Panduan CodeIgniter PHPMailer dengan 6 Langkah Mudah

Mengintegrasikan PHPMailer ke dalam aplikasi CodeIgniter dapat memungkinkan kita untuk mengirim email dengan lebih fleksibel dan andal. Dalam tutorial ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk mengimplementasikan PHPMailer di CodeIgniter dengan mudah.

1. Setting Akun Gmail

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengatur akun Gmail yang akan digunakan untuk mengirim email. Pastikan bahwa akses aplikasi yang kurang aman diatur untuk akun Gmail yang akan digunakan.

2. Install PHPMailer di Codeigniter

Download dan instal PHPMailer ke dalam folder CodeIgniter kita. Pastikan untuk mengatur autoload untuk library PHPMailer agar dapat digunakan secara global dalam aplikasi.

3. Membuat View Form Kirim Email

Buatlah tampilan form di CodeIgniter yang akan digunakan untuk mengirim email. Form ini biasanya terdiri dari kolom subjek, alamat email penerima, isi pesan, dan tombol kirim.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Menambahkan File CSS

Agar tampilan form terlihat lebih menarik, tambahkan file CSS untuk styling. Ini akan membuat form terlihat lebih profesional dan mudah digunakan oleh pengguna.

5. Membuat Controller

Buatlah controller di CodeIgniter yang akan mengatur logika pengiriman email. Di dalam controller ini, kita akan mengatur pengaturan pengiriman email, seperti alamat pengirim, subjek, dan isi pesan.

6. Testing Mengirim Email

Setelah semua pengaturan selesai, lakukan uji coba untuk memastikan bahwa email dapat dikirim dengan sukses. Isi form dengan alamat email penerima, subjek, dan isi pesan, lalu tekan tombol kirim. Pastikan bahwa email berhasil terkirim dan diterima oleh penerima.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat dengan mudah mengintegrasikan PHPMailer ke dalam aplikasi CodeIgniter untuk mengirim email. Penggunaan PHPMailer memungkinkan kita untuk memiliki kontrol yang lebih besar atas pengiriman email, termasuk kemampuan untuk menangani lampiran, gambar, dan format email yang lebih kompleks. Dengan demikian, kita dapat meningkatkan fungsionalitas aplikasi kita dengan mengimplementasikan fitur pengiriman email yang handal dan fleksibel. Jangan ragu untuk menguji dan mengoptimalkan penggunaan PHPMailer di CodeIgniter sesuai dengan kebutuhan aplikasi kita.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill