Mengenal Yoast SEO: Definisi, Fungsi dan Contohnya

Yoast SEO adalah alat all-in-one yang dirancang untuk membantu Kita meningkatkan performa SEO situs web Kita. Ini adalah salah satu plugin SEO yang paling populer untuk platform WordPress, dan memiliki beragam fitur yang memudahkan Kita dalam mengoptimalkan situs web Kita agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Artikel ini akan menjelaskan apa itu Yoast SEO, bagaimana fungsinya, memberikan contoh penggunaan Yoast SEO, dan menjawab apakah Yoast SEO merupakan plugin berbayar.

Apa itu Yoast SEO?

Yoast SEO adalah plugin WordPress yang dirancang untuk membantu Kita mengoptimalkan situs web Kita agar lebih ramah mesin pencari. Plugin ini diciptakan oleh Joost de Valk dan timnya, dan telah menjadi salah satu alat SEO yang paling populer di dunia WordPress. Yoast SEO memiliki versi gratis dan versi premium, yang menawarkan fitur tambahan.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Fungsi Yoast SEO

Yoast SEO memiliki berbagai fitur yang membantu Kita meningkatkan performa SEO situs web Kita. Beberapa fitur inti yang ditawarkan oleh plugin ini meliputi:

  1. Optimasi Konten: Yoast SEO membantu Kita mengoptimalkan konten halaman atau postingan Kita. Ini memberi Kita analisis SEO yang mendalam dan rekomendasi tentang bagaimana Kita dapat meningkatkan konten, seperti penggunaan kata kunci yang lebih baik, panjang teks yang sesuai, dan pemformatan yang tepat.
  2. Pemantauan Kata Kunci: Kita dapat memilih kata kunci fokus untuk setiap halaman atau postingan, dan Yoast SEO akan memberi Kita umpan balik tentang sejauh mana Kita telah mengoptimalkan konten Kita untuk kata kunci tersebut.
  3. Pengaturan Permalinks: Plugin ini memungkinkan Kita untuk mengubah pengaturan permalink, yang merupakan URL situs web Kita, sehingga lebih ramah SEO.
  4. Sitemap XML: Yoast SEO menghasilkan sitemap XML otomatis untuk situs web Kita, yang memudahkan mesin pencari untuk mengindeks halaman-halaman Kita.
  5. Pengaturan Meta: Kita dapat mengedit pengaturan meta seperti judul halaman, deskripsi, dan gambar yang muncul di hasil pencarian.
  6. Pengendalian Kepentingan Halaman: Yoast SEO memungkinkan Kita untuk menentukan halaman mana yang diindeks oleh mesin pencari dan halaman mana yang tidak.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Contoh Penggunaan Yoast SEO

Misalkan Kita memiliki sebuah situs web berbasis WordPress yang berfokus pada resep masakan. Kita ingin meningkatkan SEO halaman resep ayam panggang Kita. Setelah menginstal dan mengaktifkan Yoast SEO, Kita dapat melakukan hal berikut:

  1. Pengaturan Kata Kunci Fokus: Kita memilih kata kunci fokus, misalnya “resep ayam panggang.”
  2. Optimasi Konten: Yoast SEO akan memberi Kita rekomendasi, seperti menambahkan kata kunci dalam judul, memastikan teks memiliki panjang yang memadai, dan memastikan penggunaan kata kunci yang sesuai.
  3. Pengaturan Meta: Kita dapat mengedit judul halaman, deskripsi, dan gambar yang akan muncul di hasil pencarian.
  4. Pengaturan Permalink: Yoast SEO memungkinkan Kita untuk mengedit URL halaman, sehingga Kita dapat membuatnya lebih ramah mesin pencari, seperti “resep-ayam-panggang.”

Setelah melakukan langkah-langkah ini, halaman resep ayam panggang Kita akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan memiliki peluang lebih baik untuk muncul di hasil pencarian teratas.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Apakah Yoast SEO Berbayar?

Ya, Yoast SEO memiliki dua versi: gratis dan premium. Versi gratis dari plugin ini menawarkan banyak fitur SEO yang berguna, seperti optimasi konten, pengaturan kata kunci, dan pemantauan perkembangan SEO. Namun, versi premium menawarkan fitur tambahan, seperti saran internal linking, dukungan untuk lebih banyak kata kunci fokus, dan kontrol pengaturan peran multiple author. Biaya langganan versi premium Yoast SEO dapat bervariasi tergantung pada jumlah situs web yang ingin Kita dukung dengan plugin ini.

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

Dalam kesimpulan, Yoast SEO adalah alat all-in-one yang kuat untuk mengoptimalkan situs web WordPress Kita agar lebih ramah mesin pencari. Dengan versi gratis yang berfitur lengkap dan versi premium yang menawarkan lebih banyak fitur, Yoast SEO dapat membantu Kita mencapai peringkat yang lebih baik di hasil pencarian mesin pencari dan meningkatkan performa SEO Kita secara keseluruhan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan