4 Tips Jitu Untuk Kamu Yang Ingin Bertanya Lowongan Pekerjaan

Untuk kamu para fresh graduate, mencari lowongan pekerjaan adalah tantangan terbesar yang akan kamu hadapi. Bukan hanya kamu saja yang membutuhkan pekerjaan, tetapi semua masyarakat dari berbagai macam umur mencari lowongan agar sesegera mungkin mendapatkan pekerjaan. Hal ini tentu mengejutkan untuk kamu karena kehidupan sebenarnya adalah saat kamu terjun ke lapangan mencari pekerjaan.

Saat mencari lowongan pekerjaan banyak cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan bertanya melalui contact person yang tertera di selebaran lowongan pekerjaan. Namun sayangnya para calon pekerja tersebut sering salah bersikap dalam menanyakan lowongan tersebut sehingga menimbulkan kesan yang buruk terhadap HRD. Terlebih lagi saat bertanya melalui sosial media kepada orang yang belum kamu kenal.

Padahal kesan pertama adalah salah satu kunci keberhasilan kamu dalam mendapatkan hati seseorang dan memudahkan kamu dalam mendapatkan pekerjaan tersebut. Tentu kamu tidak ingin mendapatkan kesan yang buruk bukan? Jangan takut dan risau, karena melalui tulisan ini Myskill.id akan memberikan tips jitu untuk kamu yang ingin menanyakan lowongan pekerjaan melalui sosial media:

1. Memulai Percakapan Dengan Mengucapkan Salam Dan Perkenalan Diri

mengucapkan salam dan memperkenalkan diri
Salam dan perkenalan

Memulai percakapan dengan mengucapkan salam terdengar sangat klasik dan sederhana tetapi dalam pengimplementasian masih banyak calon pekerja yang tidak menghiraukan hal tersebut. Terkadang para calon pekerja lebih mendahulukan pertanyaan apa yang ingin mereka ketahui hingga lupa untuk memulai percakapan dengan mengucapkan salam.

Selain mengucapkan salam, kamu juga harus memperkenalkan dirimu dahulu. Kamu dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, alamat, pendidikan, alasan, dan lain sebagainya. Jadi, meski kamu sangat penasaran mengenai lowongan tersebut tetap jangan lupa untuk mengucapkan salam dan perkenalan diri ya! Percaya diri itu penting tetapi etika adalah hal yang utama.

2. Ingat, Gunakan Bahasa Formal Saat Bertanya Lowongan Pekerjaan!

bahasa formal saat bertanya lowongan pekerjaan
Bahasa formal menunjukan profesionalitas

Dalam menanyakan lowongan pekerjaan, untuk menunjukan profesionalitas kamu harus menggunakan bahasa yang formal. Karena dengan menggunakan bahasa formal merupakan salah satu cara kita untuk menghargai lawan bicara kita. Lawan bicara kita pun akan merasa nyaman saat bertukar pesan dengan kita sehingga hal ini akan membentuk kesan yang baik untuk kamu.

Selain itu, dalam menggunakan bahasa formal hindari pula penggunaan kata singkatan. Dengan kamu menyingkat kata, perusahaan akan berpikir kamu tidak profesional dan tidak sungguh-sungguh. Jadi tulis kalimat yang lengkap ya!

Baca juga : Mengenal Silicon Valley, Tempat Impian Pekerja Startup

3. Catat! Tanya Lowongan Pekerjaan Di Saat Jam Kerja

tanya lowongan pekerjaan di jam kerja
Bertanya di saat jam kerja

Bertanya di saat jam kerja adalah salah satu etika untuk kamu bertanya mengenai lowongan pekerjaan. Hal ini karena HRD akan aktif saat jam kerja mereka dan selain waktu kerja tersebut merupakan waktu untuk istirahat mereka. Meski hal ini terkesan sepele, tetap saja merupakan suatu etika yang harus kamu terapkan dalam bertanya.

Dengan kamu menghubungi HRD di saat jam kerja akan lebih besar kemungkinan pertanyaanmu terbalas dengan cepat, karena jam itulah HRD memiliki tanggung jawab atas semua pekerjaan mereka.

4. “Terima Kasih” Jangan Ketinggalan Loh!

ucapkan terima kasih
Terimakasih atas informasi

Setelah kamu bertanya dan mendapatkan informasi yang kamu inginkan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Karena dengan kamu mengucapkan terima kasih kamu telah menghargai informasi yang kamu dapat dari lawan bicaramu. Lawan bicaramu tentu akan merasa dihargai dan senang saat mendapat ucapan terima kasih darimu. Jadi jangan melupakan ucapan terima kasih ya!

Itulah beberapa tips jitu untuk kamu yang ingin menanyakan lowongan pekerjaan. bertanya akan sesuatu yang tidak kamu ketahui itu baik, tetapi jangan pernah lupakan etika bertanya terhadap lawan bicaramu ya sobat Myskill.id!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor : Apreliani Dwiastuti

Baca juga : Fresh Graduates, Hindari 4 Kesalahan dalam Menulis CV Ini!