Ghulam Farras Muhammad Ghulam Farras, 22 tahun. Saat ini sedang menempuh kuliah Jurusan Sastra Jerman UNESA dan bercita-cita menjadi dosen. Sangat mencintai bahasa dan tertarik dengan dunia jurnalistik dan kepenulisan. Waktu luangnya dihabiskan untuk membaca, menulis, dan mengantuk.

Memulai Bisnis Tanpa Banyak Modal! 4 Ide Startup untuk Mahasiswa!

2 min read

Ide startup untuk mahasiswa

Membangun sebuah perusahaan rintisan memang tidak mudah, apalagi untuk seorang mahasiswa atau pelajar. Selain harus menyelesaikan studi dengan nilai memuaskan, kamu tentunya juga harus memikirkan cara agar startup-mu berkembang dengan baik. Satu-satunya cara agar hasil studi dan perusahaan rintisanmu sama-sama memuaskan adalah kamu harus memikirkan ide startup yang fleksibel dan cocok untuk mahasiswa!

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan 2 aspek lainnya, yaitu biaya awal secara keseluruhan dan jumlah waktu yang dapat kamu dedikasikan untuk perusahaanmu. MySkill.id telah menyusun daftar ide startup untuk mahasiswa agar kamu dapat mengatasi beberapa rintangan di atas! Tanpa berlama-lama, yuk kita masuk ke topik pembahasan!

1. Graphic Design Startup

Ide startup untuk mahasiswa https://www.pexels.com/photo/326503/
Ide startup yang sangat cocok untuk kamu yang mahir mendesain

Semua perusahaan atau organisasi pasti membutuhkan seorang graphic designer untuk membuat desain visual. Kebutuhan tersebut semakin hari akan semakin meroket. Nah, untuk kamu yang memiliki kemampuan dalam bidang graphic design, kamu bisa menggunakan ide startup ini dan mengembangkan perusahaan rintisan yang bergerak di bidang tersebut.

Graphic design sendiri memiliki cakupan yang sangat luas, seperti desain logo, tipografi, dan desain web. Oleh karena itu, kamu bisa mengajak teman-temanmu yang memiliki spesialisasi berbeda untuk merintis perusahaan tersebut bersama. Nantinya, kamu bisa menawarkan layanan berupa konsultasi desain sekaligus membuatkannya untuk konsumenmu.

2. Review Website

Ide startup untuk mahasiswa https://lp2m.uma.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/book-review.png
Mudah dan murah, sangat cocok untuk mahasiswa

Seperti namanya, startup yang bergerak di bidang review website memberikan berbagai ulasan terhadap suatu bisnis sehingga konsumen yang belum mengetahuinya dapat memiliki gambaran aktual mengenai bisnis tersebut. 

Salah satu review website yang paling terkenal adalah TripAdvisor. Mereka memberikan konsultasi dan ulasan mengenai berbagai lokasi wisata, restoran, dan hotel. Keunikan dari TripAdvisor adalah setiap pengguna juga dapat memberikan review di tempat-tempat tersebut sehingga menghasilkan ulasan yang cukup terpercaya.

Merintis perusahaan di bidang ini sangat cocok untuk mahasiswa karena tidak membutuhkan modal yang besar. Akan tetapi, kamu membutuhkan kepercayaan dari konsumen agar startup-mu dapat berkembang. Oleh karena itu, kamu bisa mengulas berbagai tempat yang ada di sekitarmu terlebih dahulu sekaligus membangun kredibilitas. Jadi gimana? Tertarik untuk memakai ide ini?

Baca juga: Startup di Bandung yang Memiliki Konsep Inovatif

3. App Development

Ide startup untuk mahasiswa https://www.pexels.com/photo/907489/
Buat yang suka teknologi, kamu bisa memakai ide startup ini

Ide startup ini sangat cocok untuk mahasiswa jurusan teknik informatika atau jurusan lain yang masih relevan. Buat kamu yang bukan dari jurusan tersebut, kamu gak perlu khawatir karena sebenarnya semua orang dapat membuat aplikasi yang bagus selama mempunyai ide.

Kamu bisa mendapatkan ide dengan berbagai teknik. Diskusi dan bertukar pikiran merupakan teknik yang paling ampuh untuk mendapatkan ide bisnis. Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai permasalahan sehari-hari dan merubahnya menjadi ide cemerlang kemudian menuangkannya ke dalam sebuah aplikasi.

Nantinya, perusahaan rintisanmu juga dapat menyediakan layanan berupa pembuatan dan pemeliharaan aplikasi berdasarkan permintaan konsumen. Kamu bisa menawarkannya dengan harga terjangkau sehingga dapat lebih mudah menggaet pelanggan.

Baca juga: 5 Istilah dalam Dunia Startup yang Wajib Kamu Ketahui!

4. Tutoring

Selain bermanfaat, ide ini tentunya bisa mendatangkan cuan, loh!

Apakah kamu mahasiswa berprestasi dan menguasai berbagai mata kuliah di jurusanmu? Kalau iya, ide startup ini tentunya sangat cocok untukmu! Kamu bisa mengubah kemampuanmu menjadi cuan dengan cara mengembangkan perusahaan rintisan bimbingan belajar, loh!

Baca juga: 5 Langkah Mudah Membangun Start-up, Kamu Perlu Banget Tahu!

Itu dia 4 ide startup untuk mahasiswa tanpa memerlukan banyak modal. Jadi, gimana? Apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satunya dan memulai perusahaan rintisanmu sendiri? Kalau iya, kamu harus memahami bagaimana cara Membangun dan Memvalidasi Ide Bisnis dengan benar terlebih dahulu agar startup-mu dapat terus berkembang. 

Buat yang belum tahu, kamu bisa mempelajarinya secara mendalam di MySkill.id! Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas dan bootcamp menarik mengenai Startup bersama tutor berpengalaman, loh! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera bergabung bersama MySkill.id!

Editor: Bynta Ayu Hanifa

Ghulam Farras Muhammad Ghulam Farras, 22 tahun. Saat ini sedang menempuh kuliah Jurusan Sastra Jerman UNESA dan bercita-cita menjadi dosen. Sangat mencintai bahasa dan tertarik dengan dunia jurnalistik dan kepenulisan. Waktu luangnya dihabiskan untuk membaca, menulis, dan mengantuk.