Target Audience: Perbedaan dengan Target Market

Target audience, atau audiens target, adalah kelompok spesifik dari pasar yang menjadi fokus utama dari strategi pemasaran suatu produk atau layanan. Dalam hal ini, target audience adalah segmen dari pasar yang diidentifikasi sebagai yang paling mungkin tertarik atau membutuhkan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas definisi target audience, perbedaannya dengan target market, dan cara menentukannya.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Definisi Target Audience

Target audience adalah kelompok spesifik dari pasar yang menjadi sasaran pemasaran suatu produk atau layanan. Mereka adalah orang-orang yang memiliki karakteristik atau kebutuhan tertentu yang membuat mereka menjadi prospek yang potensial bagi produk atau layanan tersebut. Identifikasi target audience membantu perusahaan untuk memfokuskan upaya pemasaran mereka dan menyampaikan pesan yang lebih relevan kepada konsumen potensial.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Perbedaan Target Audience dan Target Market

  • Target Audience: Target audience adalah kelompok spesifik dari pasar yang menjadi fokus utama dari strategi pemasaran. Mereka adalah orang-orang yang memiliki karakteristik atau kebutuhan tertentu yang membuat mereka menjadi prospek yang potensial bagi produk atau layanan tersebut.
  • Target Market: Target market, atau pasar target, adalah pasar secara keseluruhan yang menjadi target perusahaan untuk pemasaran produk atau layanan mereka. Target market bisa terdiri dari beberapa target audience yang berbeda, tergantung pada produk atau layanan yang ditawarkan.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Cara Menentukan Target Audience

  1. Analisis Demografi: Identifikasi karakteristik demografis dari audiens potensial, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pendapatan. Informasi ini dapat membantu menyusun profil audiens target kita.
  2. Analisis Psikografis: Meliputi nilai-nilai, sikap, minat, dan gaya hidup dari audiens target. Ini membantu memahami motivasi dan kebutuhan mereka yang lebih mendalam.
  3. Penelitian Pasar: Lakukan penelitian pasar untuk mengidentifikasi tren dan preferensi konsumen potensial. Ini dapat dilakukan melalui survei, wawancara, atau analisis data.
  4. Melakukan Segmentasi Pasar: Bagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil berdasarkan karakteristik tertentu, seperti demografi atau perilaku. Identifikasi segmen yang paling menarik sebagai target audience kita.
  5. Pemantauan Kompetitor: Amati dan pelajari audiens yang dituju oleh pesaing kita. Ini dapat memberikan wawasan berharga tentang siapa yang menjadi prospek potensial bagi produk atau layanan kita.
  6. Uji Coba dan Evaluasi: Setelah menentukan target audience, uji coba strategi pemasaran kita dan evaluasi hasilnya. Jika diperlukan, sesuaikan target audience kita berdasarkan respons dan feedback yang kita terima.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Dengan menentukan target audience yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas pemasaran mereka dan mencapai audiens yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan