Mengenal WHOIS: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis & Cara Ceknya

WHOIS adalah sebuah database publik yang berisi informasi terkait nama domain di internet. Database ini menyimpan data mengenai pemilik domain, informasi kontak, dan informasi teknis terkait domain tersebut. Artikel ini akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan WHOIS, fungsi utamanya, cara kerjanya, jenis-jenis layanan WHOIS, dan bagaimana Kita dapat menggunakan WHOIS untuk mengecek siapa pemilik suatu domain.

Apa Itu WHOIS?

WHOIS adalah layanan yang menyediakan akses ke informasi terkait nama domain di internet. Informasi yang dapat ditemukan dalam database WHOIS mencakup detail seperti nama pemilik domain, alamat email, alamat fisik, nomor telepon, nama server DNS, dan informasi teknis lainnya terkait domain tersebut. WHOIS berfungsi sebagai alat transparansi dan akuntabilitas di internet, memungkinkan Kita untuk melacak dan mengidentifikasi pemilik domain.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Fungsi WHOIS

Fungsi utama WHOIS adalah:

  1. Identifikasi Pemilik Domain: WHOIS memungkinkan Kita untuk mengetahui siapa pemilik suatu domain di internet. Informasi ini penting dalam banyak konteks, seperti untuk menghubungi pemilik domain terkait isu keamanan atau hukum.
  2. Kontak Teknis: WHOIS menyediakan informasi kontak teknis terkait domain, termasuk server DNS dan penyedia hosting. Ini dapat membantu dalam menyelesaikan masalah teknis yang mungkin muncul.
  3. Transparansi: WHOIS memberikan transparansi di internet dengan memungkinkan pengguna untuk mengecek siapa yang memiliki domain dan bagaimana menghubungi pemiliknya.
  4. Penyelidikan Kredibilitas: WHOIS juga membantu dalam menilai kredibilitas suatu situs web. Dengan mengecek informasi pemilik domain, Kita dapat menilai sejauh mana Kita dapat mempercayai situs tersebut.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Cara Kerja WHOIS

Cara kerja WHOIS relatif sederhana:

  1. Permintaan WHOIS: Kita membuat permintaan kepada layanan WHOIS untuk suatu domain tertentu. Ini bisa dilakukan dengan mengunjungi situs web penyedia layanan WHOIS atau dengan menggunakan perangkat lunak khusus.
  2. Pencarian Database: Layanan WHOIS akan mencari database mereka untuk informasi terkait domain yang diminta. Database ini mengandung data dari berbagai registrar domain di seluruh dunia.
  3. Tampilkan Informasi: Setelah menemukan informasi terkait domain, layanan WHOIS akan menampilkan informasi tersebut kepada Kita. Informasi ini mencakup detail pemilik domain, kontak teknis, dan informasi teknis lainnya.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Jenis-Jenis Layanan WHOIS

Terdapat beberapa jenis layanan WHOIS yang dapat Kita manfaatkan:

  1. WHOIS Publik: Ini adalah jenis WHOIS yang dapat diakses oleh siapa saja. Informasi pemilik domain dan kontak teknis tersedia untuk publik.
  2. WHOIS Terbatas: WHOIS terbatas menyembunyikan sebagian informasi pribadi pemilik domain. Informasi teknis dan informasi dasar domain masih dapat diakses.
  3. WHOIS Pribadi: WHOIS pribadi melindungi informasi pribadi pemilik domain. Sebaliknya, informasi kontak dan teknis diurus oleh penyedia layanan WHOIS pribadi.

Cara Cek Domain Milik Siapa dengan WHOIS

Mengecek pemilik suatu domain menggunakan WHOIS adalah proses yang mudah:

  1. Kunjungi Layanan WHOIS: Kita dapat mengunjungi situs web penyedia layanan WHOIS, seperti whois.icann.org atau situs web registrar domain seperti GoDaddy.
  2. Masukkan Nama Domain: Di sana, Kita akan menemukan kotak pencarian di mana Kita dapat memasukkan nama domain yang ingin Kita cek.
  3. Hasil Pencarian: Setelah memasukkan nama domain, sistem akan mengembalikan hasil pencarian yang berisi informasi pemilik domain, kontak teknis, dan detail lainnya.

Ingatlah bahwa beberapa domain mungkin memiliki WHOIS terbatas atau pribadi, yang berarti sebagian informasi mungkin disembunyikan atau dilindungi. Namun, untuk sebagian besar domain, Kita akan dapat menemukan informasi pemiliknya.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Dalam dunia internet yang berkembang pesat, WHOIS adalah alat penting yang membantu Kita dalam mengidentifikasi dan menghubungi pemilik domain. Informasi yang ditemukan melalui layanan WHOIS dapat membantu dalam berbagai situasi, seperti keamanan online, masalah hukum, atau untuk menilai kredibilitas suatu situs web. Dengan menggunakan WHOIS dengan bijak, Kita dapat menjaga transparansi dan akuntabilitas di dunia maya.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan