Mengenal Sistem Pakar: Pengertian, Tujuan, Metode, Contoh & Komponen

Sistem Pakar, atau yang dikenal juga dengan istilah Expert System, adalah salah satu cabang dari kecerdasan buatan yang dirancang untuk meniru keahlian dan pengetahuan manusia di bidang tertentu. Dalam artikel ini, Kita akan memahami apa yang dimaksud dengan Sistem Pakar, tujuannya, metodenya, contoh penggunaan Sistem Pakar, serta komponen-komponen utama yang membentuk Sistem Pakar.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Apa Itu Sistem Pakar?

Sistem Pakar adalah jenis perangkat lunak yang menggunakan pengetahuan dan aturan yang telah didefinisikan sebelumnya untuk membuat keputusan atau memberikan solusi dalam suatu bidang tertentu. Sistem ini didesain untuk mengekstraksi pengetahuan dari seorang ahli manusia dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk menjawab pertanyaan, memberikan solusi, atau membuat prediksi seperti yang biasanya akan dilakukan oleh seorang ahli di bidang tersebut.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Tujuan Sistem Pakar

Tujuan utama dari Sistem Pakar adalah untuk mengatasi masalah yang memerlukan keahlian khusus yang seringkali sulit ditemukan dalam jumlah besar atau untuk memastikan bahwa keputusan yang diambil sesuai dengan pengetahuan yang ada. Beberapa tujuan utama Sistem Pakar meliputi:

  1. Automatisasi Keputusan: Memungkinkan kita untuk mengotomatisasi proses pengambilan keputusan yang biasanya memerlukan penilaian manusia.
  2. Penyimpanan Pengetahuan: Menyimpan dan mempertahankan pengetahuan dari para ahli dalam bentuk digital untuk pemakaian masa depan.
  3. Pengajaran: Membantu dalam mentransfer pengetahuan dari para ahli kepada orang-orang yang belum berpengalaman di bidang tersebut.
  4. Solusi Masalah yang Kompleks: Menyelesaikan masalah yang kompleks atau memiliki banyak variabel dengan cepat dan akurat.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Metode Sistem Pakar

Ada beberapa metode yang digunakan dalam pengembangan Sistem Pakar, termasuk:

  1. Pembuatan Aturan: Aturan-aturan didefinisikan oleh para ahli dan dimasukkan ke dalam sistem untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.
  2. Pemrosesan Pengetahuan: Pengetahuan dari para ahli manusia diubah menjadi format yang dapat dimengerti oleh komputer.
  3. Pemilihan Model Pengetahuan: Memilih model pengetahuan yang sesuai dengan jenis masalah yang akan diselesaikan.
  4. Inferensi: Sistem menggunakan aturan dan pengetahuan untuk mencapai kesimpulan atau memberikan solusi.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Contoh Sistem Pakar

Contoh penggunaan Sistem Pakar meliputi:

  1. Diagnosis Medis: Sistem Pakar digunakan untuk membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit atau gangguan berdasarkan gejala yang dimasukkan.
  2. Manajemen Rantai Pasokan: Dalam industri, Sistem Pakar dapat membantu dalam perencanaan dan manajemen rantai pasokan dengan mengoptimalkan persediaan dan mengelola risiko.
  3. Konsultasi Keuangan: Dalam layanan keuangan, Sistem Pakar dapat memberikan saran investasi berdasarkan tujuan keuangan dan toleransi risiko klien.
  4. Sistem Pendukung Keputusan: Dalam bisnis, Sistem Pakar digunakan untuk pengambilan keputusan terkait strategi bisnis, perekrutan, dan manajemen sumber daya manusia.

Komponen Sistem Pakar

Sistem Pakar terdiri dari beberapa komponen utama:

  1. Pengetahuan Basis: Merupakan pengetahuan yang dimasukkan ke dalam sistem oleh para ahli dalam bentuk aturan, fakta, dan pengetahuan domain.
  2. Inferensi Engine: Bagian dari sistem yang menghubungkan aturan dan fakta untuk menghasilkan kesimpulan atau solusi.
  3. Antarmuka Pengguna: Memberikan cara bagi pengguna untuk berinteraksi dengan sistem, biasanya dalam bentuk antarmuka grafis atau perintah teks.
  4. Penyimpanan Pengetahuan: Tempat penyimpanan pengetahuan yang dimasukkan ke dalam sistem, sehingga pengetahuan ini dapat diakses dan dikelola.
  5. Modul Penalaran: Modul ini adalah inti dari sistem yang digunakan untuk melakukan penalaran dan pengambilan keputusan.

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

Dalam dunia yang terus berkembang, Sistem Pakar menjadi alat yang sangat penting untuk mengotomatisasi proses pengambilan keputusan dan mengatasi masalah yang kompleks. Mereka memungkinkan kita untuk memanfaatkan pengetahuan manusia yang berharga dan membuat keputusan yang lebih baik dan lebih cepat. Kita dapat menemukan aplikasi Sistem Pakar di berbagai industri dan disiplin ilmu, membuktikan keberhasilannya dalam membantu kita menghadapi tantangan yang kompleks.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan