Mengenal On The Job Training, Pelaksanaan dan Manfaatnya

On The Job Training (OJT) adalah metode pelatihan yang dilakukan langsung di tempat kerja, memberikan pengalaman praktis kepada pekerja dalam konteks pekerjaan sehari-hari. Kita akan menjelajahi bentuk-bentuk OJT, proses pelaksanaannya, dan manfaat yang dapat diperoleh melalui pendekatan ini.

Bentuk On The Job Training

1. Pendampingan (Mentoring):

Karyawan yang berpengalaman akan memberikan bimbingan langsung kepada karyawan baru atau yang memiliki sedikit pengalaman. Ini mencakup pemahaman tugas, budaya perusahaan, dan praktik terbaik.

2. Rotasi Pekerjaan:

Karyawan dipindahkan dari satu posisi ke posisi lain untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai aspek pekerjaan. Hal ini membantu meningkatkan keterampilan yang lebih holistik.

3. Proyek Tim:

Karyawan dapat terlibat dalam proyek tim di bawah supervisi yang membimbing mereka. Ini memungkinkan pengalaman bekerja dalam tim dan mengembangkan keterampilan kolaboratif.

4. Praktek Lapangan:

Pekerja terlibat dalam kegiatan praktis yang mencerminkan tugas sehari-hari mereka. Ini memungkinkan mereka mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di lingkungan kerja sebenarnya.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Pelaksanaan On The Job Training

1. Perencanaan:

Tahap awal melibatkan perencanaan program OJT, yang mencakup penentuan tujuan, penjadwalan, dan pemilihan mentor atau supervisor yang sesuai.

2. Implementasi:

Karyawan dilibatkan dalam aktivitas OJT sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Mentor memberikan bimbingan aktif dan memberikan umpan balik konstruktif.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Evaluasi:

Evaluasi dilakukan secara teratur untuk mengukur kemajuan karyawan. Ini melibatkan penilaian dari supervisor atau mentor, serta umpan balik dari karyawan yang menjalani OJT.

4. Penyesuaian:

Jika diperlukan, program OJT dapat disesuaikan berdasarkan hasil evaluasi. Ini dapat mencakup penyesuaian tujuan, metode pelatihan, atau durasi pelaksanaan.

Manfaat On The Job Training

1. Pengalaman Praktis:

OJT memberikan kesempatan untuk belajar dengan melakukan. Karyawan dapat mengaplikasikan pengetahuan teoritis mereka secara langsung dalam konteks pekerjaan.

2. Peningkatan Keterampilan:

Melalui keterlibatan langsung dalam tugas-tugas pekerjaan, karyawan dapat mengembangkan keterampilan khusus yang diperlukan untuk pekerjaan mereka.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Integrasi Budaya Perusahaan:

OJT memungkinkan karyawan untuk memahami budaya perusahaan, nilai-nilai, dan norma-norma yang dapat memengaruhi kinerja mereka.

4. Peningkatan Produktivitas:

Dengan merinci tugas dan tanggung jawab melalui OJT, karyawan dapat menjadi lebih produktif karena mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pekerjaan mereka.

5. Pengembangan Tim:

Proyek tim dan rotasi pekerjaan dapat membangun keterampilan kerjasama dan komunikasi dalam tim, memperkuat hubungan antar anggota tim.

6. Motivasi dan Kepuasan Kerja:

Pemberian tanggung jawab melalui OJT dapat meningkatkan motivasi karyawan dan memberikan kepuasan kerja karena mereka merasa dihargai dan diberdayakan.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Dengan memahami berbagai bentuk OJT, proses pelaksanaannya, dan manfaat yang dapat diperoleh, kita dapat melihat betapa pentingnya pendekatan ini dalam meningkatkan keterampilan dan kinerja karyawan. OJT membantu kita terlibat langsung dalam dunia pekerjaan, membangun keterampilan yang dibutuhkan, dan memperkaya pengalaman kerja kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill