Apa Itu Elevator Pitch? Isi, Cara Membuat, Contoh & Lama Waktunya

Elevator pitch adalah ringkasan perkenalan singkat yang memberikan gambaran besar tentang produk, layanan, atau proyek dalam waktu yang sangat singkat. Nama “elevator pitch” mengacu pada situasi di mana Kita bertemu seseorang di dalam lift dan hanya memiliki beberapa detik atau menit untuk menjelaskan ide atau gagasan Kita sebelum pintu lift terbuka. Meskipun sering digunakan dalam konteks bisnis, elevator pitch juga dapat berguna dalam wawancara kerja untuk menarik perhatian perekrut. Artikel ini akan membahas apa yang dimaksud dengan elevator pitch, mengapa hal ini penting, isi dan cara membuatnya, memberikan contoh elevator pitch, dan menentukan berapa lama waktu yang ideal untuk elevator pitch.

Elevator Pitch: Apa dan Mengapa?

Elevator pitch adalah alat komunikasi yang efektif untuk menyampaikan gagasan atau informasi penting dalam waktu singkat. Ini penting karena dalam dunia yang penuh dengan informasi dan persaingan, Kita harus bisa menyampaikan pesan Kita dengan cepat dan efisien. Berikut beberapa alasan mengapa elevator pitch penting:

  1. Menarik Perhatian: Dalam situasi-situasi yang penuh persaingan, seperti saat berbicara dengan calon pelanggan, investor, atau perekrut, elevator pitch yang baik dapat menarik perhatian mereka dengan cepat.
  2. Mengkomunikasikan Ide Utama: Elevator pitch membantu Kita mengkomunikasikan ide utama atau manfaat produk, layanan, atau proyek Kita dengan jelas dan ringkas.
  3. Membangun Minat Awal: Dengan menggugah minat audiens dalam waktu singkat, elevator pitch dapat membuka pintu untuk diskusi lebih lanjut atau pertemuan lanjutan.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Isi dan Cara Membuat Elevator Pitch

Elevator pitch harus berisi elemen-elemen penting berikut:

  1. Pernyataan Masalah: Mulailah dengan mengidentifikasi masalah atau kebutuhan yang akan dipecahkan oleh produk, layanan, atau proyek Kita. Ini memicu minat audiens.
  2. Solusi: Jelaskan dengan singkat bagaimana produk, layanan, atau proyek Kita menyediakan solusi untuk masalah tersebut. Fokus pada manfaat utama.
  3. Keunggulan: Gambarkan keunggulan produk, layanan, atau proyek Kita yang membuatnya berbeda dari pesaing atau alternatif lainnya.
  4. Panggilan Tindakan: Akhiri elevator pitch dengan panggilan tindakan atau permintaan untuk pertemuan lebih lanjut, kunjungan ke situs web, atau tindakan lain yang ingin Kita audiens ambil.

Cara membuat elevator pitch yang efektif adalah dengan berlatih dan menyusunnya dengan ringkas. Pertama, identifikasi pesan utama yang ingin Kita sampaikan. Selanjutnya, kembangkan setiap elemen elevator pitch dan pastikan semuanya terhubung dengan lancar. Praktikkan elevator pitch Kita sehingga Kita bisa menyampaikannya dengan percaya diri dan tanpa terbata-bata.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Contoh Elevator Pitch

Berikut adalah contoh elevator pitch untuk bisnis fiktif yang menawarkan layanan pengiriman makanan siap saji:

“Pernyataan Masalah: Saat jadwal Kita padat dan tidak punya waktu untuk memasak, mencari makanan yang sehat dan lezat bisa menjadi tugas yang sulit.

Solusi: Kami menyediakan layanan pengiriman makanan siap saji dengan menu yang beragam dan sehat. Kita cukup memesan melalui aplikasi kami, dan makanan akan diantar tepat ke pintu Kita.

Keunggulan: Apa yang membedakan kami adalah bahwa semua menu kami dirancang oleh koki berpengalaman, dan kami hanya menggunakan bahan-bahan segar berkualitas tinggi. Kami juga menawarkan pilihan diet khusus.

Panggilan Tindakan: Jika Anda ingin mencoba makanan berkualitas dan sehat tanpa harus memasak, ayo pesan dari kami dan nikmati kemudahan pengiriman makanan berkualitas ke pintu Anda!”

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Berapa Lama Waktu Elevator Pitch?

Elevator pitch sebaiknya singkat dan langsung ke point, biasanya antara 30 detik hingga 2 menit. Tujuan elevator pitch adalah untuk memberikan gambaran besar dalam waktu yang singkat tanpa memberikan terlalu banyak detail. Waktu yang singkat ini mencerminkan situasi yang mungkin terjadi di dunia nyata, seperti dalam pertemuan singkat atau jendela waktu dalam presentasi.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Dalam mengukur berapa lama waktu yang ideal untuk elevator pitch, penting untuk mempertimbangkan audiens dan konteks. Beberapa situasi mungkin memungkinkan untuk elevator pitch yang lebih panjang, sementara yang lain memerlukan pitch yang sangat singkat. Kita harus bisa menyesuaikan elevator pitch sesuai dengan situasi dan audiens yang kita hadapi.

Secara keseluruhan, elevator pitch adalah alat komunikasi yang penting dalam berbagai konteks. Dengan menyusunnya dengan cermat dan berlatih secara teratur, Kita dapat menyampaikan pesan Kita dengan efektif dalam waktu yang singkat, menarik perhatian, dan memicu minat audiens untuk bertindak lebih lanjut.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan