Memahami NPM: Definisi, Fungsi, Perintah Dasar & Cara Instal

Node Package Manager, atau yang lebih dikenal dengan singkatan NPM, adalah perangkat yang sangat penting dalam ekosistem Node.js. Artikel ini akan membahas apa yang dimaksud dengan NPM, fungsi utamanya, perintah dasar NPM, serta panduan instalasi NPM di Windows dan Mac.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Apa Itu NPM (Node Package Manager)?

NPM adalah manajer paket yang digunakan dalam ekosistem Node.js. Ini adalah alat yang memungkinkan pengembang JavaScript untuk mengelola dependensi, menginstal paket-paket pihak ketiga, dan mengotomatisasi tugas-tugas pengembangan dalam proyek Node.js. NPM memungkinkan Anda untuk dengan mudah mencari, mengunduh, dan menginstal paket-paket JavaScript yang dibutuhkan untuk proyek Anda.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Fungsi Utama NPM

NPM memiliki beberapa fungsi utama yang menjadikannya alat yang sangat penting dalam pengembangan aplikasi Node.js:

  1. Manajemen Paket: NPM memungkinkan Anda untuk mengelola paket-paket JavaScript yang digunakan dalam proyek Anda. Anda dapat menginstal, menghapus, dan mengupdate paket dengan mudah.
  2. Manajemen Versi: NPM memungkinkan Anda untuk mengelola versi paket. Anda dapat menentukan versi yang tepat dari paket yang Anda butuhkan dan mengaktualisasi versi saat diperlukan.
  3. Skrip Pemeliharaan: NPM memungkinkan Anda untuk menentukan skrip pemeliharaan dalam berkas package.json Anda. Ini memungkinkan otomatisasi tugas-tugas seperti pengujian, pembangunan, dan pelepasan.
  4. Publikasi Paket: Anda dapat menggunakan NPM untuk menerbitkan paket JavaScript Anda sendiri di repositori publik NPM, yang dapat diakses oleh pengembang lain.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Perintah Dasar NPM

Berikut beberapa perintah dasar yang sering digunakan dalam NPM:

  1. npm init: Ini digunakan untuk membuat file package.json yang berisi informasi tentang proyek Anda.
  2. npm install: Digunakan untuk menginstal semua paket dependensi yang didefinisikan dalam package.json.
  3. npm install <nama_paket>: Ini digunakan untuk menginstal paket tertentu.
  4. npm uninstall <nama_paket>: Ini digunakan untuk menghapus paket yang tidak lagi diperlukan dari proyek Anda.
  5. npm update: Digunakan untuk memperbarui semua paket ke versi terbaru sesuai dengan aturan yang didefinisikan dalam package.json.
  6. npm start: Menjalankan skrip yang didefinisikan sebagai “start” dalam file package.json. Biasanya digunakan untuk menjalankan server atau aplikasi.

Cara Instal NPM di Windows

Berikut langkah-langkah untuk menginstal NPM di sistem operasi Windows:

  1. Instal Node.js: NPM disertakan dengan Node.js, jadi Anda harus mengunduh dan menginstal Node.js terlebih dahulu. Kunjungi situs resmi Node.js dan unduh installer untuk Windows.
  2. Mulai Installer: Jalankan installer yang telah diunduh, dan ikuti petunjuk langkah demi langkah. Pastikan untuk memilih opsi “npm package manager” selama proses instalasi.
  3. Verifikasi Instalasi: Setelah instalasi selesai, Anda dapat memeriksa apakah NPM telah terinstal dengan benar dengan membuka Command Prompt atau PowerShell dan menjalankan perintah npm -v. Ini akan menampilkan versi NPM yang terinstal.

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

Cara Instal NPM di Mac

Untuk menginstal NPM di Mac, Anda dapat menggunakan Terminal dan berikut langkah-langkahnya:

  1. Instal Homebrew: Jika Anda belum memiliki Homebrew di Mac Anda, Anda dapat menginstalnya dengan menjalankan perintah berikut di Terminal:bashCopy code/bin/bash -c "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/HEAD/install.sh)"
  2. Instal Node.js: Setelah Homebrew terinstal, Anda dapat menginstal Node.js dan NPM dengan perintah berikut:bashCopy codebrew install node
  3. Verifikasi Instalasi: Setelah instalasi selesai, Anda dapat memeriksa apakah NPM telah terinstal dengan benar dengan menjalankan perintah npm -v di Terminal.

NPM adalah alat yang sangat penting dalam ekosistem Node.js yang memungkinkan pengembang JavaScript untuk mengelola dependensi, mengotomatisasi tugas pengembangan, dan mengelola paket-paket JavaScript. Dengan pemahaman tentang fungsi dan perintah dasar NPM, Anda dapat memaksimalkan produktivitas Anda dalam pengembangan proyek Node.js.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan