6 Cara Mengatasi Gugup Saat Interview Kerja, Perlu Kamu Coba!

Perasaan grogi dan nervous memang sering kali tak bisa kita hindari saat wawancara, apalagi melamar kerja untuk pertama kali. Ketakutan tidak bisa menjawab pertanyaan dan bayangan kegagalan membuat pikiran menjadi sulit untuk fokus. Untuk itu, kali ini MySkill membawakan 6 cara mengatasi gugup saat interview kerja. Yuk, simak sampai akhir!

1. Kenali Calon Perusahaan dan Pekerjaanmu

Cara Mengatasi Gugup Saat Interview
Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang kamu lamar

Tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu, hal paling mendasar yang harus kamu lakukan sebelum wawancara kerja adalah mencari tahu secara mendalam mengenai perusahaan dan pekerjaan yang kamu lamar. Pasalnya, pengetahuan dan informasi dapat menjadi senjata utama untuk meraih kesuksesan. 

Gunakan rasa ingin tahumu dan manfaatkan media sosial yang ada untuk menyelidiki bagaimana perusahaan tersebut beroperasi, sistem pekerjaannya, visi dan misi, produk yang dimiliki, maupun budaya kerja di sana. Data dan informasi ini dapat kamu gunakan sebagai pelengkap percakapanmu dalam interview

Bila kamu menguasainya, kata-katamu akan mengalir secara natural ketika pertanyaan ini muncul sehingga HRD atau user akan lebih antusias untuk mendengarkan penjelasanmu.

Baca juga: 6 Pertanyaan Interview Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui!

2. Buat Daftar Pertanyaan yang Mungkin Ditanyakan

mengumpulkan pertanyaan
Kumpulkan pertanyaan yang mungkin muncul

Cara mengatasi gugup saat interview yang kedua adalah membuat list perkiraan pertanyaan yang mungkin akan muncul. Kamu bisa mencari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ketika wawancara atau bertanya kepada kenalanmu yang lebih berpengalaman.

Selain itu, coba juga untuk mencari pertanyaan jebakan agar nantinya kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan baik. Dengan melakukan hal ini, saat interview nanti kamu pastinya akan lebih siap dan dapat memberikan kesan baik kepada pewawancara.

3. Berlatih di Depan Cermin

berlatih di depan cermin
Latihan di depan cermin dapat meningkatkan kepercayaan dirimu

Setelah membuat daftar pertanyaan dan jawabannya, kamu bisa mencoba untuk berlatih di depan cermin dan menganggap bayanganmu sebagai pewawancara. Tatap matanya saat berbicara untuk memberi impresi yang lebih baik saat wawancara nanti.

Berlatih di depan cermin juga membantumu untuk mengontrol dan menilai apakah ekspresimu sudah cukup baik di mata pewawancara. Perlu kamu ingat, hindari menghafal jawaban yang sudah kamu siapkan karena hal itu hanya akan membuatmu terlihat tidak natural saat menjawab. Sebaliknya, bagilah informasi ke dalam beberapa poin penting dan jelaskan dengan bahasamu sendiri.

Baca juga: 5 Cara Mendapat Promosi Jabatan bagi Karyawan, Sudah Tahu?

4. Berpikir Positif dan Hindari Kata-Kata Negatif

dukungan orang terdekat
Dukungan dari orang terdekat dapat menjadi motivasi

Cara mengatasi gugup saat interview yang selanjutnya adalah tetap berpikir positif dan tenang. Jangan sampai kamu memikirkan hal tidak penting, yang mana hanya akan membuatmu semakin grogi. 

Selain itu, kamu juga bisa berbicara dengan orang terdekat untuk mendapatkan dukungan lebih. Sebisa mungkin, hindari obrolan bernada negatif, seperti kecemasan atau ketakutan bila tidak lulus karena hal itu hanya akan memberi sugesti kepada dirimu untuk gugup.

5. Datang Lebih Awal dan Berpakaian Rapi

datang lebih awal
Datang 30 menit lebih awal dengan pakaian rapi

Hadir ke tempat wawancara lebih awal juga akan mengurangi rasa gugupmu, ketimbang merasa terburu-buru karena khawatir akan telat. Di samping itu, perusahaan akan lebih menghargai perilakumu dan bukan tidak mungkin kamu akan mendapat satu poin plus.

Jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sopan saat hari pelaksanaan interview karena pewawancara bisa menarik first impression berdasarkan hal sederhana, seperti bagaimana cara kamu berpakaian. 

Baca juga: 5 Cara Bekerja di Perusahaan Multinasional dan Tips Suksesnya

6. Berdoa

berdoa
Berdoa dapat membuatmu lebih tenang

Cara mengatasi gugup saat interview yang terakhir dan tak kalah penting adalah berdoa. Dengan berserah kepada Tuhan, kamu bisa lebih rileks dan tenang dalam menjawab setiap pertanyaan yang HRD atau user tanyakan nantinya. Hal ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan yakin bahwa kamu akan melakukan wawancara dengan lancar.

Itu tadi 6 cara mengatasi gugup saat interview kerja yang dapat kamu terapkan pada wawancaramu berikutnya. Agar persiapanmu semakin matang, yuk, ikuti kelas Sukses Menghadapi Wawancara Kerja bersama MySkill.id!

Editor: Arin Khurota