Apa Itu Hierarchy? Pentingnya Memahami & Hal yang Harus Diperhatikan

Hierarchy dalam desain adalah prinsip penting yang menentukan cara pesan disusun secara visual, memberikan informasi terkait peringkat, kepentingan, dan prioritas. Ini membantu pembaca atau pengguna untuk mengerti bagaimana elemen-elemen dalam desain berhubungan satu sama lain dan memandu mata untuk memahami pesan dengan lebih mudah.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Apa Itu Hierarchy dalam Desain?

Hierarchy merujuk pada penataan elemen-elemen dalam desain untuk menunjukkan perbedaan dalam tingkat kepentingan, prioritas, atau urutan. Ini mencakup pengaturan ukuran, warna, kontras, dan letak untuk menyoroti elemen-elemen yang lebih penting dan memandu mata pengamat melalui pesan yang ingin disampaikan.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Mengapa Penting Memahami Hierarchy?

Pemahaman yang baik terhadap hierarchy sangat penting karena membantu menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif kepada pengguna. Ketika suatu pesan disusun dengan hierarki yang baik, pengguna akan lebih mudah memahami apa yang paling penting atau utama dalam pesan tersebut. Ini memberikan tampilan yang lebih teratur, meningkatkan keterbacaan, dan memudahkan pengguna untuk menyerap informasi.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Hierarchy?

  1. Ukuran dan Skala: Penggunaan ukuran yang berbeda untuk menyoroti elemen penting dalam desain. Bagian yang lebih penting biasanya diberikan ukuran yang lebih besar untuk menarik perhatian.
  2. Kontras dan Warna: Menggunakan kontras warna yang kuat atau perbedaan warna untuk menunjukkan perbedaan dalam hierarki. Elemen yang ingin disorot biasanya menggunakan warna yang lebih cerah atau berbeda.
  3. Letak dan Spasi: Penempatan elemen juga memainkan peran penting. Posisi dalam tata letak bisa menunjukkan tingkat kepentingan, dengan elemen yang lebih penting diletakkan lebih menonjol atau di bagian yang lebih terlihat.
  4. Teks dan Gaya Huruf: Menggunakan gaya huruf yang berbeda, seperti tebal atau miring, untuk menekankan pentingnya teks. Elemen yang lebih penting biasanya diberikan gaya yang lebih mencolok.
  5. Konsistensi: Konsistensi dalam penerapan hierarchy penting agar pengguna dapat mengidentifikasi pola dan memahami cara pesan disusun.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Penutup

Hierarchy adalah kunci untuk memastikan pesan dalam desain dapat disampaikan dengan jelas. Dengan pengaturan yang tepat, desainer dapat memandu mata pengamat melalui pesan yang ingin disampaikan, menyoroti elemen yang penting, dan memberikan informasi dengan cara yang mudah dipahami. Dengan memperhatikan aspek seperti ukuran, kontras, letak, teks, dan konsistensi, desainer dapat menciptakan desain yang memudahkan pengguna untuk menangkap informasi dan memahami pesan yang ingin disampaikan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan