Interview HRD dan User: Job Seeker Wajib Tahu Perbedaannya!

Job seeker perlu tahu banget nih, ada istilah yang namanya interview HRD dan user. Apakah interview ini berbeda? Jawabannya adalah iya, meskipun sama-sama wawancara, tapi konteks pertanyaannya berbeda.

Penasaran nggak sih apa saja perbedaannya? Mana yang terlebih dahulu dilakukan? Siapa user itu? Sudah semakin kepo belum? Kalau iya, yuk langsung saja kita bahas dalam artikel MySkill.id kali ini!

1. Interview HRD

interview hrd
It’s more about your personality

Wawancara HRD umumnya terkait perkenalan diri yang bertujuan untuk mengetahui kepribadian job seeker. Selain pengenalan diri, biasanya yang HR tanyakan adalah seputar isi CV kamu, kelebihan dan kekurangan, pengalaman bekerja sebelumnya, rencana pelamar dalam beberapa tahun ke depan, atau wawasan seputar perusahaan tersebut. 

Meskipun telah lolos hingga interview HRD, bukan berarti kamu sudah pasti diterima. Tips yang bisa MySkill.id berikan adalah pelajari seputar perusahaan yang kamu lamar karena akan ada pertanyaan-pertanyaan menjebak yang recruiter ajukan. Contohnya seperti “Apa alasan Anda memilih perusahaan kami?” atau “Berapa gaji yang Anda inginkan?”

Jika sudah masuk ke tahap ini, tandanya kamu sudah lolos tahap seleksi berkas atau administrasi. Beberapa perusahaan bahkan juga mengadakan psikotes atau tes keahlian. Jawablah pertanyaan berdasarkan pengetahuan yang kamu punya. Jika sekiranya kamu tidak dapat menjawab, katakan bahwa kamu memang tidak mengetahuinya. Lalu ucapkan terima kasih apabila recruiter mengoreksi jawabanmu.

Perhatikan attitude dan bahasa tubuh. Tunjukkan bahwa kamu percaya diri. Tidak lupa juga gunakan outfit yang proper. Pakaian rapi akan memberikan impression yang baik bagi HR. Datanglah lebih awal jika recruiter menghendaki untuk melakukan wawancara secara langsung, jangan lupa juga untuk membawa berkas-berkas syarat pendaftaran. 

Baca juga: 8 Bocoran Pertanyaan Interview Ini Bisa Membantu Kamu Berlatih Menghadapi Wawancara Kerja

2. Interview User

interview user
Tunjukkan kemampuan dan percaya dirilah

Setelah menjalani interview HRD, selanjutnya yang pelamar lakukan adalah wawancara user. Umumnya tahapan ini dilakukan beberapa minggu setelahnya, ketika kamu dinyatakan lolos tahap interview HRD. Siapa user itu? User adalah seorang atasan, orang yang pada akhirnya akan menjadi supervisor, leader, manager, assistant manager, atau direksi kamu di kantor. 

Apa saja yang akan user tanyakan? Biasanya pada tahapan ini, user akan menanyakan beberapa hal mengenai teknis terkait skills dan keahlian yang kamu miliki. Melalui tahapan ini, user akan mendapat gambaran apakah kamu adalah seseorang yang perusahaan butuhkan. Selain itu, akan muncul pula pertanyaan yang mengharuskan kamu untuk menganalisis dan berpikir kritis.

User kerap menanyakan mengenai tantangan terbesar apa yang pernah kamu lalui selama bekerja, bagaimana cara kamu mengatasinya, dan hasil apa yang pada akhirnya kamu peroleh. Bagaimana cara menjawab pertanyaan seperti ini? Ingat Metode STAR yang pernah MySkill.id jelaskan ya! Tips lainnya adalah membuat list apa saja pengalaman yang pernah kamu lalui dan kupas secara mendalam tiap detailnya.

Jika pengalamanmu banyak dan tidak terhitung, cukup pilih salah satu yang sekiranya paling baik untuk kamu sampaikan. Tidak perlu berbicara panjang lebar, yang penting sampaikan dengan singkat dan jelas. Tetap percaya diri dan tonjolkan kepribadian kamu, tetapi jangan berlebihan. Sssttt, biasanya kalau kamu sudah masuk ke tahap ini, posisi kamu sudah cukup dipertimbangkan, lho.

Baca juga: Lolos Interview HRD Lanjut Interview User? Simak Tips Berikut

3. Tips menghadapi Interview HRD dan User

interview HRD dan user
Prepare yourself for a better future

Sebentar-sebentar, jangan takut duluan. MySkill.id punya tips ampuh untuk menghadapi wawancara kerja. Persiapkan fisik dan mental menjadi hal yang paling penting nih. Meskipun sudah punya ancang-ancang pertanyaan apa yang mungkin bakal interviewer tanyakan, tetap pastikan dirimu tenang ya! Pahami seputar posisi yang kamu lamar, kulik lebih dalam lagi. 

Kedisiplinan itu perlu, jadi datangnya on time, entah ini interview secara langsung atau secara online. It’s important to have self confidence. Kalau kamu percaya atas diri sendiri, pasti orang lain juga jadi lebih yakin atas kemampuanmu. Kamu juga boleh banget mengajukan pertanyaan saat interview berlangsung, ini tandanya kamu antusias. Last, don’t forget to wear your best proper outfit!

Itu dia perbedaan interview HRD dan user yang perlu job seeker ketahui. Singkatnya, interview HRD membahas kepribadian sementara wawancara user adalah untuk mengetahui kemampuan dan kapasitas terhadap suatu pekerjaan. Persiapkan diri dengan matang demi hasil terbaik. Semangat untuk kamu, aku, dan kita!

Buat fresh graduates atau job seeker, ada info menarik nih. Pasti mau dong CV nya terlihat menarik dan lolos ke tahap selanjutnya? Atau ingin berlatih interview bareng HR berpengalaman? Gabung MySkill.id aja! Gampang banget tinggal buat akun dan pilih kelas yang kamu inginkan. Contoh kelas yang MySkill.id adakan adalah Sukses menghadapi Wawancara Kerja dan Membuat CV yang Impresif. Yuk lah!

Editor: Valentina Yasyfa