bantuan dalam mencari pekerjaan baru, mengembangkan keterampilan, dan mengatasi perubahan dalam karier mereka. Hal ini menciptakan dukungan emosional dan praktis untuk membantu pekerja melewati masa transisi tersebut.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Hal-hal yang Termasuk Outplacement Support

Beberapa elemen yang termasuk dalam outplacement support meliputi:

a. Penilaian Keterampilan dan Minat

Outplacement support sering dimulai dengan penilaian keterampilan dan minat pekerja. Ini membantu dalam mengidentifikasi peluang karier baru yang sesuai dengan profil dan aspirasi mereka.

b. Pembimbingan Karier

Program outplacement menyediakan sesi pembimbingan karier, membantu pekerja dalam menyusun strategi pencarian pekerjaan yang efektif dan mengembangkan rencana karier jangka panjang.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

c. Pelatihan Keterampilan

Outplacement support menyediakan pelatihan keterampilan tambahan yang dapat meningkatkan daya saing pekerja di pasar kerja. Ini dapat mencakup pelatihan teknis, keterampilan interpersonal, atau pengembangan kepemimpinan.

d. Bantuan Pencarian Pekerjaan

Pekerja mendapatkan dukungan dalam menyusun resume, menyiapkan wawancara, dan memahami strategi pencarian pekerjaan yang efektif. Ini mencakup pelatihan dalam menggunakan platform pencarian pekerjaan online dan teknik jaringan.

3. Manfaat Outplacement Support untuk Pekerja

Outplacement support memberikan sejumlah manfaat bagi pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja. Beberapa di antaranya meliputi:

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

a. Meningkatkan Kesempatan Pekerjaan

Dengan bantuan dalam penilaian keterampilan, pembimbingan karier, dan pelatihan tambahan, pekerja memiliki peluang yang lebih baik untuk menemukan pekerjaan baru yang sesuai dengan kualifikasi dan minat mereka.

b. Mengelola Stres dan Kecemasan

Outplacement support memberikan dukungan emosional, membantu pekerja mengelola stres dan kecemasan yang mungkin muncul selama transisi karier. Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka.

c. Mengembangkan Keterampilan

Program outplacement membantu pekerja mengembangkan keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki, membuat mereka lebih siap untuk tantangan di pasar kerja.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Manfaat Outplacement Support untuk Perusahaan

Outplacement support juga memberikan manfaat bagi perusahaan yang memberlakukan pemutusan hubungan kerja. Beberapa manfaatnya mencakup:

a. Pemeliharaan Reputasi Perusahaan

Dengan memberikan dukungan kepada pekerja yang terkena dampak, perusahaan dapat memelihara reputasinya di mata karyawan yang tersisa dan masyarakat umum.

b. Mengurangi Dampak Negatif

Outplacement support membantu mengurangi dampak negatif yang mungkin muncul akibat pemutusan hubungan kerja, seperti konflik internal, penurunan produktivitas, dan atmosfer kerja yang tidak sehat.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

c. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Menunjukkan perhatian terhadap kesejahteraan karyawan, bahkan yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja, dapat meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

Dengan mengenal outplacement support, kita dapat memahami bahwa ini bukan hanya bentuk dukungan praktis untuk pekerja yang terkena dampak restrukturisasi, tetapi juga merupakan investasi bagi perusahaan dalam menjaga integritas dan citra positifnya. Outplacement support menciptakan jalan keluar yang bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat dalam proses perubahan organisasi.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill