Memahami REST API: Pengertian, Fungsi, Contoh & Perbedaan dengan RESTful API

REST API (Representational State Transfer Application Programming Interface) adalah salah satu pendekatan arsitektural dalam pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan dan berkomunikasi antara aplikasi atau sistem yang berbeda melalui protokol HTTP. REST API berfokus pada sederhana, mudah dimengerti, dan efisiensi dalam pertukaran data. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu REST API, fungsi utamanya, contoh penggunaan, dan perbedaan dengan RESTful API.

Pengertian REST API

REST API adalah pendekatan arsitektural yang dirancang untuk memfasilitasi komunikasi antara berbagai komponen perangkat lunak melalui jaringan. Pendekatan ini didasarkan pada prinsip-prinsip REST, yang dikembangkan oleh Roy Fielding dalam disertasinya pada tahun 2000. REST API menggunakan protokol HTTP untuk berkomunikasi dan beroperasi dengan sederhana, efisien, dan mudah dimengerti.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Fungsi REST API

Fungsi utama dari REST API adalah:

  1. Pertukaran Data: REST API memungkinkan aplikasi untuk saling berbagi data dengan cara yang terstandar melalui protokol HTTP.
  2. Interaksi Antar Aplikasi: REST API memungkinkan interaksi yang efisien antara aplikasi yang berbeda, baik itu aplikasi berjalan di server, perangkat seluler, atau perangkat berbasis web.
  3. Mengakses Sumber Daya: REST API memungkinkan penggunaan HTTP untuk mengakses dan memanipulasi sumber daya, seperti data, file, atau layanan, yang di-host oleh aplikasi atau sistem.
  4. Mengakses Fungsionalitas: REST API memungkinkan aplikasi untuk mengakses fungsionalitas yang disediakan oleh aplikasi lain, seperti melakukan operasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada sumber daya.
  5. Mengakses Layanan Eksternal: REST API digunakan untuk mengakses layanan eksternal, seperti data dari penyedia layanan pihak ketiga atau integrasi dengan platform lain.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Contoh Penggunaan REST API

Contoh penggunaan REST API meliputi:

  1. Sosial Media: Sosial media seperti Twitter, Facebook, dan Instagram menyediakan REST API yang memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan data dari platform tersebut ke aplikasi mereka sendiri, seperti menampilkan umpan berita atau mengirim posting otomatis.
  2. E-commerce: Platform e-commerce seperti Amazon, eBay, dan Shopify menyediakan REST API untuk mengintegrasikan data produk, informasi inventaris, dan proses pembayaran ke situs web atau aplikasi yang berbeda.
  3. Perbankan Digital: Perbankan digital sering menggunakan REST API untuk memungkinkan nasabah mengakses rekening mereka, melakukan transfer dana, dan melakukan operasi perbankan lainnya melalui aplikasi seluler atau situs web.
  4. Pemrosesan Pembayaran: Penyedia pemrosesan pembayaran seperti PayPal dan Stripe menyediakan REST API yang memungkinkan aplikasi dan situs web untuk menerima pembayaran dan mengelola transaksi pembayaran.
  5. Peta dan Lokasi: Layanan peta seperti Google Maps dan OpenStreetMap menyediakan REST API yang memungkinkan pengembang untuk menampilkan peta, mendapatkan informasi lokasi, dan menghitung rute antara dua lokasi.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Perbedaan REST API dan RESTful API

REST API dan RESTful API sering digunakan secara bergantian, tetapi ada perbedaan subtil antara keduanya:

  1. REST API: Ini adalah istilah umum yang mengacu pada penggunaan pendekatan arsitektural REST dalam pengembangan API. REST API dapat mengikuti prinsip-prinsip REST sejauh mungkin, tetapi mungkin juga memiliki beberapa pengecualian atau tidak sepenuhnya mengikuti prinsip-prinsip REST.
  2. RESTful API: Ini adalah jenis khusus dari REST API yang sepenuhnya mengikuti prinsip-prinsip REST. RESTful API adalah API yang dirancang dengan benar sesuai dengan prinsip REST, seperti penggunaan metode HTTP yang sesuai (GET, POST, PUT, DELETE), penggunaan URI yang deskriptif, dan penggunaan status kode HTTP yang benar.

Sementara RESTful API adalah tujuan yang lebih diinginkan, penggunaan REST API yang baik masih dapat memberikan manfaat komunikasi yang efisien antara aplikasi. Penyebutan RESTful API lebih berkaitan dengan kesesuaian lengkap dengan prinsip-prinsip REST.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Dalam dunia pengembangan perangkat lunak, REST API adalah komponen penting untuk mengintegrasikan aplikasi, berbagi data, dan memanfaatkan layanan pihak ketiga. Dengan menggunakan protokol HTTP dan prinsip-prinsip REST, REST API memungkinkan berbagai sistem untuk berkomunikasi dengan mudah dan efisien, memfasilitasi integrasi yang lebih baik antara aplikasi dan layanan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan