Cara Jitu dan Contoh Jawaban Menolak Panggilan Interview

Kamu mungkin pernah menanti-nantikan panggilan interview hingga akhirnya kamu tak lagi membutuhkannya ketika panggilan itu datang karena kamu sudah mendapatkan pekerjaan. Namun kamu tidak boleh mengabaikan panggilan interview begitu saja. Kamu harus memberikan balasan dan menjelaskan alasan penolakan yang kamu lakukan. MySkill telah merangkum cara jitu dan contoh jawaban menolak panggilan interview agar tetap meninggalkan kesan yang profesional.

1. Segera Memberikan Konfirmasi

Segera konfirmasi kesediaan panggilan interview
Segera konfirmasi kesediaan panggilan interview

Jika kamu menerima undangan panggilan interview, kamu harus segera memutuskan untuk memberikan konfirmasinya. Jangan sampai kamu menunda dan menghambat proses perekrutan. Dengan konfirmasi yang jelas, kamu akan membantu recruiter untuk melanjutkan proses rekrutmen dan beralih pada kandidat lainnya. 

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Ucapkan Permintaan Maaf dan Terima Kasih

Meninggalkan kesan baik dengan magical words ‘maaf’ dan ‘terima kasih’
Meninggalkan kesan baik dengan magical words ‘maaf’ dan ‘terima kasih’

Kamu bisa sampaikan permintaan maaf yang tulus. Permintaan maaf akan menimbulkan kesan positif bagi recruiter bahwa kamu memiliki karakter yang baik dan rendah hati. Selain permintaan maaf, kamu juga harus menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi perusahaan yang mempercayakan dirimu untuk mengikuti proses seleksi tersebut.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Berikan Alasan yang Jelas

Sampaikan alasan yang jelas dan sopan
Sampaikan alasan yang jelas dan sopan

Ada berbagai alasan seorang jobseeker menolak panggilan interview, salah satunya adalah ketika kamu sudah mendapatkan pekerjaan. Jika demikian, kamu bisa jelaskan kepada recruiter alasan kamu menolak panggilan interview tersebut dengan baik dan sopan.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

4. Menjalin Hubungan Baik dengan Perusahaan

Tetap menjalin hubungan baik dengan perusahaan
Tetap menjalin hubungan baik dengan perusahaan

Ketika kamu menolak panggilan interview dengan baik dan sopan, maka tak akan menutup kemungkinan bagi perusahaan untuk memberikan kesempatan lagi di masa mendatang. Kamu bisa menyampaikan antusiasmu atas panggilan interview tersebut dan menyampaikan hal baik berupa harapan dan doa bagi perusahaan.

Contoh Jawaban Menolak Panggilan Interview

Melansir laman LinovHR, berikut salah satu contoh jawaban menolak panggilan interview:

“Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh (perusahaan) kepada saya untuk melakukan proses interview pada (posisi). Saya sangat terkesan dengan nilai-nilai perusahaan. Namun, dengan berat hati saya ingin mengonfirmasikan bahwa saya tidak bisa melanjutkan proses interview dikarenakan (sebutkan alasan).

Saya berharap Bapak/Ibu dapat menemukan kandidat lain yang sesuai dengan posisi ini. Saya juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan (perusahaan) di kemudian hari. Semoga hubungan baik ini terus terjalin hingga di masa mendatang.  Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih dan sukses selalu untuk (perusahaan).”

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Nah, itulah cara jitu dan contoh jawaban menolak panggilan interview yang baik dan sopan agar hubungan baikmu terus terjalin dengan perusahaan. Selain memberikan kesan baik, dengan memberikan kepastian konfirmasi, recruiter akan menghargai keputusanmu dan segera beralih ke kandidat lainnya.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Penulis: Utami Nur Hidayati

Editor: Dinan Fuzianti

Tinggalkan Balasan