Mengenal Server: Definisi, Cara Kerja, Fungsi & Jenisnya

Server adalah perangkat komputer khusus yang memiliki peran penting dalam menyediakan informasi, data, dan layanan kepada komputer-komputer klien dalam jaringan. Dalam artikel ini, Kita akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan server, bagaimana cara kerja server, fungsi server, dan jenis-jenis server yang berperan dalam berbagai aspek teknologi.

Apa Itu Server?

Server adalah perangkat keras atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menyediakan layanan, data, atau sumber daya kepada komputer-komputer klien dalam suatu jaringan. Perangkat server dirancang untuk beroperasi secara 24/7, dan fokus utamanya adalah melayani permintaan dari komputer klien.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Cara Kerja Server

Server bekerja dengan cara menerima permintaan (request) dari komputer klien dan memberikan respons (response) sesuai dengan permintaan tersebut. Berikut adalah langkah-langkah umum tentang bagaimana server beroperasi:

  1. Permintaan dari Klien: Komputer klien mengirim permintaan ke server. Permintaan ini bisa berupa akses ke situs web, unduhan file, pengiriman email, atau permintaan lainnya.
  2. Pemrosesan Permintaan: Server menerima permintaan dari komputer klien dan memprosesnya. Proses ini bisa termasuk verifikasi keamanan, pengecekan otorisasi, atau komunikasi dengan basis data.
  3. Generasi Respon: Setelah pemrosesan, server menghasilkan respons yang sesuai dengan permintaan klien. Respon ini bisa berupa halaman web, file, email, atau informasi lainnya.
  4. Pengiriman Respon: Server mengirimkan respon kepada komputer klien yang awalnya mengirim permintaan. Respon ini dapat diterima oleh klien dan ditampilkan kepada pengguna.
  5. Penutupan Koneksi: Setelah pengiriman respons, server menutup koneksi dengan komputer klien. Koneksi biasanya ditutup untuk menghindari overloading server.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Fungsi Server

Server memiliki beberapa fungsi utama dalam dunia teknologi:

  1. Menyediakan Layanan Jaringan: Server menyediakan berbagai layanan jaringan seperti akses internet, email, berbagi file, streaming video, dan banyak lagi.
  2. Penyimpanan Data: Server menyimpan data seperti basis data, file, dan informasi yang dapat diakses oleh komputer klien.
  3. Kepamanan: Server dapat digunakan untuk mengimplementasikan keamanan jaringan seperti firewall, VPN, dan enkripsi data.
  4. Penyedia Layanan Aplikasi: Server menyediakan layanan aplikasi seperti web hosting, e-commerce, dan aplikasi bisnis.
  5. Manajemen Sumber Daya: Server memungkinkan manajemen sumber daya komputer seperti printer, scanner, dan perangkat lainnya.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Jenis-Jenis Server

Ada berbagai jenis server yang digunakan dalam berbagai konteks teknologi. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Server Web: Digunakan untuk menyajikan situs web dan aplikasi web kepada pengguna melalui internet.
  2. Server Email: Menyediakan layanan email dengan menerima, mengirim, dan menyimpan pesan email.
  3. Server File: Digunakan untuk menyimpan dan membagikan file dalam jaringan lokal.
  4. Server Database: Menyediakan layanan basis data yang digunakan untuk penyimpanan dan pengambilan data.
  5. Server Aplikasi: Digunakan untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak bisnis dan menyediakan layanan yang diperlukan oleh aplikasi tersebut.
  6. Server Proxy: Berperan sebagai perantara antara klien dan server lain untuk mengamankan, mempercepat, atau memantau akses ke internet.
  7. Server Game: Menyediakan infrastruktur untuk permainan daring dan dapat mengelola koneksi pemain.
  8. Server DNS (Domain Name System): Digunakan untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP yang sesuai.
  9. Server DNS DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol): Berperan dalam alokasi otomatis alamat IP kepada komputer klien dalam jaringan.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Server memiliki peran sentral dalam dunia teknologi dan jaringan komputer. Mereka menyediakan layanan yang kita gunakan setiap hari, dari browsing web hingga mengirim email, hingga bermain game online. Dengan pemahaman tentang fungsi dan jenis server yang berbeda, kita dapat lebih memahami bagaimana teknologi bekerja dan bagaimana server berperan dalam mendukung berbagai aspek kehidupan kita dalam dunia digital saat ini.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan