5 Tips Agar Motivation Letter Kamu Auto Disukai Rekruiter!

Sobat MySkill di sini ada yang tahu apa itu motivation letter? Kira-kira apa kegunaannya, ya? Nah, motivation letter itu adalah tulisan berupa esai yang berisi gambaran diri, latar belakang pendidikan, skill, prestasi hingga harapan-harapan.

Motivation letter biasanya sobat MySkill gunakan saat ingin mendaftar beasiswa atau program sejenis, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan, beberapa perusahaan tertentu terkadang ada juga yang memintanya saat proses lamaran.

Sebagai catatan penting, usahakan ketika membuatnya informasi yang sobat tuliskan harus benar-benar jujur tanpa ada yang dilebih-lebihkan. Hal ini bertujuan agar pihak rekruiter tahu nilai autentik yang ada dalam dirimu. Sehingga pihak recruiter pun akan tertarik dan menjadikan kamu sebagai kandidat beasiswa mereka.

Lantas bagaimana, sih, cara membuatnya dan apa saja yang perlu dipersiapkan? Nah, sobat MySkill jangan khawatir! Berikut ini mari simak 5 tips membuat motivation letter khusus untuk sobat MySkill!

1. Jadilah Diri Sendiri

Motivation letter
https://www.pexels.com/photo/photo-of-woman-standing-on-sunflower-field-3756168/
Kamu harus yakin dengan kemampuan dalam dirimu.

Supaya bisa menghasilkan motivation letter yang unik dan authentic, tentu kamu harus mengenal dirimu sendiri. Mengenal kelebihan dan kekurangan diri adalah hal terpenting!

Oleh karena itu, ada baiknya mulai sekarang kamu wajib mencoba mengenali diri sendiri dan mulai berani serta percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki!

2. Fokus dan Disiplin  

Motivation letter
https://www.pexels.com/photo/person-holding-fountain-pen-211291/
Disiplin dan fokus sangat kamu perlukan dalam menyusun motivation letter.

Dalam menulis kamu perlu fokus untuk mengingat lebih dalam mengenai hal apa saja yang telah berhasil kamu raih sampai saat ini. Tujuannya agar informasi yang kamu tuangkan benar-benar bisa menggambarkan dirimu yang sebenarnya.

Apabila kamu menulisnya dalam waktu singkat, bisa jadi akan ada beberapa hal penting terlewat yang sebenarnya bisa mendukung dan menjadi nilai tambah. Jadi, jangan tergesa-gesa dalam membuatnya, ya!

3. Personal Branding Plus Bukti Nyata

Motivation letter
https://www.pexels.com/photo/unrecognizable-lady-climbing-artificial-wall-in-modern-gym-5384167/
Kamu wajib memberikan bukti nyata terkait kemampuan dan prestasi yang kamu punya.

Dalam hal ini, sobat MySkill perlu banget menunjukkan bukti nyata terkait prestasi, kemampuan, atau hal apa saja yang telah sobat lakukan. Misalnya, sobat MySkill menuliskan bahwa sobat adalah orang yang bisa mengatur waktu dengan baik. Maka, hal itu dapat sobat MySkill buktikan contohnya dengan banyaknya aktivitas produktif yang pernah sobat ikuti.

Baca juga: Ketahui Dulu 5 Hal Ini Sebelum Kamu Kuliah Di Jerman

4. Jelaskan Rencana Masa Depan Sebaik Mungkin

Motivation letter
https://www.pexels.com/photo/man-in-white-t-shirt-and-black-pants-in-a-running-position-4048182/
Jelaskan tentang apa yang ingin kamu raih kelak di masa depan.

Recruiter biasanya lebih tertarik dengan calon kandidat yang sudah memiliki perencanaan yang kuat dan jelas untuk beberapa tahun ke depan. Sebab hal ini akan mencerminkan bahwa calon kandidat tersebut memang serius dan yakin dengan tujuannya.

Oleh karena itu, ada baiknya sobat MySkill memikirkan dengan baik dan matang terkait apa saja tujuan yang ingin sobat raih kedepannya mulai dari sekarang!

Baca juga: Pejuang Beasiswa? Simak Serba-Serbi Beasiswa LPDP Berikut Ini!

5. Periksa Secara Berkala

Motivation letter
https://www.pexels.com/photo/two-women-looking-and-pointing-at-macbook-laptop-1569076/
Memintalah pendapat orang terdekat atau yang telah berpengalaman.

Poin terpenting yang tidak boleh sobat MySkill lewatkan, yaitu meminta pendapat dari orang terdekat atau yang sudah berpengalaman untuk me-review hasil yang sudah sobat buat. Hal ini akan sangat membantu sobat untuk bisa menemukan letak-letak kesalahan yang sekiranya perlu perbaikan guna hasil yang maksimal.

Nah, itu tadi lima tipsnya. Selanjutnya, bagi sobat MySkill yang tertarik ingin mendaftar beasiswa atau program sejenisnya, MySkill.id telah menyediakan kelas cara menyiapkan dokumen beasiswa & pascasarjana! Dalam kelas ini sobat akan belajar cara membuat motivation letter untuk keperluan beasiswa.

Tambah informasi, selain kelas tadi masih banyak lagi kelas-kelas persiapan karier yang bisa sobat MySkill ikuti di MySkill.id! Jadi, apakah sobat MySkill tertarik untuk join program MySkill.id lainnya?

Baca juga : Mau Melamar Kerja Sampingan? Ketahui Perbedaan Part Time dan Freelance!

Penulis: Regina Patricia Theyser