Pengertian Simple Past Tense

Simple Past Tense adalah bentuk waktu lampau sederhana dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan kejadian atau tindakan yang terjadi di masa lampau dan telah selesai. Bentuk ini sering digunakan untuk menyampaikan informasi tentang aktivitas yang dilakukan di waktu lampau tanpa spesifikasi waktu tertentu.

Rumus Simple Past Tense

Rumus pembentukan Simple Past Tense untuk verb reguler (regular verbs) adalah dengan menambahkan akhiran ‘-ed’ pada akhir kata kerja (verb). Contohnya:

  • Work (kerja) -> Worked (bekerja)
  • Play (bermain) -> Played (bermain)

Untuk verb irregular (verb tak beraturan), bentuknya dapat berbeda-beda dan perlu dihafalkan.

Ciri-Ciri Simple Past Tense

  1. Digunakan untuk Kejadian Lampau: Simple Past Tense digunakan untuk menyatakan kegiatan atau peristiwa yang sudah berlangsung dan berakhir di masa lampau.
  2. Menggunakan Verb V2 (Verb Past): Verb dalam Simple Past Tense menggunakan bentuk kedua (V2) dari kata kerja, baik itu regular verb (yang ditambahkan ‘-ed’) maupun irregular verb.
  3. Tidak Memerlukan Penambahan “To Be”: Pada Simple Past Tense, tidak perlu menambahkan “to be” (am, is, are) sebelum kata kerja seperti pada bentuk waktu lainnya.
  4. Menggunakan Time Marker Lampau: Simple Past Tense seringkali digunakan dengan time marker lampau seperti yesterday (kemarin), last week (minggu lalu), in 1999 (pada tahun 1999), dan sebagainya.

Contoh Kalimat Simple Past Tense

  1. She finished her homework last night. (Dia menyelesaikan PR-nya semalam.)
  2. They visited Paris two years ago. (Mereka mengunjungi Paris dua tahun yang lalu.)
  3. He bought a new car last month. (Dia membeli mobil baru bulan lalu.)
  4. We studied English in school yesterday. (Kita belajar bahasa Inggris di sekolah kemarin.)

Dengan Simple Past Tense, kita dapat mengungkapkan kejadian masa lampau secara jelas dan tepat. Jangan lupa untuk menguasai verb regular dan irregular agar dapat menggunakan Simple Past Tense dengan lancar.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan