Ingin Lulus Interview? Hindari 5 Kesalahan Ini!

Interview merupakan salah satu momen kegiatan yang penting untuk para pelamar kerja. Terlebih lagi para fresh graduate, pasti akan sangat senang apabila mendapatkan panggilan untuk interview oleh HRD. Dengan percaya diri kalian pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk mampu menjawab pertanyaannya. Akan tetapi, pelamar seringkali menganggap sepele berbagai kesalahan sederhana yang terjadi.

Padahal bisa saja masalah tersebut sangat penting di mata HRD. Tentu kamu tidak ingin gugur karena kesalahan sederhana bukan? Maka dari itu, melalui tulisan ini MySkill.id akan mengajak kamu untuk mengetahui lebih mendalam apa saja kesalahan interview yang sering terjadi :

1.  Saat Interview Jangan Terlambat!

Ingin Lulus Interview? Hindari 5 Kesalahan Ini!
Waktu adalah emas, jangan terlambat

Siapa yang sering meremehkan ketepatan waktu dalam kegiatan? Mulai sekarang perbaiki kebiasaan tersebut ya! Ketepatan waktu merupakan salah satu kesalahan sederhana tetapi sangat penting untuk HRD. Dengan kamu terlambat datang, kamu akan terkesan tidak disiplin dan tidak serius untuk bekerja di perusahaan tersebut. Kamu juga akan mendapat kesan yang buruk bagi HRD.

Kamu tidak ingin bukan mendapat kesan yang buruk. Maka dari itu, apabila kamu telah mendapat undangan untuk melaksanakan interview usahakan jangan sampai terlambat ya!. Kamu harus mampu menunjukan kualitas diri kamu dengan datang tepat waktu.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2.  Persiapan Kurang Matang Membuat Performa Berkurang

Ingin Lulus Interview? Hindari 5 Kesalahan Ini!
Ayo persiapkan dirimu

Kesalahan berikutnya adalah para pelamar kerja tidak melakukan persiapan dengan baik. Mereka sudah merasa percaya diri akan kemampuan yang mereka punya, tetapi hal ini tentu tidak cukup. Terlebih lagi apabila kamu merasa cemas saat interview, tentu hal ini akan mempengaruhi performa mu.

Maka sebelum interview akan lebih baik jika kamu mempersiapkan dirimu dengan baik. Kamu dapat menggali informasi lebih mendalam mengenai posisi dan perusahaan yang kamu lamar. Selain itu, kamu juga dapat berlatih interview dengan mempersiapkan berbagai jawaban yang kemungkinan akan ditanyakan oleh HRD.

Dengan kamu berlatih dan mempersiapkan dengan baik, rasa cemas saat interview akan berkurang dan membuat kamu menjadi lebih percaya diri. Jadi, jangan lupa persiapkan diri ya sobat MySkill.id!

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3.  Kesalahan Dalam Berpenampilan

Ingin Lulus Interview? Hindari 5 Kesalahan Ini!
Berpenampilan yang formal dan baik

Saat melakukan interview kamu jangan lupa untuk memperhatikan penampilanmu. Karena penampilan adalah gambaran kesan pertama diri kamu untuk orang lain. Maka kamu harus menghadirkan kesan yang baik melalui penampilanmu yang baik. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang formal saat interview ya!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4.  Etika Tidak Dijaga Saat Interview Berlangsung

Ingin Lulus Interview? Hindari 5 Kesalahan Ini!
Etika adalah dasar untuk berperilaku baik

Saat melakukan interview tetaplah menjaga etika dan sopan santun. Hal ini merupakan hal yang sederhana tetapi seringkali terlupakan oleh para pelamar kerja. Jangan lupa juga untuk memberikan bahasa tubuh yang baik saat interview. Ciptakan suasana yang baik dan nyaman sehingga membuat suasana interview menjadi mengesankan.

5.  Akhir Sesi Tidak Memberikan Pertanyaan Untuk HRD

Ingin Lulus Interview? Hindari 5 Kesalahan Ini!
Ayo, jangan lupa bertanya

Seringkali di sesi terakhir interview, HRD akan bertanya kepadamu “apakah ada yang ingin kamu tanyakan?”. Pada saat itu, kamu jangan menolak untuk bertanya. Kamu dapat menunjukan keseriusanmu melalui pertanyaan yang akan kamu ajukan untuk HRD. Bangunlah komunikasi yang baik  dengan bertanya mengenai perusahaan tersebut maupun posisi  dan pekerjaan yang kamu lamar.

Sesi interview tentu merupakan kegiatan yang sangat kamu tunggu. Karena itu jangan lupa untuk mempersiapkannya dengan baik. Kita memang harus percaya diri, tetapi kepercayaan diri tanpa persiapan akan membuat dirimu tidak maksimal. Jadi, hindari kesalahan di atas ya dan tetap semangat sobat Myskill.id!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan