Penulis Komunitas Sebuah komunitas menulis yang berada di bawah naungan liniMuda, mencakup MySkill dan SimulasiKu. Wadah untuk menuangkan karya para member komunitas yang menyukai dunia menulis artikel.

8 Situs untuk Permudah Mengerjakan Tugas Kuliah, Sudah Coba?

2 min read

Situ kerjakan tugas kuliah

Tugas menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan nilai akhir dari suatu mata kuliah. Dosen memberikan tugas dengan tujuan untuk mengetahui sudah sejauh mana pemahaman tentang materi yang sudah dijelaskan. Tugas dalam perkuliahan masih sama dengan tugas-tugas pada masa sekolah sebelumnya, yaitu seperti mengerjakan soal dan latihan, membuat contoh kasus, dan juga merangkum kembali isi materi dengan bahasa sendiri.

Karena kecanggihan dari teknologi dan informasi, sekarang tersedia banyak situs yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah mengerjakan tugas kuliah. Yuk, langsung lihat, delapan situs bermanfaat yang ada di artikel ini!

1. Free PowerPoint Templates Design

mengerjakan tugas kuliah
Template PPT dengan banyak tema yang dapat diunduh

Sudah pernah coba berbagai fitur ini, belum? Free power point template design bisa kamu gunakan untuk membuat template power point. Di dalamnya, banyak tema yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Template power point ini bisa kamu unduh secara gratis dan dapat diedit kembali tiap-tiap slide-nya. 

2. Canva

Template PPT yang dapat didesain sendiri 

Canva merupakan salah satu situs desain yang populer. Website ini menyediakan banyak sekali fitur untuk mendesain, salah satunya adalah dapat membuat template power point menggunakan desain sendiri dengan elemen-elemen yang tersedia. Apabila tidak ingin mendesain template sendiri, tak perlu khawatir, karena Canva juga menyediakan template power point siap pakai.

3. Google Scholar

google scholar
Kumpulan Jurnal ilmiah yang lengkap di Google Scholar

Sering menulis paper? Pasti kamu nggak asing dengan google scholar, itu lo, website yang berfungsi untuk mencari referensi tugas kuliah dengan sumber jurnal ilmiah terpercaya. Kumpulan jurnal berbahasa Indonesia maupun Jurnal Internasional dapat kamu temukan dan unduh secara gratis di website ini. Cukup dengan mengetik kata kunci pada kolom search, maka akan muncul pilihan jurnal ilmiah yang sesuai.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pembuat Mind Mapping Gratis untuk Tugas Kuliah

4. Google Docs: Free Online Document Editor

Mengetik dan mengedit tulisan secara bersamaan dengan orang lain

Fitur yang menjadi bagian dari google drive ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan microsoft word, hanya saja ada tambahan fitur lain yang sangat berguna dalam mengerjakan tulisan, seperti voice typing. Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk mengetik cukup dengan dengan suara saja. Selain itu, ada juga fitur autocorrect untuk mengatasi typo.

Fitur paling bermanfaat di google docs ini adalah fitur berbagi link, sehingga siapa saja yang memiliki link dokumen ini dapat menambah, mengurangi, bahkan mengetik secara bersamaan dengan waktu yang sama.

5. Google Forms: Sign-in

Website untuk membuat data survey kuisioner

Kalau kamu rajin mengadakan survey angket secara online, maka kamu bisa manfaatkan tools ini secara gratis. Yup, apalagi kalau bukan Google Form. Melalui form ini, seseorang dapat mengisi kuesioner untuk memenuhi kebutuhan informasi sebagai responden. Pertanyaan dalam kuesioner dapat berupa pertanyaan pilihan dengan opsi  juga pertanyaan yang dapat diketik langsung oleh responden. 

6. Plagiarism Checker

tools untuk cek plagiarisme
Cek tingkat kemiripan tulisan dengan orang lain

Ingin mengecek tingkat persentase kemiripan tulisamu dengan tulisan orang lain untuk menghindari plagiarism? Situ plagiarism checker adalah jawabannya! Tingkat kemiripan tulisan dapat dilihat dengan persentase angka. Kamu juga dapat mengetahui kalimat mana saja yang mirip dengan tulisan orang lain. Keren banget, kan?

7. Resoomer

Resoomer untuk mengerjakan tugas kuliah
Buat ringkasan tulisan dengan cepat dan mudah

Situs yang satu ini bisa bantu kamu untuk meringkas tulisan dan menentukan suatu ide pokok atau inti dari suatu tulisan. Kamu juga bisa memanfaatkan resoome guna membuat kesimpulan secara cepat. Caranya, cukup dengan mengetik atau menyalin tulisan yang akan kamu ringkars, dan hasilnya langsung terlihat pada kolom bagian kanan.

8. iLovePDF

ilovepdf untuk mengerjakan tugas kuliah
Website convert dan edit segala jenis file

Situs ini sangat membantu para mahasiswa dalam mengubah jenis file tugas dengan format yang berbeda, mungkin kita sering mendengarnya dengan convert file. Selain itu, iLovePdf juga menyediakan fitur untuk menggabungkan dua jenis file yang sama menjadi satu dan memisahkan file tertentu menjadi dua.

Itulah delapan situs untuk permudah kamu dalam mengerjakan tugas kuliah. Tetap semangat dalam mengerjakan tugasnya ya, dan jangan lupa untuk tinggalin komentar di bawah!

Penulis: Sandra Dwi Kartika

Editor: Intan Aulia Husnunnisa

Penulis Komunitas Sebuah komunitas menulis yang berada di bawah naungan liniMuda, mencakup MySkill dan SimulasiKu. Wadah untuk menuangkan karya para member komunitas yang menyukai dunia menulis artikel.