3 Strategi Menjawab “Kenapa Perusahaan Harus Menerima Kamu?”

Semua pelamar kerja tentu menunggu-nunggu undangan interview dari perusahaan yang sudah mereka lamar untuk bekerja. Namun sayangnya, banyak juga pelamar kerja yang gagal di tahap ini, hanya karena salah strategi dalam menjawab pertanyaan. Salah satunya saat recruiter meminta kita untuk menjawab pertanyaan, “kenapa perusahaan harus menerima kamu?”.

Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari beberapa pertanyaan yang sekiranya akan keluar saat interview nanti. Cara agar sukses dalam menjawab pertanyaan interview, maka kamu memerlukan yang namanya strategi. Jika strategi sudah kamu bangun, tentunya kamu menjadi lebih siap memahami pertanyaan dan mengatur strategi untuk menjawabnya.

Kunci untuk menjawab pertanyaan interview adalah jelaskan hal yang belum ada di CV-mu. Pertanyaan saat interview memang terlihat sederhana. Namun, sebenarnya jauh lebih kompleks daripada yang dibayangkan oleh pelamar kerja.

Oleh karena itu, MySkill.id sudah merangkum tiga strategi untuk menjawab pertanyaan, “kenapa perusahaan harus menerima kamu?”. Yuk, simak artikel berikut ini agar kamu lebih matang menyiapkan diri sebelum interview.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Jelaskan Kamu Adalah Orang Yang Tepat

Tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk bergabung dengan perusahaan
Tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk bergabung dengan perusahaan

Ketika dihadapkan pertanyaan seperti kenapa pihak perusahaan harus menerima kamu sebagai karyawan, kamu dapat menunjukkan keterampilan dan pengalaman yang sesuai dan cocok dengan pekerjaan tersebut. Tekankan di keterampilan utama, kekuatan, bakat, pengalaman kerja, dan pencapaian profesional yang mendasar untuk menyelesaikan pekerjaan di posisi ini.

Kamu juga dapat menjelaskan kepada pihak perusahaan bahwa kamu adalah orang yang tepat. Dengan cara tunjukkan bahwa kamu memiliki sifat pribadi dan profesional yang sesuai sehingga menjadi poin plus bagi pihak perusahaan.

Kamu juga dapat sampaikan dengan keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki, dapat menjadikan kamu orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut, sehingga dapat memberikan hasil yang bagus dibanding karyawan lainnya.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Berikan Solusi Terbaik agar Perusahaan Menerima Kamu

Memberikan solusi untuk pihak perusahaan dapat menjadi poin plus

Strategi kedua yang bisa kamu terapkan ialah membuat recruiter tertarik dengan cara kamu memberikan solusi pada perusahaan. Cari tahu tujuan mereka sekarang ini, lalu berikan penjelasan bagaimana keterampilan dan pengalaman profesional kamu dapat membantu pihak perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat mencari tahu permasalahan yang sedang mereka hadapi. Contohnya, seperti keadaan sekarang ini, semua perusahaan sedang berjuang melawan pandemi. Kamu dapat memberikan solusi atau ide cemerlang untuk membantu perusahaan tersebut tetap berjalan.

Lalu, jangan lupa untuk sampaikan bagaimana cara kamu dapat meminimalisir dampak buruk yang terjadi di perusahaan, jika mereka mempekerjakanmu. Gunakan permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut untuk membantu kamu dalam menjawab, ya!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Perlihatkan Antusiasme

Tunjukkan bahwa kamu bersemangat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut

Last but not least, kamu perlu menunjukkan antusiasme terhadap pekerjaan yang akan kamu hadapi. Dengan menunjukkan sikap antusiasme ini, kamu akan membuktikan ke mereka bahwa saat bekerja nanti kamu memiliki sikap positif. 

Namun, jangan terlalu berlebihan dalam menunjukkan sikap antusiasme. Kamu harus tetap bersikap profesional dan jujur. Sebab, perusahaan akan lebih menyukai kandidat yang jujur dan bukan orang yang senang berpura-pura. Jadi, be authentic, ya!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Disini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Nining Sakinah