Memahamai PHP Native: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan & Perbedaan dengan Framework

PHP Native, atau yang lebih dikenal sebagai PHP murni, adalah cara tradisional untuk mengembangkan aplikasi web menggunakan bahasa pemrograman PHP tanpa mengandalkan framework tertentu. Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang PHP Native, melihat kelebihan dan kekurangannya, serta membandingkannya dengan pengembangan menggunakan framework.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Apa Itu PHP Native?

PHP Native mengacu pada pengembangan aplikasi web dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman utama tanpa ketergantungan pada framework tertentu seperti Laravel, Symfony, atau CodeIgniter. Ini berarti pengembang akan menulis semua kode dari awal, mulai dari logika bisnis hingga tampilan antarmuka pengguna.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Kelebihan PHP Native

1. Kendali Penuh

Salah satu kelebihan utama penggunaan PHP Native adalah kendali penuh yang dimiliki oleh pengembang. Mereka memiliki kebebasan untuk merancang struktur proyek, mengelola routing, dan memilih alat dan teknik yang paling sesuai untuk proyek tertentu.

2. Pembelajaran Mendalam

Mengembangkan dengan PHP Native memungkinkan pengembang untuk memahami dasar-dasar bahasa pemrograman PHP secara lebih mendalam. Ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi pengembang yang ingin memiliki pemahaman yang kuat tentang bahasa tersebut.

3. Kinerja Optimal

Dalam beberapa kasus, aplikasi yang dikembangkan dengan PHP Native dapat memiliki kinerja yang lebih baik daripada yang dibangun dengan framework, terutama jika kode dikembangkan dengan baik dan dioptimalkan secara efisien.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Kekurangan PHP Native

1. Waktu Pengembangan yang Lebih Lama

Pengembangan dengan PHP Native membutuhkan lebih banyak waktu karena semua kode harus ditulis dari awal. Ini dapat memperlambat proses pengembangan, terutama untuk proyek-proyek besar.

2. Kerumitan

Dalam proyek-proyek besar, kerumitan pengembangan dan pemeliharaan kode PHP Native dapat meningkat. Mengelola ratusan atau ribuan baris kode dengan baik bisa menjadi tugas yang sangat menantang.

3. Tidak Ada Fitur Bawaan

Ketika Anda menggunakan framework, Anda seringkali mendapatkan sejumlah fitur bawaan seperti otentikasi, manajemen basis data, dan lainnya. Dengan PHP Native, Anda harus mengimplementasikan semua fitur ini sendiri, yang bisa menjadi tugas yang melelahkan.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Perbedaan PHP Native dan Framework

  1. Pengembangan dari Awal: Dalam PHP Native, Anda harus menulis semua kode dari awal, sedangkan dalam pengembangan framework, Anda dapat memanfaatkan struktur dan alat yang sudah ada.
  2. Kontrol: Dalam PHP Native, Anda memiliki kendali penuh atas struktur proyek, sedangkan dalam pengembangan framework, struktur proyek sering sudah ditentukan.
  3. Waktu Pengembangan: Pengembangan dengan PHP Native memerlukan lebih banyak waktu, sedangkan framework dapat mempercepat proses pengembangan.
  4. Kinerja: Dalam beberapa kasus, PHP Native dapat memiliki kinerja yang lebih baik jika kode dioptimalkan dengan baik.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Penutup

Pemilihan antara PHP Native dan pengembangan menggunakan framework adalah keputusan yang harus dibuat berdasarkan kebutuhan proyek, sumber daya, dan tingkat keahlian pengembang. PHP Native memberikan kendali penuh dan pemahaman yang mendalam tentang PHP, tetapi memerlukan waktu dan usaha yang lebih besar. Sementara itu, pengembangan dengan framework dapat mempercepat proses pengembangan, tetapi terkadang mengorbankan fleksibilitas.

Penting untuk mengevaluasi proyek Anda dengan cermat sebelum memilih pendekatan yang tepat. Jika Anda adalah seorang penulis blog profesional yang menargetkan para profesional muda, pemahaman tentang perbedaan antara PHP Native dan pengembangan framework dapat membantu Anda dalam memberikan wawasan yang lebih baik kepada pembaca Anda tentang dunia pengembangan web.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan