Mengenal Sprout Social: Definisi, Fungsi, Fitur & Perbedaan dengan Hootsuite

Sprout Social adalah alat manajemen media sosial yang dirancang untuk membantu Kita membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens di platform media sosial. Dalam artikel ini, Kita akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan Sprout Social, fungsi dan fitur utama dari alat ini, siapa yang membutuhkan Sprout Social, dan perbedaan antara Sprout Social dan Hootsuite.

Apa Itu Sprout Social?

Sprout Social adalah sebuah platform yang dirancang untuk memudahkan manajemen dan interaksi dengan audiens di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan masih banyak lagi. Alat ini menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu Kita mengelola, memantau, dan menganalisis aktivitas di media sosial.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Fungsi Sprout Social

Fungsi utama dari Sprout Social mencakup:

  1. Manajemen Akun: Sprout Social memungkinkan Kita untuk menghubungkan dan mengelola beberapa akun media sosial dalam satu dashboard, memudahkan Kita dalam memposting konten dan berinteraksi dengan audiens.
  2. Penjadwalan Posting: Alat ini memungkinkan Kita untuk merencanakan posting di berbagai platform media sosial. Kita dapat membuat daftar postingan dan mengatur jadwal posting agar konten tampil secara konsisten.
  3. Membangun Laporan: Sprout Social menyediakan alat analisis yang kuat. Kita dapat membuat laporan yang merinci kinerja posting, pertumbuhan pengikut, dan interaksi audiens.
  4. Manajemen Pesan: Alat ini memungkinkan Kita untuk merespons pesan dari berbagai platform media sosial dalam satu tempat, memudahkan Kita dalam berinteraksi dengan audiens dan memberikan layanan pelanggan yang efisien.
  5. Pemantauan Kata Kunci: Sprout Social memungkinkan Kita untuk memantau kata kunci tertentu dan melacak percakapan yang relevan di media sosial, memungkinkan Kita untuk tetap terinformasi tentang topik atau merek yang penting bagi Kita.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Fitur-fitur Sprout Social

Beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh Sprout Social meliputi:

  1. Pengelolaan Tim: Sprout Social memungkinkan Kita untuk mengelola tim yang terlibat dalam manajemen media sosial, memberikan peran dan izin yang berbeda kepada anggota tim.
  2. Kolaborasi: Alat ini mendukung kolaborasi tim dengan memungkinkan anggota tim untuk berkolaborasi dalam perencanaan dan pelaksanaan kampanye media sosial.
  3. Monitornya Percakapan: Sprout Social memungkinkan Kita untuk memantau percakapan tentang merek atau topik tertentu di media sosial, memberikan wawasan yang berharga tentang persepsi audiens.
  4. Integrasi Pihak Ketiga: Alat ini dapat diintegrasikan dengan berbagai alat dan aplikasi pihak ketiga, seperti Google Analytics, Zendesk, dan Google Ads.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Siapa yang Membutuhkan Sprout Social?

Sprout Social cocok untuk berbagai jenis bisnis dan organisasi, terutama yang aktif di media sosial dan ingin membangun kehadiran online yang kuat. Ini termasuk:

  • Bisnis kecil dan menengah.
  • Agen pemasaran digital.
  • Tim pemasaran dan komunikasi perusahaan.
  • Tim layanan pelanggan yang ingin merespons pertanyaan dan masalah pelanggan dengan cepat.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Perbedaan antara Sprout Social dan Hootsuite

Hootsuite adalah salah satu pesaing utama Sprout Social dalam dunia manajemen media sosial. Perbedaan utama antara keduanya meliputi:

  • Fitur dan Harga: Hootsuite sering dianggap sebagai pilihan yang lebih ekonomis dengan berbagai fitur yang kuat. Sprout Social biasanya menargetkan bisnis yang mencari fitur yang lebih mendalam dengan biaya yang lebih tinggi.
  • Antarmuka Pengguna: Beberapa pengguna mungkin lebih suka antarmuka pengguna Hootsuite yang lebih sederhana, sementara yang lain mungkin menilai antarmuka pengguna Sprout Social lebih intuitif.
  • Analisis dan Pelaporan: Sprout Social dikenal memiliki alat analisis yang lebih kuat, yang sangat berguna bagi bisnis yang ingin memahami kinerja mereka secara mendalam.

Saat memilih antara Sprout Social dan Hootsuite, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan spesifik Kita dan anggaran yang tersedia.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Kesimpulan

Sprout Social adalah alat manajemen media sosial yang kuat yang membantu Kita membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens di media sosial. Dengan berbagai fitur dan alat analisis yang tersedia, ini cocok untuk berbagai jenis bisnis dan organisasi yang ingin mengoptimalkan kehadiran mereka di media sosial. Perbedaan antara Sprout Social dan Hootsuite dapat membantu Kita memilih alat yang paling sesuai dengan kebutuhan Kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan