7 Jurusan Untuk Wanita yang Memiliki Prospek Menjanjikan

Memilih jurusan kuliah memang susah-susah gampang, terutama untuk perempuan. Saat memilih jurusan, orang akan memilih jurusan yang sesuai dengan passion atau jurusan yang dikenal memiliki prospek kerja bagus. Orang berkuliah selain dengan harapan untuk meraih ilmu, ada harapan untuk mendapatkan karier yang panjang dan sukses melalui jurusan tersebut.

Nah, MySkill.id akan memberikan rekomendasi jurusan untuk wanita yang memiliki prospek kerja bagus baik dari rumpun IPA atau IPS. Yuk, simak!

1. Jurusan Tata Busana

jurusan tata busana untuk wanita
Tata busana untuk kamu sang fashionista

Tata busana atau fashion design ini salah satu jurusan untuk wanita paling populer. Biasanya jurusan ini menjadi tujuan pelajar yang gemar menggambar dan mengamati dunia mode. Jurusan ini tidak hanya mengajarkan tentang menjahit dan teknik desain busana saja, tetapi kamu juga akan belajar seluk beluk produksi busana dan mode, mulai dari marketing, analisis tren, hingga manajemen bisnis mode. 

Kamu akan membuat peragaan busana dan mode untuk menjadi salah satu syarat kelulusanmu. Ada banyak profesi yang bisa kamu geluti sebagai lulusan tata busana, seperti desainer, fashion illustrator, pattern maker, konsultan, dan jurnalis mode. Untuk kamu yang suka gambar dan selalu update tentang perkembangan fashion dunia, ini akan jadi jurusan yang menyenangkan dengan prospek kerja yang bagus untukmu. 

2. Jurusan Manajemen

jurusan manajemen untuk wanita
 Manajemen salah satu jurusan yang sangat cocok untuk wanita

Jurusan manajemen adalah bidang ilmu yang mempelajari hal-hal berkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis, tetapi jurusan ini cenderung mengarah pada pengaturan aktivitas perusahaan. Meskipun ada di rumpun IPS, tetapi banyak kampus yang memperbolehkan dari lulusan SMA IPA bisa mendaftar. Jurusan ini punya beberapa peminatan, seperti manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen pemasaran.

Bidang manajemen membutuhkan ketelitian dan berfokus pada detail sehingga jurusan ini dinilai sangat cocok untuk wanita. Prospek kerjanya pun sangat menggiurkan, lulusan manajemen dapat bekerja pada semua bidang dan seluruh jenis perusahaan, baik swasta, pemerintah, maupun non-profit.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Jurusan Teknik Sipil

jurusan teknik sipil untuk wanita
Wanita juga bisa berkuliah di jurusan teknik sipil

Siapa bilang wanita tidak bisa bekerja pada bidang teknik? Bisa dan menjanjikan. Jarang memang wanita yang memilih jurusan teknik sipil, tapi tidak sedikit wanita yang justru suka dan ingin menekuni bidang ini. Umumnya kriteria untuk masuk jurusan teknik sipil adalah dari SMA jurusan IPA.

Lulusan teknik sipil wanita dan pria memiliki kualitas yang sama. Prospek kerjanya bagus, wanita yang lulus dari jurusan teknik sipil dapat bekerja menjadi pegawai pemerintahan, drafter, project supervisor interior, dan konsultan konstruksi.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

4. Jurusan Psikologi

jurusan psikologi untuk wanita
Cocok untuk kamu yang ingin memahami perasaan dan perilaku manusia

Jurusan psikologi tidak hanya mempelajari mengenai perilaku manusia saja, tetapi juga jiwa dan tindakan yang mempengaruhinya. Jurusan psikologi memang salah satu jurusan yang kebanyakan mahasiswanya adalah wanita karena wanita cenderung memiliki kepekaan yang lebih baik daripada pria.

Biasanya orang mengira bahwa lulusan psikologi akan menjadi guru BK padahal prospek kerjanya sangat luas. Lulusan psikologi dapat bekerja sebagai human resource, psikolog, konselor mental anak, penulis, dan konsultan SDM. 

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Jurusan Kesehatan

jurusan kesehatan untuk wanita
Jurusan kesehatan selalu menjadi favorit

Bidang kesehatan memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan. Kamu akan mempelajari ilmu terkait perawatan kesehatan, analisis kesehatan, pengobatan, manajemen rumah sakit, nutrisi, dan teknologi pangan yang berguna bagi kehidupan manusia. Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa bekerja pada bidang kesehatan, industri kosmetik, dan sektor makanan dan minuman sebagai  perawat, dokter, research and development (R&D), apoteker, dan konsultan kesehatan.

6. Jurusan Matematika

jurusan matematika untuk wanita
Jurusan matematika cocok untuk kamu yang suka berhitung

Siapa yang suka matematika? Ya, jurusan matematika akan jadi jurusan yang cocok dan prospek kerja untuk perempuan juga sangat luas. Jurusan ini cocok untuk kamu, para wanita yang ingin berkarier sebagai praktisi di berbagai bidang industri karena ilmunya sangat implikatif.

Jurusan matematika tidak hanya berhitung, ada analisis, geometri, hingga algoritma pemrograman. Wanita lulusan matematika dapat bekerja sebagai ahli statistik, guru, programmer, data scientist, aktuaris, dan masih banyak lagi.

7. Jurusan Teknik Informatika

jurusan teknik informatika untuk wanita

Jurusan teknik yang cocok untuk wanita berikutnya adalah informatika. Teknik Informatika merupakan program studi yang fokus dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menyelesaikan suatu masalah. Teknik informatika sudah banyak tersedia di berbagai kampus dengan tergabung dalam Fakultas Ilmu Komputer.

Jurusan teknik informatika cocok untuk perempuan karena tidak banyak melibatkan fisik pada saat bekerja. Logika dan kemampuan analisa sangat diperlukan di jurusan ini. Prospeknya juga makin banyak dengan dunia digital yang semakin marak, seperti web developer, SEO Specialist, pengembang aplikasi.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Itulah rekomendasi jurusan untuk wanita yang memiliki prospek kerja sangat baik. Ada jurusan tata busana, manajemen, psikologi, teknik sipil, matematika, keseahatan dan teknik informatika. Ulasan tadi dapat kamu jadikan referensi untuk memilih jurusan dan memilih profesi yang akan kamu lakukan saat lulus nanti. 

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill