Memahami Shopee Ads: Definisi, Jenis, Contoh, Harga & Tips

Iklan Shopee adalah strategi pemasaran digital yang memungkinkan penjual dan bisnis untuk mempromosikan produk atau layanan mereka di platform e-commerce Shopee. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu iklan Shopee, jenis-jenis iklan yang ditawarkan, memberikan contoh iklan, dan memberikan informasi mengenai harga minimum cost-per-click (CPC) untuk setiap jenis iklan Shopee.

Apa itu Iklan Shopee dalam Digital Marketing?

Iklan Shopee adalah kampanye pemasaran berbayar yang memungkinkan penjual dan bisnis mempromosikan produk atau toko mereka di platform Shopee. Iklan ini dapat membantu meningkatkan visibilitas dan penjualan produk di antara jutaan pengguna Shopee.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Jenis-jenis Iklan di Shopee

  1. Sponsored Products (Produk Difasilitasi):
  • Jenis iklan ini menampilkan produk di halaman hasil pencarian atau halaman produk terkait.
  • Produk akan diberi label “Difasilitasi” untuk membedakannya dari hasil pencarian organik.
  1. Sponsored Brands (Merek Difasilitasi):
  • Iklan ini memungkinkan bisnis untuk mempromosikan merek mereka sendiri dengan menampilkan logo, produk, dan deskripsi merek di bagian atas halaman hasil pencarian.
  1. Display Ads (Iklan Tampilan):
  • Iklan tampilan muncul di beranda atau halaman produk lainnya dan dapat berupa gambar atau video.
  • Mereka dapat mempertahankan kesan merek yang kuat.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Contoh Iklan di Shopee

  1. Sponsored Products:
  • Misalnya, jika Anda mencari “earphone”, hasil pencarian akan menampilkan beberapa produk earphone yang disponsori di bagian atas halaman.
  1. Sponsored Brands:
  • Ketika Anda mencari merek terkenal seperti “Samsung”, iklan merek Samsung dapat muncul di bagian atas hasil pencarian dengan logo dan produk yang disponsori.
  1. Display Ads:
  • Mungkin Anda akan melihat gambar iklan yang mempromosikan penjualan atau produk populer di beranda Shopee.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Harga Minimum Cost-Per-Click (CPC) untuk Iklan Shopee

Harga minimum CPC untuk setiap jenis iklan di Shopee dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti kategori produk, popularitas produk, dan tingkat persaingan. Harga CPC biasanya dimulai dari 50 rupiah hingga beberapa ratus rupiah per klik.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Tips untuk Mengoptimalkan Iklan Shopee

  1. Penentuan Target Audien yang Tepat: Tentukan target audien Anda berdasarkan demografi, minat, dan perilaku untuk memastikan iklan Anda mencapai orang yang paling mungkin tertarik dengan produk Anda.
  2. Penyusunan Deskripsi dan Gambar yang Menarik: Pastikan deskripsi dan gambar produk Anda informatif, menarik, dan mencerminkan kualitas produk.
  3. Pemantauan dan Analisis Kinerja: Selalu pantau kinerja iklan Anda dan gunakan data analitik untuk mengidentifikasi area peningkatan dan mengoptimalkan kampanye iklan Anda.

Iklan Shopee adalah alat yang kuat untuk mempromosikan produk Anda kepada jutaan pengguna Shopee di Indonesia. Dengan memahami jenis-jenis iklan yang tersedia dan mengoptimalkan kampanye Anda, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan penjualan produk Anda secara signifikan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan