Tips Hadapi TOEFL dan IELTS Agar Skor Memuaskan!

Tes TOEFL dan IELTS adalah salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa pasca sarjana. Hal ini karena bahasa Inggris telah ditetapkan menjadi bahasa internasional dan menjadi penting jika kamu ingin kuliah di luar negeri guna mempermudah proses belajar mengajar dan komunikasi.

Mendapatkan skor TOEFL dan IELTS yang memuaskan memang agak tricky, bahkan ada yang sampai mengulang tes beberapa kali. Namun, ini bukan tandanya bahwa kamu tidak mampu ya. Berikut ini akan MySkill.id beritahu beberapa tips untuk mendapatkan nilai melewati standar. Check it out!

1. Latihan Soal TOEFL dan IELTS

toefl dan ielts
Perbanyak latihan soal

Jika telah mengetahui tentang seluk-beluk tes TOEFL dan IELTS, maka selanjutnya adalah latihan soal. Ada pepatah yang mengatakan bahwa kita bisa karena terbiasa. Sehingga dengan terus berlatih, pengerjaan soal dapat terasa lebih mudah. 

Reading: Pada bagian ini, kamu harus membaca teks dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Tipsnya adalah jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk membaca ulang teks, tapi fokuslah pada pertanyaan biar tahu informasi apa yang kamu butuhkan. Jangan cemas ketika ada kata yang tidak kamu mengerti, cobalah menebak arti kata tersebut dari kata-kata sekitarnya. Lalu, jika memang belum mendapatkan jawabannya, lanjut saja ke soal berikutnya. Hal ini agar waktumu tidak habis hanya untuk menjawab pertanyaan tertentu saja.

Writing: Biasanya kamu akan diminta untuk menulis esai. Tipsnya adalah pastikan struktur esai baik, ada introduction, body, dan conclusion. Pastikan pula kamu memiliki perbendaharaan kata (vocabulary) yang baik.

Listening: Ini part yang biasanya bikin deg-degan, takut nggak kedengeran atau bahkan tidak mengerti apa yang speaker bicarakan karena ngomongnya cepat atau berdialek. Tipsnya adalah fokus mendengarkan dan berlatih lebih banyak. 

Speaking: Jawablah pertanyaan secara menarik dengan cara mengembangkannya. Hindari menjawab singkat hanya satu kalimat saja. Tips lainnya adalah jangan lupakan grammar, karena hal ini berperan penting dalam ujian speaking.

2. Memahami Format TOEFL dan IELTS

mengerjakan soal
Pahami format TOEFL dan IELTS

Pahami jenis format ujian TOEFL atau IELTS. Pemahamannya bisa kamu dapatkan ketika terbiasa mengerjakan soal. Hal ini terkait bentuk soal seperti apa yang akan disajikan, apa tips dan trik yang harus kamu terapkan ketika menghadapi masing-masing bagian tes, ketentuan apa yang harus terpenuhi untuk mengerjakan suatu soal, dan sebagainya.

3. Tetapkan Target Skor TOEFL dan IELTS

goal
Set your target

Pertama-tama ketahuilah berapa skor minimal yang harus kamu dapatkan guna mencapai tujuanmu. Misalnya untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri, nilai TOEFL minimum adalah 550 untuk paper based atau skor IELTS 6,0. Lalu, ketahuilah berada pada level berapa kamu sekarang. Kemudian setelah belajar dan berlatih, tetapkanlah target yang ingin kamu capai, misalkan nilai TOEFL yang harus kamu peroleh adalah 570.

4. Kumpulkan Materi dan Atur Waktu Belajar

belajar materi toefl dan ielts
Persiapkan diri mulai dari materi, jadwal, ikut kursus, atau ajak teman

Setelah punya target, langkah selanjutnya adalah kumpulkan materi untuk belajar. Perbanyak referensi bacaan, kamu juga bisa meminta materi kepada kerabat yang sudah pernah melakukannya. Berlatih soal-soal dari internet juga bisa banget.

Target dan materi sudah ada, selanjutnya adalah atur waktu belajar. Misalkan hari Selasa kamu ingin fokus berlatih listening, Kamis untuk reading, dan Sabtu untuk writing. Dari jadwal ini, proses belajarmu akan lebih terstruktur dan terarah. Jangan mager bikin jadwal, lho.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa mengikuti kursus atau kelas tambahan. Ada banyak lembaga atau platform e-learning yang menyediakan pelatihan tes TOEFL dan IELTS. Kamu juga bisa ajak teman atau membuat kelompok belajar biar kalau ada yang bingung bisa langsung diskusi.

5. Nonton Film, Dengar Lagu, atau Baca Buku Teks Bahasa Inggris

menonton film berbahasa inggris
Nonton film, dengerin lagu, baca novel bisa mengasah kemampuan bahasa inggris kamu

Biar nggak bosan mengerjakan soal terus-terusan, alternatif lain untuk belajar memperdalam bahasa inggris adalah dengan menonton film. Dari film, kamu bisa berlatih untuk mendengarkan karena isinya adalah percakapan. Cobalah untuk tidak menghidupkan subtitle karena nanti pasti lebih fokusnya ke terjemahan bukan listening-nya.

Selain film, bisa juga mendengarkan lagu. Mirip-mirip sih dengan film, intinya itu mendengarkan. Kalau ingin meningkatkan kemampuan membaca, maka bacalah buku teks atau novel berbahasa inggris. Dari sini, kamu bisa meningkatkan perbendaharaan kosakata (vocabulary). 

Itu dia beberapa tips menghadapi TOEFL dan IELTS ala MySkill.id. Banyak berlatih akan membuat kamu terbiasa mengerjakan soal-soal. Tidak apa jika gagal, kita bisa mengulang kembali. Jangan biarkan kegagalan menghentikanmu, bangkitlah lebih kuat. Sekiranya teman-teman punya tips lain untuk menghadapi ujian ini boleh banget drop di kolom komentar ya. Kita belajar sama-sama!

Jika kamu ingin melanjutkan studi pasca sarjana, MySkill.id adalah platform e-learning paling tepat yang harus kamu kunjungi. Kami menyediakan kelas Strategi Mendapat Beasiswa Pasca Sarjana yang akan membahas seputar pengenalan beasiswa dunia, pilihan kampus, dokumen yang diperlukan, dan tips singkat menghadapi IELTS. Bakalan menambah informasi banget nggak sih? Buruan gabung yuk!

Editor: Valentina Yasyfa