Memahami Impression: Pengertian, Tipe, Contoh & Perbedaan dengan Reach

Impression adalah salah satu metrik penting dalam dunia digital marketing yang mengukur seberapa sering iklan atau konten dilihat oleh pengguna. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu impression dalam konteks digital marketing, berbagai tipe impression, memberikan contoh kasus, serta membedakan impression dari reach.

Apa itu Impression dalam Digital Marketing?

Impression adalah jumlah total tampilan atau penayangan dari suatu iklan, konten, atau postingan di platform digital. Setiap kali iklan atau konten muncul di layar pengguna, dihitung sebagai satu impression. Impression membantu menilai seberapa sering konten atau iklan diperhatikan oleh audiens potensial.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Tipe-tipe Impression

  1. Impression Terlihat (Viewable Impressions):
  • Impression terlihat mengacu pada tampilan iklan yang benar-benar terlihat oleh pengguna. Biasanya, ini berarti iklan telah muncul di bagian tampilan layar yang dapat dilihat tanpa scroll.
  1. Impression Terklik (Clickable Impressions):
  • Impression terklik mengacu pada tampilan iklan yang dapat di-klik oleh pengguna. Jika iklan memiliki tautan atau tombol yang mengarah ke halaman tertentu, itu dihitung sebagai impression terklik.
  1. Impression Yang Terjadi (Engagement Impressions):
  • Impression yang terjadi melibatkan pengguna dengan cara tertentu setelah melihat iklan, seperti mengisi formulir atau melakukan tindakan lain yang diinginkan.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Contoh Impression

Misalkan Anda memiliki kampanye iklan banner untuk produk fashion. Jika iklan Anda muncul di berbagai situs web dan aplikasi selama satu minggu dan total tampilannya mencapai 100.000, maka jumlah impression dari kampanye tersebut adalah 100.000.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Perbedaan Impression dan Reach

Impression adalah jumlah total tampilan atau penayangan iklan atau konten, termasuk tampilan yang duplikat (jika iklan dilihat lebih dari satu kali oleh pengguna yang sama).

Reach, di sisi lain, mengacu pada jumlah unik individu atau akun yang melihat iklan atau konten. Ini mengukur seberapa banyak orang yang diperkirakan telah melihat iklan Anda.

Misalkan dalam kampanye yang sama, dari total 100.000 impression, hanya ada 50.000 individu yang berbeda yang melihat iklan Anda. Jadi, reach kampanye tersebut adalah 50.000.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Mengapa Impression Penting?

  1. Evaluasi Visibilitas: Impression membantu menilai sejauh mana iklan atau konten dilihat oleh audiens potensial.
  2. Optimasi Kampanye: Dengan memantau jumlah impression, pemasar dapat menyesuaikan dan mengoptimalkan kampanye mereka untuk mencapai audiens yang lebih luas.
  3. Perbandingan Kinerja: Impression memungkinkan untuk membandingkan kinerja kampanye dengan metrik lain, seperti click-through rate (CTR) dan konversi.

Dalam strategi pemasaran digital, memahami dan memonitor impression adalah kunci untuk mengukur efektivitas kampanye Anda dan memastikan bahwa iklan atau konten Anda mencapai audiens yang tepat. Dengan analisis yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan kampanye Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan