Mengenal Favicon: Pengertian, Peran, Manfaat, Ukuran, Contoh & Langkah

Favicon, singkatan dari “favorite icon,” adalah ikon berukuran kecil yang umumnya terletak di sebelah judul halaman web pada tab browser. Meskipun ukurannya kecil, favicon memiliki dampak besar dalam mengidentifikasi dan membedakan situs web. Dalam artikel ini, Kita akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan favicon, manfaatnya, ukuran yang ideal, memberikan contoh favicon, dan langkah-langkah untuk membuat favicon sendiri.

Favicon: Pengertian dan Peran Utama

Favicon adalah elemen desain yang kecil namun penting dalam identitas visual suatu situs web. Ikon ini muncul di tab browser saat pengguna mengakses situs web dan seringkali juga digunakan sebagai ikon situs saat disimpan ke layar beranda ponsel atau perangkat lainnya.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Manfaat Favicon

Favicon memiliki manfaat yang signifikan dalam konteks situs web:

  1. Identitas Visual: Favicon membantu menciptakan identitas visual yang kuat untuk situs web Kita. Ini memungkinkan pengguna mengidentifikasi dan mengingat situs Kita dengan lebih mudah.
  2. Profesionalisme: Pengguna sering kali menganggap situs dengan favicon lebih profesional dan dapat diandalkan. Ini menunjukkan perhatian terhadap detail dan upaya dalam desain situs.
  3. Branding: Favicon dapat mencakup elemen-elemen branding, seperti logo atau warna khas, yang memperkuat merek dan citra situs Kita.
  4. Navigasi yang Mudah: Favicon membantu pengguna mengelola banyak tab browser dengan lebih efisien, karena ikon memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengidentifikasi halaman yang sedang mereka kunjungi.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Ukuran Favicon

Ukuran favicon yang ideal adalah 16×16 piksel atau 32×32 piksel. Favicon harus diperkecil agar sesuai dengan ukuran ini untuk tampil dengan baik di berbagai platform dan perangkat. Walaupun ukurannya kecil, sebaiknya Kita berusaha untuk menjaga kejelasan dan ketajaman gambar favicon agar tetap terlihat baik meskipun dalam ukuran terkecil.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

5 Favicon Generator Gratis

Membuat favicon secara manual dapat memakan waktu, tetapi ada beberapa alat online yang dapat membantu Kita membuat favicon dengan mudah. Berikut adalah 5 favicon generator gratis:

  1. Favicon.io: Favicon.io adalah alat online sederhana yang memungkinkan Kita mengunggah gambar dan mengonversinya menjadi favicon dengan beberapa klik.
  2. Favicon.cc: Favicon.cc adalah editor favicon berbasis web yang memungkinkan Kita untuk membuat favicon dari awal atau mengedit favicon yang ada.
  3. RealFaviconGenerator: RealFaviconGenerator adalah alat yang komprehensif yang membantu Kita menghasilkan favicon yang kompatibel dengan berbagai platform dan perangkat.
  4. Favicon & App Icon Generator: Alat ini memungkinkan Kita membuat favicon serta ikon aplikasi dalam berbagai ukuran dengan mudah.
  5. Canva: Canva adalah alat desain yang kuat yang juga memungkinkan Kita membuat favicon. Kita dapat memulai dengan template atau merancang favicon dari awal.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Contoh Favicon

Contoh favicon yang umum meliputi:

  • Logo perusahaan: Banyak situs web menggunakan logo perusahaan mereka sebagai favicon.
  • Huruf singkatan: Beberapa situs web memilih untuk menggunakan huruf singkatan yang mewakili merek atau nama situs.
  • Simbol khusus: Beberapa situs web memilih simbol khusus yang menjadi bagian dari merek mereka.
  • Gambar terkait: Situs web yang berfokus pada industri atau topik tertentu dapat menggunakan gambar yang relevan sebagai favicon.

Langkah-langkah Membuat Favicon

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat favicon:

  1. Pilih Gambar: Pilih gambar atau logo yang akan digunakan sebagai dasar favicon. Pastikan gambar tersebut memiliki resolusi yang cukup tinggi untuk kemudian diperkecil tanpa kehilangan kualitas.
  2. Ukuran dan Format: Sesuaikan gambar agar sesuai dengan ukuran favicon yang ideal, yaitu 16×16 piksel atau 32×32 piksel. Simpan gambar dalam format .ico, .png, atau .jpg, tergantung pada preferensi Kita.
  3. Edit dan Kustomisasi: Sesuaikan gambar dengan elemen branding dan warna yang Kita inginkan. Pastikan gambar terlihat baik dalam ukuran yang sangat kecil.
  4. Konversi: Gunakan alat favicon generator atau editor untuk mengonversi gambar menjadi favicon sesuai ukuran dan format yang diperlukan.
  5. Pasang di Situs Web: Unggah favicon yang baru saja dibuat ke server situs web Kita dan tambahkan kode HTML yang sesuai ke bagian kepala situs web. Ini memungkinkan favicon muncul di tab browser saat pengguna mengunjungi situs Kita.

Favicon adalah detail desain yang sangat penting dalam pengalaman pengguna situs web. Meskipun ukurannya kecil, favicon memiliki dampak besar dalam mengidentifikasi, membedakan, dan memberikan identitas visual pada situs Kita. Dengan menggunakan favicon yang sesuai, Kita dapat memberikan kesan yang profesional dan mudah dikenali kepada pengunjung situs web Kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan