Penulis Komunitas Sebuah komunitas menulis yang berada di bawah naungan liniMuda, mencakup MySkill dan SimulasiKu. Wadah untuk menuangkan karya para member komunitas yang menyukai dunia menulis artikel.

Kamu Maba? Yuk, Kenali 6 Jenis Organisasi Mahasiswa di Kampus!

2 min read

Selamat datang di dunia mahasiswa buat kalian mahasiswa baru. Biasanya, mahasiswa baru masih sedang semangat-semangatnya nih buat cari-cari informasi tentang dunia kampus, khususnya tentang organisasi-organisasi yang bisa diikuti selama menjalankan kuliah. Sebenarnya mengikuti organisasi di kampus bukan sebuah kewajiban, kamu bisa memilih. Namun, tetap saja jika menjadi mahasiswa yang aktif ikut organisasi akan lebih banyak dapat manfaatnya, selain melatih manajemen waktu juga meningkatkan soft skill juga hard skill kalian loh! 

Eits, biar gak banyak basa-basi dan menahan rasa penasaran kalian, yuk langsung saja simak artikel berikut ini!

1. Organisasi DPM-U (Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas) 

DPM-U organisasi tertinggi di tingkat kampus
DPM-U organisasi tertinggi di tingkat kampus

Organisasi mahasiswa yang menjadi perwakilan tertinggi tingkat kampus, yaitu DPM-U. Karena lingkupnya universitas, maka mahasiswa-mahasiswa yang menjadi anggota dari DPM-U ini berasal dari berbagai fakultas dan prodi dari universitas tersebut. Sesuai dengan namanya, DPM-U bertanggung jawab sebagai perwakilan untuk urusan antara pihak mahasiswa dengan pihak universitas. 

DPM-U memiliki 4 jenis fungsi, yaitu fungsi legislatif, fungsi advokasi, fungsi pengawasan, dan fungsi anggaran. Selain keempat fungsi tersebut, DPM-U juga bertanggung jawab untuk menciptakan peraturan atau undang-undang yang berkaitan dengan kemahasiswaan dan mengawasi kinerja BEM-U.

2. Organisasi BEM-U (Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas) 

BEM-U menjadi organisasi di bidang eksekutif

Sama seperti DPM-U, BEM-U juga merupakan organisasi mahasiswa tingkat universitas yang mana anggotanya terdiri dari berbagai fakultas dan prodi. Bedanya dengan DPM-U, kalau BEM-U berperan dalam bidang eksekutif nih. Organisasi satu ini juga memiliki beberapa fungsi yang dijalankan, yaitu fungsi advokasi, fungsi aspirasi, fungsi katalisator, fungsi fasilitator, fungsi koordinator, dan fungsi inisiator. 

Dari berbagai fungsinya saja sudah terlihat kan bahwa tugas BEM-U itu adalah sebagai penerima dan penyampai aspirasi mahasiswa, membuat program untuk pengembangan mahasiswa di lingkup universitas, dll. 

3. Organisasi DPM-F (Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas) 

DPM-F sama dengan DPM-U tetapi berada di lingkup fakultas 

Tidak jauh berbeda dengan DPM-U, lingkup kerja DPM-F hanya di lingkup fakultas saja, yang mana berarti anggota-anggota DPM-F tersusun dari berbagai prodi dari fakultas tersebut. DPM-F memiliki fungsi sebagai lembaga legislatif di tingkat fakultas. Sama seperti DPM-U, DPM-F juga memiliki tanggung jawab untuk membuat undang-undang yang berkaitan dengan kemahasiswaan dan mengawasi kinerja dari BEM-F. 

Baca Juga: Apa Untungnya Merekrut Fresh Graduate? Perusahaan Wajib Tahu!

4. Organisasi BEM-F (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas)

BEM-F sama dengan BEM-U tetapi berada di lingkup fakultas
BEM-F sama dengan BEM-U tetapi berada di lingkup fakultas 

Sama seperti DPM yang ada di tingkat universitas dan fakultas. BEM juga selain ada di tingkat universitas dapat kalian temui di tingkat fakultas nih. Tentunya fungsi dan tugas BEM-F tidak berbeda jauh dengan BEM-U, hanya saja program-program yang dibentuk BEM-F lebih spesifik untuk mahasiswa di tingkat fakultasnya. Anggota-anggota dari BEM-F sendiri juga hanya tersusun dari mahasiswa-mahasiswa di fakultas terkait saja. 

5. HIMA Jurusan (Himpunan Mahasiswa Jurusan)

Kamu mau ikut organisasi tapi gamau jauh-jauh dari jurusan? Kamu bisa ikut HIMA
Kamu mau ikut organisasi tapi gamau jauh-jauh dari jurusan? Kamu bisa ikut HIMA

Kalau tadi kita udah bahas organisasi di tingkat universitas dan fakultas, sekarang kita bakal bahas organisasi yang spesifik di dalam jurusan saja nih. Yap betul! Untuk organisasi mahasiswa di tingkat jurusan namanya adalah HIMA atau Himpunan Mahasiswa. 

Anggota-anggota dari HIMA ini sendiri hanya dari mahasiswa di jurusan terkait loh. Misalnya HIMA Kesehatan Masyarakat, maka anggotanya terdiri dari mahasiswa kesehatan masyarakat saja. 

HIMA jurusan berfungsi untuk membangun relasi dan solidaritas antarmahasiswa jurusan dan juga membuat program-program yang dapat membangun serta mengembangkan mahasiswa di jurusan tersebut. Biasanya, program yang disusun HIMA ini berkaitan dengan jurusannya nih, seperti HIMA Kesehatan masyarakat tadi, biasanya program yang dijalankan berupa seminar atau workshop kesehatan. 

6. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) 

Punya hobi atau bakat? Kamu bisa ikut UKM nih
Punya hobi atau bakat? Kamu bisa ikut UKM nih

Kalau tadi adalah organisasi yang berkaitan dengan urusan kemahasiswaan banget, nah ada juga nih organisasi yang menjadi wadah kamu untuk menuangkan dan mengembangkan hobi atau minat kamu. 

Organisasi ini disebut UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa, organisasi ini hampir sama seperti ekstrakurikuler pada masa sekolah dulu. 

UKM sendiri ada yang berada di tingkat universitas, fakultas, atau jurusan loh. Biasanya UKM yang ada di kampus-kampus itu adalah UKM teater, UKM seni tari, UKM band, dan masih banyak lagi. 

Sekarang kalian udah tahukan jenis-jenis organisasi mahasiswa apa saja yang ada di tingkat kampus. Nah kalian tertarik ikut organisasi yang mana nih sobat MySkill? Jika sudah memilih jangan lupa untuk mencari tahu informasi pendaftaran dan tips seleksinya agar kamu diterima. Semoga informasi ini bermanfaat ya! 

Baca Juga: Ngantuk di Pagi Hari? Simak 5 Cara Ampuh Cegah Kantuk Ala Mahasiswa!

Penulis: Hernisa Shofwatulqolbi Ramadhani

Editor: Dinan Fuzianti

Penulis Komunitas Sebuah komunitas menulis yang berada di bawah naungan liniMuda, mencakup MySkill dan SimulasiKu. Wadah untuk menuangkan karya para member komunitas yang menyukai dunia menulis artikel.