Yuk, Kenali Tes Kepribadian DiSC dalam Proses Rekrutmen!

Perusahaan akan melakukan beberapa tahapan dalam proses rekrutmen, guna memilih calon karyawan yang tepat. Mulai dari seleksi berkas, wawancara, hingga psikotes. Tahap psikotes merupakan bagian yang penting dalam proses rekrutmen. Pada tahap ini perusahaan akan menggunakan berbagai alat tes, salah satunya adalah menggunakan tes kepribadian DiSC. 

Apa itu Tes Kepribadian DiSC?

Setiap orang memiliki pandangan dan kepercayaan masing-masing, sehingga tak jarang kita sering kali menemukan pertentangan dan ketidakcocokan. Menghadapi individu yang berbeda-beda merupakan suatu hal sulit. Namun, adanya alat tes kepribadian seperti DiSC dapat mempermudah kita dalam menghadapi hal tersebut. Selain itu, tes ini dapat memudahkan untuk memahami karakter setiap individu. 

DiSC adalah suatu metode penilaian dan pengenalan kepribadian yang diusung oleh psikolog asal Amerika, yaitu William Moulton Marston. Martson mengenalkan konsep ini di dalam bukunya dengan judul “Emotions of Normal People” pada 1928. 

Pada konsep DiSC ini, Marston mengelompokan manusia ke dalam 4 kelompok besar. Empat kategori tersebut adalah Dominance (D), Influence (I), Steadiness (S), dan Compliance (C). Tes kepribadian DiSC akan memberikan gambaran tentang kecenderungan perilaku seorang individu.

Kegunaan Tes Kepribadian DiSC dalam Proses Rekrutmen

Tujuan dari proses seleksi adalah untuk mendapatkan karyawan berkualitas, dengan penempatan yang sesuai. Sehingga karyawan yang akan bergabung dapat memperlancar perusahaan dalam mencapai kebutuhannya. Oleh karena itu, dalam penyeleksian calon karyawan, perlu adanya identifikasi kepribadian untuk memilih kandidat yang tepat. 

DiSC adalah salah satu alat tes kepribadian yang tengah banyak digunakan perusahaan, seperti MBTI (Myers Briggs Types Indicator). Alat tes kepribadian DiSC sendiri memiliki fungsi dalam menentukan apakah calon karyawan memiliki kecocokan atau tidak untuk menempati posisi yang ia lamar. 

Melalui hasil tes kepribadian DiSC, kita bisa melihat kecenderungan seseorang pada satu kategori tertentu. Oleh karena itu, hasil dari tes ini dapat menampilkan rekomendasi pemetaan atau penempatan kerja seseorang. Hal tersebut bisa membantu HRD (Human Resource Development) dalam mempertimbangkan kandidat-kandidat yang mendaftar. 

Di luar itu, tes ini juga dapat menjadi acuan pada pengembangan SDM di dalam sebuah perusahaan. Contohnya seperti bagaimana cara berkomunikasi secara efektif dengan orang kepribadian tertentu. Bagaimana cara yang tepat untuk mendorong perkembangan pribadi, serta potensi karyawan berdasarkan kategorinya. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Tipe-tipe Kepribadian DiSC

Yuk, Kenali Tes Kepribadian DiSC dalam Proses Rekrutmen!
Terdapat 4 kategori dalam DiSC yaitu Dominance, InfluenceSteadiness, dan Compliance

Pada poin sebelumnya, terdapat penjelasan bahwa kepribadian DiSC mengkategorikan tiap individu menjadi 4 tipe. Agar mengenalnya lebih jauh lagi, mari kita ikuti pembahasan mengenai tiap tipe dalam kepribadian DiSC!

1. Dominance

Kepribadian DiSC menggambarkan seseorang dengan kategori dominance sebagai sosok tegas dan independent. Mereka memiliki rasa kompetitif dan ambisius. Dalam menjalankan tugasnya, tipe ini akan cenderung memilih membuat tindakan (praktik langsung) dari pada melakukan analisis. Di samping itu, kepribadian dominance akan lebih berfokus pada hasil. Tidak hanya itu, mereka juga jarang menggunakan emosi dalam membuat sebuah keputusan.

Kebanyakan tipe dominance terbiasa berada di tengah sebuah konflik, tetapi mereka juga pandai dalam mengendalikan situasi. Mereka dapat membantu orang yang lebih pasif untuk berkembang. Oleh karena itu, orang dengan kategori dominance biasanya menempati posisi atau peran sebagai pemimpin seperti direktur, entrepreneur, pengacara, dan manager

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. Influence

Individu dengan nilai influence tinggi pada hasil tes kepribadian DiSC biasanya memiliki kepercayaan diri tinggi, menarik, kreatif, dan mudah dekat dengan siapa saja. Tipe ini sangat senang bersosialisasi dan mengenal banyak orang. hal tersebut mendorongnya memiliki koneksi dan lingkup sosial yang luas. Public appreciation merupakan salah satu hal yang dapat memotivasi dan membuatnya terpacu. 

Sebagai pribadi kreatif dan memiliki banyak ide, mereka akan sangat bersemangat ketika harus mengeksplorasi ide baru dan memulai proyek yang baru. Selain itu, tipe influence memiliki kemampuan multitasking, sehingga kategori ini senang terlibat banyak hal dalam satu waktu. Kebanyakan dari kategori influence berkecimpung di bidang public relation, artis, desainer, travel agent, dan direktur kreatif. 

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Steadiness

Berdasarkan kepribadian DiSC, tipe steadiness tergambar sebagai individu yang konsisten dan loyal. Kategori ini terkenal akan simpatinya, sehingga dapat mengerti pandangan orang lain. Di samping itu, mereka merupakan pendengar yang baik dan tenang. Hal tersebut mendorong mereka memiliki kemampuan diplomatik dan kerjasama. 

Walau jarang memiliki inisiatif untuk membuka pembicaraan, loyalitas kepribadian steadiness membuat mereka dapat mempertahankan relasinya dengan orang-orang terdekatnya. Orang dengan kategori steadiness juga sangat menghargai pemikiran dan perasaan orang lain. Lingkup profesi yang sesuai dengannya adalah pekerjaan seperti therapist, perawat, konselor, HRD, dan customer support

4. Compliance

Orang dengan kepribadian compliance atau conscientiousness lebih berfokus pada proses, struktur, dan aturan. Kategori ini cenderung skeptis dan menggunakan logika untuk membuat keputusan. Di samping itu, keakuratan data juga menjadi salah satu fokusnya. 

Mereka memiliki kemampuan berpikir secara mendalam mengenai suatu masalah. Oleh sebab itulah mengapa mereka pandai dalam memecahkan masalah dan terkenal sebagai problem solver. Hal itu juga membuatnya menjadi pengamat yang baik. Tipe compliance ini cocok bekerja pada sebagai software engineer, data scientist, analis keuangan, dan software developer

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Itulah tipe-tipe kepribadian DiSC. Sudahkah kamu mengetahui masuk ke dalam tipe yang mana? Jika belum, cobalah untuk mengikuti tes kepribadian DiSC. Setelah mengetahuinya, kamu dapat mengikuti kelas dari Myskill.id untuk Mempersiapkan Karier Profesional dan Sukses Menghadapi Wawancara. Yuk, segera daftarkan diri kamu!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill