Mengenal Shopify: Pengertian, Fungsi, Keunggulan & Cara Mendaftar

Shopify adalah platform e-commerce yang telah menjadi salah satu solusi utama bagi banyak bisnis yang ingin membangun dan mengelola toko online mereka. Dalam artikel ini, Kita akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan Shopify, fungsi utamanya, keunggulan yang ditawarkan, dan bagaimana Kita dapat mendaftar untuk menggunakan Shopify.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Apa Itu Shopify?

Shopify adalah platform e-commerce yang populer yang memungkinkan Kita untuk membuat dan mengelola toko online. Ini dirancang untuk mempermudah proses penjualan produk atau layanan secara online. Shopify menawarkan berbagai alat dan fitur yang memungkinkan Kita untuk membangun toko online yang sesuai dengan kebutuhan Kita.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Fungsi Shopify

Shopify memiliki sejumlah fungsi utama yang mendukung bisnis online Kita:

  1. Pembuatan Toko: Kita dapat dengan mudah membuat toko online dengan desain yang sesuai dengan merek Kita sendiri. Shopify menyediakan berbagai template yang dapat disesuaikan.
  2. Pengelolaan Produk: Shopify memungkinkan Kita untuk mengelola inventaris produk, menambahkan deskripsi, harga, gambar, dan kategori.
  3. Pemrosesan Pembayaran: Shopify menyediakan berbagai opsi pembayaran seperti kartu kredit, PayPal, dan metode pembayaran lainnya.
  4. Analisis Penjualan: Kita dapat melacak penjualan dan menganalisis data penjualan menggunakan alat analisis yang disediakan oleh Shopify.
  5. Manajemen Pesanan: Shopify membantu Kita mengelola pesanan dari pelanggan, melacak pengiriman, dan mengelola retur.
  6. Optimisasi SEO: Platform ini mendukung optimisasi mesin pencari (SEO) untuk membantu toko online Kita muncul di hasil pencarian yang lebih tinggi.
  7. Integrasi Aplikasi: Shopify memiliki toko aplikasi yang memungkinkan Kita untuk menambahkan fitur dan fungsionalitas tambahan ke toko online Kita.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Keunggulan Shopify

Shopify menawarkan sejumlah keunggulan yang menjadikannya pilihan yang menarik bagi bisnis yang ingin berjualan online:

  1. Mudah Digunakan: Shopify dirancang untuk mudah digunakan, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman teknis. Kita dapat dengan cepat membuat dan mengelola toko online.
  2. Desain yang Responsif: Template Shopify mendukung desain yang responsif, yang berarti toko online Kita akan terlihat baik di perangkat komputer, tablet, dan ponsel.
  3. Keamanan: Shopify mengambil keamanan serius dan menawarkan sertifikasi keamanan PCI DSS, yang menghasilkan transaksi pembayaran yang aman.
  4. Dukungan Pelanggan: Shopify menawarkan dukungan pelanggan yang sangat baik, termasuk panduan, forum, dan dukungan langsung.
  5. Skalabilitas: Dari toko kecil hingga merek besar, Shopify dapat mengakomodasi berbagai ukuran bisnis dan tumbuh seiring berkembangnya bisnis Kita.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Cara Mendaftar Shopify

Mendaftar untuk Shopify cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Akses Situs Web Shopify: Kunjungi situs web resmi Shopify di www.shopify.com.
  2. Mulai Percobaan Gratis: Shopify menawarkan percobaan gratis selama 14 hari. Kita dapat mencobanya sebelum membuat keputusan akhir.
  3. Daftar: Klik tombol “Mulai Percobaan Gratis” dan Kita akan diarahkan untuk mengisi beberapa informasi dasar seperti nama toko, alamat email, dan kata sandi.
  4. Isi Informasi Tambahan: Setelah mendaftar, Kita perlu mengisi beberapa informasi tambahan seperti nama dan alamat bisnis, serta jenis produk yang akan dijual.
  5. Pilih Nama Domain: Kita dapat memilih nama domain untuk toko online Kita, atau menggunakan domain yang sudah ada jika Kita memiliki satu.
  6. Mulai Mengonfigurasi: Setelah pendaftaran selesai, Kita akan diarahkan ke dasbor Shopify Kita, di mana Kita dapat mulai mengonfigurasi dan menyesuaikan toko online Kita.
  7. Pilih Rencana Berbayar: Setelah 14 hari percobaan gratis berakhir, Kita perlu memilih rencana berbayar yang sesuai dengan kebutuhan Kita. Shopify menawarkan berbagai rencana dengan fitur yang berbeda.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Dengan demikian, Shopify adalah alat yang kuat dan populer untuk membangun dan mengelola toko online. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan dan dukungan yang baik, bisnis Kita dapat menjalankan toko online yang sukses dan memasarkan produk atau layanan secara efektif. Dengan panduan ini, Kita sekarang memiliki pemahaman dasar tentang apa itu Shopify dan bagaimana Kita dapat mendaftar dan memulai.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan