Memahami Zapier: Definisi, Manfaat dan Harganya

Zapier adalah platform online yang revolusioner, memungkinkan Kita mengotomatiskan alur kerja dengan menghubungkan berbagai aplikasi tanpa harus melakukan integrasi manual. Ini adalah alat yang sangat berguna dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai konteks, termasuk marketing automation.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Mekanisme Kerja Zapier

Zapier bekerja dengan prinsip yang sederhana namun kuat. Alur kerja di Zapier disebut “Zap,” dan setiap Zap menghubungkan dua atau lebih aplikasi yang berbeda. Zap ini beroperasi berdasarkan aturan yang telah Kita tentukan. Berikut adalah mekanisme kerja Zapier:

  1. Triggers: Setiap Zap dimulai dengan trigger, yang merupakan peristiwa atau kondisi tertentu dalam satu aplikasi yang memicu alur kerja. Misalnya, menerima email baru di Gmail atau penambahan entri baru dalam spreadsheet Google.
  2. Actions: Setelah trigger dipicu, Zapier melakukan tindakan atau action dalam aplikasi lain. Ini dapat berupa tindakan seperti membuat entri dalam CRM, mengirim email pemberitahuan, atau posting di media sosial.
  3. Filters: Zapier memungkinkan Kita menambahkan filter untuk mengatur Zap hanya berjalan jika kondisi tertentu terpenuhi. Misalnya, Kita hanya ingin mengirim pemberitahuan jika email yang masuk adalah dari pengirim tertentu.
  4. Paths: Kita dapat mengatur beberapa jalur dalam Zap, yang memungkinkan Zapier menjalankan tindakan yang berbeda tergantung pada kondisi atau peristiwa tertentu.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Manfaat Zapier untuk Marketing Automation

Zapier membawa berbagai manfaat signifikan untuk marketing automation:

  1. Efisiensi: Dengan mengotomatiskan alur kerja, Kita menghemat waktu yang sebelumnya dihabiskan untuk tugas rutin. Ini memungkinkan tim Kita untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih penting.
  2. Konsistensi: Zapier memastikan bahwa tugas-tugas berulang dilakukan dengan konsisten dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, mengurangi risiko kesalahan manusia.
  3. Integrasi Mudah: Kita dapat mengintegrasikan berbagai aplikasi yang berbeda tanpa perlu pengetahuan teknis yang mendalam tentang pengembangan perangkat lunak atau pemrograman.
  4. Skalabilitas: Dengan Zapier, Kita dapat dengan mudah memperluas alur kerja dan integrasi sesuai kebutuhan, sehingga memungkinkan pertumbuhan bisnis yang lebih baik.
  5. Peningkatan Responsiveness: Marketing automation yang didorong oleh Zapier memungkinkan Kita untuk lebih responsif terhadap pelanggan dan prospek. Kita dapat dengan cepat merespons permintaan atau tindakan tertentu.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Harga Berlangganan Zapier

Zapier menawarkan beberapa pilihan berlangganan, termasuk:

  1. Paket Gratis: Zapier menyediakan paket gratis yang memungkinkan Kita untuk membuat hingga lima Zaps dasar dengan pembaruan data yang dilakukan setiap 15 menit.
  2. Paket Berbayar: Ada berbagai paket berbayar yang menawarkan fitur dan kuota yang berbeda. Harga bervariasi tergantung pada kebutuhan Kita. Paket berbayar memungkinkan akses ke fitur canggih dan peningkatan kecepatan pembaruan data.
  3. Paket Bisnis: Untuk bisnis yang memerlukan fleksibilitas dan skala yang lebih besar, Zapier menawarkan paket bisnis yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan Kita.

Paket berbayar umumnya dibebankan bulanan, dan Kita dapat memilih untuk membayar setiap tahun untuk mendapatkan diskon tambahan.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Kesimpulan

Zapier adalah alat yang sangat berguna untuk mengotomatiskan alur kerja, termasuk dalam konteks marketing automation. Dengan mekanisme kerja yang sederhana dan fleksibilitas yang besar, Kita dapat mengintegrasikan berbagai aplikasi dan mengotomatiskan tugas-tugas rutin dengan mudah. Harga berlangganan yang beragam memungkinkan Kita memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Kita. Dengan Zapier, Kita dapat meningkatkan efisiensi, konsistensi, dan responsifitas dalam berbagai aspek bisnis Kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan