Muhamad Farel Lufiara Muhamad Farel Lufiara, 21. Penggemar pop-culture dan game. Penggiat sejarah teknologi dan politik. Hobi membaca komik dan menonton film. Saat ini aktif menulis di blog pribadi dan menjadi anggota badan legislatif kampus.

Elemen Penting dalam Strategi Kampanye yang Perlu Kamu Ketahui!

1 min read

Untuk dapat menjual produk dalam jumlah besar, kamu memerlukan marketing yang baik. Karena itu, kampanye sangat kamu perlukan supaya yang mengenali produkmu semakin banyak. Salah satu strategi marketing adalah dengan strategi kampanye.

Strategi ini menyediakan cara-cara yang bisa kamu ikuti. Namun, di samping itu kamu juga harus mempersiapkan rencana yang matang agar strategimu berhasil. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui elemen-elemen esensial dalam kampanye agar target yang ingin kamu capai dapat terpenuhi dengan baik. Berikut ini, mari simak apa saja elemen penting dalam strategi kampanye!

1. Fokus dan Tujuan Kampanye

Kamu harus mengenal fokus dan tunjuan dari kampanye yang ingin kamu lakukan
https://www.pexels.com/photo/person-holding-magnifying-glass-712786/
Kamu harus mengenal fokus dan tunjuan dari kampanye yang ingin kamu lakukan.

Agar strategimu dapat berjalan dengan lancar dan sukses, kamu harus mengenali apa tujuan dan fokus utamamu. Apa yang ingin kamu capai dari adanya strategi ini. Dalam strategi ini, kamu perlu menemukan “masalah” yang kemudian perlu kamu selesaikan. Identifikasikan masalah dan langkah yang perlu kamu lakukan untuk menyelesaikannya. Di sisi lain, kamu juga perlu melihat tujuan akhir dengan mempertanyakan apa yang akan berubah jika kampanyenya berhasil.

2. Visi Kampanye

Anggap visi sebagai tiang awal pendirian kampanyemu.
https://www.pexels.com/photo/black-binocular-on-round-device-63901/
Anggap visi sebagai tiang awal pendirian kampanyemu.

Selanjutnya, kamu perlu mempertimbangkan situasi apa yang ingin kamu dapat jika strategi ini berhasil. Artinya, kamu perlu menentukan visi dari kampanye yang kamu lakukan.

3. Subjek Kampanye

Perhatikan siapa yang akan terpengaruh dan mempengaruhi oleh jalannya kampanyemu.
https://www.pexels.com/photo/people-looking-at-smartphones-7770566/
Perhatikan siapa yang akan terpengaruh dan mempengaruhi oleh jalannya kampanyemu.

Elemen selanjutnya, yaitu kamu perlu menentukan konstituen yang berperan dalam kampanyemu. Konstituen di sini berkaitan dengan komunitas yang bisa membantumu dalam memperluas pengaruh strateginyang kamu jalankan. Di samping itu, kamu juga memerlukan target. Artinya kamu perlu menentukan subjek utama atau sasaran utama.

4. Taktik Kampanye

Persiapkan taktik kampanye dengan sebaik mungkin.
https://www.pexels.com/photo/woman-playing-chess-2283803/
Persiapkan taktik kampanye dengan sebaik mungkin.

Taktik adalah cara-cara yang kamu gunakan untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini, kamu perlu mengatur taktiknya secara logis dan strategis. Misalnya, buatlah beberapa daftar taktik yang ingin kamu gunakan untuk mencapai tujuan kampanye secara detail.

Selanjutnya, bandingkan dan tentukan taktik mana yang akan memberikan dampak terbesar dan sebanding dengan tenaga dan sumber daya yang kamu berikan.

Baca juga: Mengenal Kampanye Media, Ketahui 6 Strategi Komunikasi dalam Berkampanye!

5. Indikator Sukses Kampanye

Siapkan indicator kesuksesan dalam kampanye yang akan kamu jalankan.
https://www.pexels.com/photo/digital-gauge-meter-reading-7-43-368685/
Siapkan indicator kesuksesan dalam kampanye yang akan kamu jalankan.

Hal yang terakhir, kamu perlu menentukan indikator kesuksesan dari strategi kampanye yang kamu jalankan. Karena ini akan membantumu mengetahui kapan telah mencapai target dan seberapa sukses target itu tercapai. Buatlah indikator dengan sudut pandang dari berbagai hal. Misalnya, seperti apa output strategi kampanye yang kamu rumuskan dan apa dampaknya.

Tambahan lagi, kamu juga dapat belajar lebih dalam tentang strategi kampanye di MySkill.id. Bersama MySkill kamu akan belajar tentang bagaimana Menyusun 10 Kampanye dan Media. MySkill tunggu di kelas, ya! Jangan lupa untuk mengimplementasikan elemen-elemen penting dari strategi kampanye yang sudah kamu pelajari!

Baca juga: 5 Strategi Branding Produk agar Bisnis Dikenal Luas!

Editor: Resti Hanafiani

Muhamad Farel Lufiara Muhamad Farel Lufiara, 21. Penggemar pop-culture dan game. Penggiat sejarah teknologi dan politik. Hobi membaca komik dan menonton film. Saat ini aktif menulis di blog pribadi dan menjadi anggota badan legislatif kampus.