5 Tips Membuat CV ATS Friendly untuk Fresh Graduate

Apakah kamu pernah mendengar jenis CV ATS Friendly? Atau kamu belum familiar sama sekali dengan ATS? Jadi, ATS atau Applicant Tracking Systems merupakan jenis perangkat lunak yang digunakan oleh banyak perusahaan. Perangkat tersebut berguna untuk menentukan apakah pelamar sudah memenuhi syarat untuk lowongan pekerjaan.

Software ATS secara otomatis akan memproses setiap CV. Kemudian, mendiskualifikasi CV yang tidak memenuhi persyaratan yang sesuai dengan perusahaan. Persyaratan tersebut biasanya mencakup hal-hal seperti keterampilan dalam pekerjaan, sertifikasi, dan pengalaman kerja.

Peluang untuk lolos di tahap administrasi akan lebih besar jika yang kamu miliki adalah CV ATS Friendly, khususnya untuk para fresh graduate. Berikut ini MySkill.id sudah merangkum enam langkah untuk membuat CV yang lebih ramah ATS. Yuk, simak!

1. Gunakan Heading yang Standar agar CV ATS Friendly

5 Tips Membuat CV ATS Friendly untuk Fresh Graduate
Dengan memakai heading standar akan mempermudah proses screening CV milikmu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan, yaitu gunakan heading yang standar untuk tiap judul. Pasalnya, ATS ini membaca tiap kualifikasi berdasarkan judul tiap heading, seperti “Pengalaman Kerja”, “Pengalaman Organisasi”, “Keterampilan”, dan “Pendidikan”. Jadi, pastikan kamu sudah melakukannya, ya!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

2. Gunakan Keywords Untuk Tiap Bagian Pengalaman

5 Tips Membuat CV ATS Friendly untuk Fresh Graduate
Berikan keywords agar lebih ramah ATS

Umumnya, tiap ATS akan menentukan apakah kualifikasi yang kamu miliki sudah relevan dengan posisi yang dilamar atau belum. Untuk menentukannya, ATS akan membaca tiap kata kunci atau keywords terkait pengalaman tersebut, baik pengalaman kerja maupun pengalaman organisasi. Jadi, jangan lupa untuk pakai keywords, ya!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Desain Jangan Terlalu Mencolok

5 Tips Membuat CV ATS Friendly untuk Fresh Graduate
Tampilkan CV dengan warna dan desain yang tidak mencolok, ya!

Salah satu penyebab CV kamu ditolak sistem ATS adalah desain yang mencolok. Sistem ATS akan menolak isi CV jika ada gambar, tabel, grafik, simbol, emoji, dan hal lainnya yang tidak umum. Mengapa demikian, ya? Penyebabnya ialah ATS menggunakan algoritma yang tidak bisa membaca hal tersebut, lho. Jadi, sebaiknya kamu hindari, ya!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

4. Gunakan Font Yang Standar

5 Tips Membuat CV ATS Friendly untuk Fresh Graduate
Pakailah font yang sesuai standar

Umumnya, software ATS tidak bisa melakukan screening jika font yang digunakan tidak standar. Font CV terbaik agar ramah ATS adalah umum yang sering digunakan dan mudah dibaca. Kamu dapat menggunakan jenis-jenis font terbaik untuk membuat CV agar dapat lolos dari software ATS, ya!

5. Pastikan Tidak Ada Typo dalam CV ATS Friendly Milikmu

5 Tips Membuat CV ATS Friendly untuk Fresh Graduate
Cek terlebih dahulu isi CV untuk menghindari typo

Last but not least, hal yang harus kamu perhatikan, yaitu typo. Pastikan CV-mu tidak memiliki typo, ya. Dengan adanya typo, meskipun itu hanya sedikit saja, hal tersebut dapat tidak terbaca oleh ATS. Jadi, kamu harus cek secara berkala, apakah ada kesalahan dalam penulisan atau tidak, ya.

Nah, itu dia lima tips untuk membuat CV ATS friendly. Pastikan, CV yang kamu miliki sudah ramah ATS, ya! Agar peluang diterima lebih besar. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera buat CV yang ramah ATS!

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Disini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill