Melamar pekerjaan bukan lagi menjadi hal yang sulit danmenakutkan. Jika dulu akses lowongan pekerjaan hanya melalui media-media tertentu seperti koran, saat ini melamar pekerjaan bisa kamu lakukankapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan akses internet, baik melalui website perusahaan maupun platform recruitment. Pelamar tak perlu lagi membuat banyak CV untuk apply ke perusahaan, karena hanya dengan satu kali pengisian data diri akan otomatis tersimpan dan langsung dapat memilih berbagai lowongan pekerjaan yang ada. Berbeda halnya dengan platform recruitment, beberapa perusahaan masih melakukan recruitment direct, yaitu rekrutmen langsung oleh perusahaan tersebut dengan login di website mereka atau mengirimkan lamaran melalui email. Oleh sebab itu, penting bagi sobat MySkill untuk mengetahui etika dalam mengirim lamaran pekerjaan melalui email, karena sebagian perusahaan masih menggunakan cara ini agar lebih personal. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan, di antaranya adalah:
1. Menggunakan Alamat Email Yang Formal
Penggunaan alamat email adalah bentuk representasi seorang pelamar. Penting bagi pelamar memiliki alamat email formal untuk meyakinkan recruiter bahwa pelamar benar-benar professional. Berikut contoh format alamat email yang tepat adalah:
Hindari penggunaan angka yang berlebihan seperti mengganti huruf dengan simbol angka di tengah kata (contoh: k4ta).
Baca Juga: Bingung Siapkan Karir? Simak MySkill.id Yuk!
2. Mengisi Subject Email
Subject email merupakan langkah awal bagi recruiter untuk mengidentifkasi dan filtrasi pemahaman dan keseriusan pelamar dalam mengirim lamaran pekerjaan. Penting bagi pelamar untuk membuat subject email yang relevan dengan posisi yang akan dituju. Berikut contoh penulisan subject yang baik adalah:
- Posisi – Nama Pelamar
Namun tidak semua perusahaan bisa menggunakan subject tersebut, karena beberapa perusahaan menentukan format subject email yang berbeda. Jika demikian, maka penting bagi pelamar untuk mengikuti ketentuan format agar email menjadi perhatian recruiter. Ingat ya! Subject wajib diisi untuk memudahkan recruiter memahami isi dan tujuan pesanmu.
3. Melengkapi Body Email

Sama halnya seperti amplop dan isi surat, begitu juga subject dan body email. Keduanya saling berkaitan untuk menyampaikan sebuah pesan. Dalam melamar pekerjaan, body email dapat kamu isi dengan cover letter di mana berisi paragraf pembuka, isi, penutup, dan signature yang berisikan informasi nama, alamat, dan kontak agar memudahkan recruiter untuk menghubungi pelamar. Isi pesan dalam body email harus menggunakan bahasa baku yang baik dan benar.
4. Perhatikan Lampiran File

Pada informasi lowongan pekerjaan, umumnya recruiter akan meminta pelamar untuk melampirkan cover letter dan CV dalam proses seleksi awal, tetapi pelamar bisa menyesuaikan kebijakan masing-masing perusahaan. Format file dengan penamaan file yang sesuai dan menggunakan ekstensi .pdf akan lebih baik. Tujuannya agar pelamar terkesan lebih professional. Berikut contoh penamaan file yang tepat:
- CV – Nama Pelamar
- Cover Letter – Nama Pelamar
Dalam mengirimkan lampiran file, sebaiknya file tidak dalam bentuk .rar melainkan berupa file satuan agar memudahkan recruiter mengakses file tersebut. File juga harslah tidak lebih dari size maksimal ketentuan dari gmail. Hal ini bertujuan agar recruiter dapat segera memproses aplikasi lamaranmu.
5. Waktu Pengiriman Email
Penting bagi kamu yang ingin mengirim email lamaran pekerjaan untuk memperhatikan waktu pengiriman agar sesuai dengan jam kerja, yaitu pukul 08:00 – 17:00. Waktu optimal untuk mengirimkan lamaran kerja adalah pukul 10:00 – 11:00 dan 14:00 – 15:00, karena pada waktu tersebut masih dalam jam operasional perusahaan. Namun, bagi kamu yang pada waktu tersebut memiliki kegiatan lain, maka dapat mempersiapkan email kapan saja dengan melakukan pengaturan jadwal pengiriman otomatis agar pesan bisa terkirim di jam tersebut.
Nah, inilah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh sobat MySkill mengenai etika dalam mengirim lamaran pekerjaan agar lamaran sobat segera mendapat banyak panggilan dari perusahaan. Untuk upgrade CV dan menunjang portofolio, sobat bisa mengikuti berbagai pelatihan yang tersedia di MySkill agar aplikasi lamaran pekerjaanmu lebih maksimal.
Baca Juga: 5 Tips Agar Motivation Letter Kamu Auto Disukai Rekruiter!
Penulis: Utami Nur Hidayati