Menulis CV Bagian “Tentang Saya”, Ini 4 Tips-nya!

Saat melamar pekerjaan, CV merupakan berkas yang paling penting untuk kamu perhatikan. CV atau curriculum vitae biasanya memuat informasi tentang diri sendiri, mulai dari latar belakang pendidikan, skill, hingga pengalaman bekerja. Selain pengalaman, yang tak boleh kamu lewatkan saat membuat CV adalah tulisan mengenai “Tentang Saya” alias summary. Bagian ini penting untuk menunjukkan kredibilitas serta value yang ingin kita tunjukkan pada recruiter

Lebih lanjut lagi, bagian “Tentang Saya” dapat menggambarkan karakter pemilik CV yang akan terlihat oleh HRD, lo! Sobat MySkill tahu nggak sih, ada tips dan trik untuk menulis “Tentang Saya” supaya CV kamu makin menarik? Yap, tentu MySkill akan membagikannya denganmu. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak sampai akhir!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Fokus Kepada Kelebihan Tentang Skill dan Minat Kita

Perhatikan skill yang ingin dicapai agar bisa menuliskannya pada cv bagian "tentang saya"
Perhatikan skill yang ingin dicapai

Sebagai garda terdepan saat melamar kerja, CV harus mencakup nilai tambah yang mampu memikat hati recruiter. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencantumkan kelebihan yang Sobat miliki. 

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan informasi seputar minat, kemampuan, atau ketertarikan pada suatu bidang pekerjaan. Usahakan menulis bagian ini dengan cermat dan teliti agar CV kamu bisa lolos seleksi oleh para HRD. 

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Tunjukkan ‘Pesonamu’ Pada Bagian “Tentang Saya”

Cerita tentang dirimu dalam "tentang saya"
Cerita tentang dirimu

Selanjutnya pada bagian “Tentang Saya”, tidak ada salahnya untuk menceritakan sekilas tentang profil kamu. Hal ini dapat memberi gambaran pada HRD mengenai sosok seperti apa diri kamu. Contohnya seperti berikut, “saya lulusan universitas (sebutkan universitas) dengan jurusan (sebutkan jurusan) yang sangat berminat di dalam pekerjaan (sebutkan pekerjaan) karena berkaitan dengan skill yang saya miliki (sebutkan skill, pengalaman).”

Jangan Berlebihan Memasukkan Hal yang Kurang Penting

Jangan berlebihan mendeskripsikan diri pada cv bagian tentang saya
Sampaikan data yang lebih relevan dan menunjang karier

Jangan sampai Sobat menyampaikan informasi yang over dan tidak penting dalam lamaran. Penulisan dalam bagian ini setidaknya harus mewakili keseluruhan isi CV. Sobat bisa menuliskan beberapa hal yang relevan dengan pekerjaan yang dituju atau yang kamu apply. Bisa juga nih, tentang tujuan karier yang Sobat ingin dari profesi tersebut. Sesuaikan dengan kebutuhan dan cakupan pekerjaan karier kamu ya, jangan sampai bertele-tele. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Memberikan Informasi CV Bagian “Tentang Saya” Secara Profesional

Menjadi profesional dalam bagian "tentang saya"
Menjadi profesional adalah penting

Ingin terlihat lebih profesional? Pastikan agar kamu menulis “Tentang Saya” pada bagian CV menggunakan kata kunci yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika Sobat mengidentifikasi terlebih dahulu jenis pekerjaan yang akan kamu lamar. Pastikan juga nih, kamu memahami bagian ini lebih lanjut sebelum membuat data diri agar dapat meminimalisir kesalahan yang bisa saja terjadi jika tidak teliti.

Nah, itulah 4 tips yang bisa kamu coba saat sedang mengisi bagian “Tentang Saya” di CV. Coba cek lagi deh, data kamu, Sobat! Kira-kira apakah sudah rapi dan sesuai dengan saran di atas? Pastikan untuk memperhatikan hal ini CV-mu makin terlihat menarik di hadapan HRD!

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Sobat tahu enggak, MySkill punya program persiapan karier yang super lengkap, lo! Mau CV kamu di-review sampai tuntas dengan HRD yang sudah berpengalaman dan dalam 24 jam saja? Tertarik untuk mentoring One on One sama experts dari berbagai perusahaan?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Penulis: Cindy Febri Yanti

Editor: Alifa Justisia

Tinggalkan Balasan