Tips Jitu Agar Portofolio Kerja Outstanding

Portofolio kerja merupakan kumpulan lampiran yang terlampir ketika kamu melamar sebuah pekerjaan. Entah mendaftar sebagai calon karyawan pada instansi swasta ataupun pemerintahan. Adapun tujuan portofolio ini untuk memberikan suatu pertimbangan bagi perusahaan tersebut dalam menilai diri kamu dari segi skill dan kapasitas yang kamu miliki.

Bagi beberapa profesi, memiliki portofolio dan menyertakannya ke dalam surat lamaran kerja merupakan hal yang penting sebagai bukti hasil kerja. Tapi sayangnya, tak sedikit pula yang masih merasa kesulitan dan tidak tahu cara membuat portofolio yang tepat agar outstanding.

Supaya tidak salah langkah, yuk Sobat Myskill.id, simak ulasan tips jitu berikut ini agar portofolio kerja kamu outstanding!

1. Pilah Portofolio Kerja yang Sesuai

Portofolio Kerja Outstanding
Memilah portofolio

Langkah awal yang bisa kamu lakukan yaitu memilah isi portofolio yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Meski semua pekerjaanmu dilakukan dengan tidak sembarangan serta usaha yang maksimal. Namun jangan memilih semuanya sebagai portofolio.

Sebaiknya, pilihlah hanya hasil-hasil terbaik yang memang memuaskan bagimu. Jangan sampai memasukkan hasil yang menurutmu tidak terlalu bagus. Sesuaikan juga portofolio yang cocok dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Jika kesulitan dalam memilihnya, cobalah untuk mengingat mana hasil kerjamu yang mendapatkan banyak pujian. Dengan menyajikan hasil terbaik, pastinya dapat membuat kemampuan dan keterampilan terlihat semakin menonjol, bukan?

Baca Juga: 6 Poin Paling Jitu yang Oke Banget untuk Membuat CV Terlihat Menarik

2. Kumpulankan Ulasan Baik Portofolio Kerja Kamu

Menyertakan ulasan atau testimoni terhadap sebuah karya

Dalam menyelesaikan pekerjaan, tak jarang akan mendapatkan ulasan atau testimonial mengenai hasil pekerjaanmu. Meski kadang klien lupa memberikannya, kamu dapat meminta secara sopan agar menambah nilai plus dan menumbuhkan tingkat percaya orang lain terhadap kemampuanmu.

Bahkan, meskipun kamu baru saja memiliki beberapa klien dan ulasan, hal ini tetap dapat membantu meningkatkan narasi kredibilitas untuk calon klien ataupun perusahaan yang akan menggunakan jasamu.

3. Buatlah Portofolio Menjadi Lebih Sederhana

Membuat portofolio secara sederhana

Berikutnya saat membuat portofolio kamu harus memastikan telah membuatnya sederhana. Apalagi dalam menunjukkannya secara daring, sebaiknya kamu membuat portofolio yang gampang ditemukan dengan menaruhnya dalam satu halaman yang sama.

Kamu juga dapat membuat satu halaman web dengan judul “Portofolio” atau “Work Sample” sebagai sarana menunjukkan hasil kerjamu. Halaman ini harus berisi seluruh portofolio yang kamu miliki tanpa perlu berpindah-pindah ke halaman lain. Ini berguna agar orang lain dapat dengan mudah mengakses jejak hasil kerjamu.

4. Hindari Memasukkan Portofolio Usang

Portofolio Kerja Outstanding
Memperbaharui isi portofolio

Hindari memasukkan portofolio kamu yang sudah usang atau lama. Portofolio usang berarti hasil pekerjaanmu yang sudah terlalu lama atau sudah berumur lebih dari tiga tahun.

Biasanya, portofolio tersebut sudah tidak relevan lagi dengan kemampuanmu saat ini dan juga sudah tidak relevan dengan keadaan tren, teknik, dan teknologi yang sedang berjalan di masa kini. Jadi pastikan hanya memasukkan portofolio terbarumu yah.

5. Deskripsikan Diri dan Hasil Kerja

Portofolio Kerja Outstanding
Memberikan keteragan terhadap karya di dalam portofolio

Memang, portofolio yang sudah kamu kerjakan merupakan aspek penting yang dijadikan orang lain dalam menilai bagaimana hasil pekerjaanmu. Namun, terkadang orang yang ingin merekrutmu juga ingin mengetahui siapa dibalik pekerjaan tersebut. Jadi, kamu bisa mendeskripsikan diri sendiri dan juga hasil kerjamu dalam portofolio yang kamu buat.

Nah, itu tadi ulasan seputar tips jitu agar portofolio kerja kamu outstanding. Portofolio memang cara untuk menunjukkan kemampuanmu pada suatu bidang. Namun bagaimana caramu menceritakannya dan membangun branding produk akan menambah nilai bagus dalam membuat calon klien atau pewawancara untuk memutuskan apakah akan bekerja denganmu. Siapkan portofolio terbaikmu yah.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika kamu memiliki tips lainnya jangan malu untuk memberikan komentarmu di bawah ini.

Good luck!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor: Silvilla Sani