Cara Buat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Contohnya

Surat lamaran adalah salah satu syarat berkas dalam melamar pekerjaan. Umumnya, suatu perusahaan akan meminta pelamarnya mengirimkannya. Baik dalam bahasa Indonesia, maupun dalam bahasa Inggris. Apakah kamu sudah tau cara membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan di bawah!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Cover letter atau surat lamaran merupakan surat yang terdiri dari 3-4 paragraf berisi penjelasan ketertarikan pelamar akan suatu pekerjaan dan perusahaan yang ingin dilamarnya. Pembuatannya ditujukan guna meyakinkan perusahaan, bahwa pelamar adalah kandidat yang tepat. Oleh karena itu, dalam penulisannya kamu perlu menyertakan pengalaman dan kemampuanmu secara detail. Tunjukan bahwa kamu orang yang layak untuk mengisi posisi tersebut.

Walau tidak semua perusahaan mewajibkan mengirimkan surat lamaran kerja yang berahasa Inggris, tetapi penggunaannya bisa menjadi nilai tambah untuk menunjukkan kemampuan bahasamu pada perusahaan.

Penulisan surat lamaran kerja berbahasa Inggris sebenarnya hampir serupa dengan yang biasanya. Akan tetapi, ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Guna membuat cover letter, kamu perlu mengetahui struktur serta apa saja yang perlu tertera di setiap bagiannya. Berikut adalah beberapa cara membuatnya:

1. Buat Bagian Header

Surat lamaran Kerja Bahasa Inggris - Membuat header
Gunakan sapaan setelah memasukan alamat perusahaan pada header (Gambar: Dokumenasi pribadi)

Dalam membuat tulisan formal, header merupakan bagian yang terpenting, begitu pula dengan surat lamaran kerja bahasa Inggris. Pada bagian atas header, tuliskan informasi personalmu. Kemudian masukan tanggal, nama penerima surat, dan jabatannya. Selain itu, sertakan juga nama perusahaan dan alamatnya. Setelah menulis bagian awal, jangan lupa masukan kata pembuka atau kata sapaan seperti dear atau hello

2. Tulis Badan Paragraf

Badan paragraf adalah hal yang penting
Isi bagian paragraf dengan pengalaman serta kemampuanmu (Gambar: Dokumenasi pribadi)

Pada paragraf pertama, sebutkan posisi atau jabatan yang ingin dilamar dan dari mana kamu mendapat informasi lowongan tersebut. Jelaskan ketertarikanmu terhadap jabatan dan perusahaan yang ingin kamu tuju. Pembuka merupakan bagian paling penting untuk memberikan first impression pada pembaca. Maka dari itu, buatlah tulisan singkat yang mampu menarik perhatian.

Di samping itu, tulis juga secara singkat mengenai pengalaman dan latar belakang yang bisa membuktikan bahwa kamu cocok mengisi jabatan tersebut. Jangan lupa untuk perhatikan kembali kualifikasi pada lowongan itu. Pastikan pembahasan dalam surat lamaran bahasa Inggris ini sesuai dengan kualifikasi yang ada. 

Selanjutnya, jelaskan kemampuan dan pencapaianmu secara spesifik. Jangan mengulang kembali informasi singkat pada resume atau CV. Fokuslah untuk menggambarkan kinerja dan kualitasmu yang sesuai dengan kualifikasi pada job description. Dengan begitu, kamu mampu membuktikan dapat memenuhi kualifikasi perusahaan, melalui surat lamaran tersebut.

Baca juga: 6 Cara Paling Jitu Untuk Membuat CV Terlihat Menarik 

3. Buat Penutup yang Baik

Surat lamaran Kerja Bahasa Inggris - jangan lupa mengucapkan terima kasih
Tutup cover letter dengan berterima kasih (Gambar: Dokumenasi pribadi)

Akhiri cover letter dengan membuat kesimpulan secara singkat. Kesimpulan ini harus menjawab alasan mengapa kamu melamar jabatan itu, dan mengapa perusahaan perlu memilihmu. Setelah itu, ucapkanlah terima kasih dan tuliskan harapanmu untuk mendapatkan kabar mengenai tahap seleksi selanjutnya. Kemudian beri salam penutup. 

4. Cek Kembali

Periksa kembali setelah selesai
Jangan lupa mengecek kembali tulisanmu

Jika kamu sudah selesai menulis, periksalah kembali. Pastikan tidak ada kesalahan grammar maupun typo pada cover letter-mu. Gunakan aplikasi seperti Grammarly atau Google Translate guna membantu penulisan surat lamaran kerja bahasa Inggris. Aplikasi-aplikasi itu akan memudahkanmu.

Pastikan kembali juga bahwa substansi cover letter sudah sesuai berdasarkan kualifikasi posisi dan perusahaan yang akan dilamar. Oleh karena itu, gunakanlah cover letter yang berbeda untuk setiap posisi. 

Baca juga: 4 Tips Menulis Skill dalam CV agar Lolos Screening Rekrutmen

Contoh Surat Lamaran

Setelah mengetahui cara menulis dan struktur penulisan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, guna memahaminya lebih lanjut, perhatikan contoh-contohnya di bawah ini!

Berikut ini adalah salah satu contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk event planner
Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris event planner (Gambar: Dokumenasi pribadi)
Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris content marketer (Gambar: Dokumenasi pribadi)

Nah, itu dia cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris beserta contohnya untuk melamar pekerjaan menuju karier impian. Kamu juga bisa membuat desain cover letter di Canva, lo!. Guna membangun karier cemerlang perlu adanya persiapan yang baik. Oleh karena itu, yuk, siapkan diri dalam melamar pekerjaan dengan mengikuti berbagai kelas persiapan karier bersama MySkill.id.

Baca juga: Mempersiapkan Karier Profesional dengan MySkill.id

Editor: Wida Kurniasih