5 Website Review CV Yang Wajib Kamu Coba. Yuk Cek di Sini!

Ketika selesai membuat CV, apakah kamu selalu melakukan cek ulang? Jika ya, good for you! Namun, apakah kamu masih melakukannya secara manual? Mungkin, sebagian orang masih melakukannya dengan cara meminta bantuan teman untuk review CV atau bahkan hanya mengeceknya sendiri. Lebih baik jangan seperti itu lagi, deh. 

Loh, kenapa? Yap, di era teknologi yang telah berkembang seperti sekarang ini, sudah ada tools yang dapat melakukan review untuk CV-mu, lho. Kabar baiknya CV-mu juga bisa ternilai secara otomatis dan yang terpenting tidak berbayar alias gratis. Wah, menarik, ya!

Dengan alat review CV online gratis ini, kamu dapat dengan mudah membaca dan mengecek apakah ada kesalahan pada CV-mu atau tidak. Jika ada, website tersebut akan menyarankan cara terbaik untuk memperbaikinya. Jadi, kamu tidak perlu repot mengeceknya satu per satu, deh. 

Selain itu, kamu juga akan mempersingkat waktu, sehingga dapat melakukan hal lainnya. Nah, tepat banget, nih! Di kesempatan kali  ini, MySkill.id sudah merangkum lima website review CV yang sangat recommended hanya untuk kamu. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Review CV pakai ResumeWorded

5 Website Review CV Yang Wajib Kamu Coba. Yuk Cek di Sini!
ResumeWorded bisa dijadikan pilihan me-review CV

Rekomendasi website review CV pertama adalah ResumeWorded. Dengan ini, kamu dapat melihat berapa nilai untuk CV-mu dan hal apa saja yang harus kamu perbaiki dengan instan. Selain itu, ResumeWorded juga akan menilai CV-mu menjadi empat bagian, yaitu Impact, Brevity, Style, dan Average Bullet Score. 

Oh iya, cara menggunakannya sangat mudah, kamu hanya perlu mengunggah CV yang ingin di-review di website ini, kemudian akan ada pemberitahuan yang meminta kamu untuk membuat akun. Kamu dapat membuat akun menggunakan Google, Facebook, atau dengan mendaftar menggunakan email. Mudah, bukan?

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Gunakan TopResume untuk Review CV kamu!

5 Website Review CV Yang Wajib Kamu Coba. Yuk Cek di Sini!
TopResume, rekomendasi website untuk review CV-mu

Selain ResumeWorded, ada TopResume, nih. Kamu dapat memproses penilaian CV secara gratis dan juga mudah dengan TopResume. Hanya klik tombol “Get a free resume review”, unggah resume, dan masukkan e-mail. Oh iya, tenang saja, di sini tidak ada ads yang mengganggu, lho. Jadi, kamu bisa fokus, deh. 

Jika kamu menggunakan TopResume, maka CV-mu akan dinilai berdasarkan ATS Analysis. ATS adalah jenis perangkat lunak yang digunakan oleh perekrut dan pemberi kerja untuk mengumpulkan, menyortir, memindai, dan memberi peringkat lamaran kerja yang diterima. Hal ini tentu akan memperbesar peluang kamu lulus tahap administrasi, lho. Jadi, tidak khawatir lagi, deh.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Ladders

5 Website Review CV Yang Wajib Kamu Coba. Yuk Cek di Sini!
Yuk, coba pakai Ladders untuk review Cv-mu!

Ingin mendapatkan penilaian CV secara instan? Ladders sangat membantu, nih. Cukup unggah resume dan kamu akan langsung menuju ke halaman penilaian CV, yang memberikan ringkasan CV serta beberapa saran tentang bagaimana kamu harus memperbaikinya, seperti tanda baca, kapitalisasi, dan masih banyak lagi. 

Proses penilaiannya juga instan. Kamu tidak perlu membutuhkan banyak waktu untuk melihat hasilnya. Karena prosesnya yang instan, Artificial Intelligence (AI) yang akan menilai keseluruhan isi dalam CV-mu. Jadi, kamu harus teliti lagi melihat hasilnya, ya!

4. SkillRoads

5 Website Review CV Yang Wajib Kamu Coba. Yuk Cek di Sini!
SkillRoads website review CV dengan fitur lengkap

Website review CV selanjutnya, yaitu SkillRoads. Dengan ini kamu dapat menilai resume, CV, hingga profil LinkedIn, nih. Selain itu, penilaiannya juga sangat lengkap karena terdapat tujuh aspek yang menjadi koreksi dalam CV-mu, yaitu ATS Compatibility, Style & Formatting, Resume Sections, Career Goals, Accomplishments, Relevance, First Impression & Contact Information. Wah, lengkap, ya!

Langkahnya mudah sekali, pertama kamu harus mengunggah CV yang ingin di-review, bisa dalam format DOC, PDF, DOCX. Kemudian, login melalui e-mail, Facebook, atau Twitter agar CV-mu bisa di-review. Setelah itu, kamu bisa mendapatkan hasil laporan CV-mu secara lengkap beserta informasi tentang apa saja poin-poin yang perlu diperbaiki. Mudah, bukan? 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. ZipJob

5 Website Review CV Yang Wajib Kamu Coba. Yuk Cek di Sini!
ZipJob juga bisa jadi alternatif website me-review CV milikmu

Last but not least, ada ZipJob, nih. Website review CV ini memiliki empat bagian, yaitu Design, Structure, & Formatting; Language & Writing; Resume Scanning Software Test, dan Recommendations, nih. Canggih, ya? 

Namun sayang, hasil review di dalam website ZipJob tidak sama seperti website sebelumnya yang mana penilaiannya memakai Artificial Intelligence (AI). Salah satu kekurangan dari website review CV ini juga membutuhkan waktu hingga 48 jam untuk mengetahui hasil penilaiannya.

Eits, tapi jangan khawatir, ya. Secara keseluruhan, ZipJob sudah termasuk oke. Kamu bisa mendapatkan hasilnya secara detail dengan hanya meng-upload CV dalam format PDF, Doc, atau Docx, dan jangan lupa juga masukkan e-mail, ya!

Nah, itu tadi lima rekomendasi website untuk me-review CV punya kamu. Jadi, sebelum melamar pekerjaan impian, sebaiknya melakukan review ulang dengan website tadi, ya.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Disini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill