Apa Untungnya Merekrut Fresh Graduate? Perusahaan Wajib Tahu

Fresh graduate adalah perolehan gelar setelah seseorang lulus dari suatu perguruan tinggi. Gelar ini disandang seseorang dalam jangka waktu 6 bulan -1 tahun setelah kelulusan. Seringkali keputusan mempekerjakan fresh graduate menimbulkan pro dan kontra dalam perusahaan. Umumnya, fresh graduate belum memiliki pengalaman bekerja dan skill yang mumpuni sehingga hal ini menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk merekrut mereka.

Perusahaan biasanya akan menempatkan pekerja fresh graduate di bagian pekerjaan yang tidak terlalu kompleks dalam pengambilan keputusan maupun penyelesaian masalah. Hal ini karena umumnya anggapan fresh graduate masih belum memiliki keterampilan yang cukup. Oleh karena itu, perlu training awal untuk meningkatkan skill komunikasi, public speaking, teamwork, problem solving, dan lain-lain. Tentu saja bentuk training bagi fresh graduate jauh lebih lama dan kompleks daripada mereka experienced graduate. Meski demikian, merekrut fresh graduate juga memberikan keuntungan bagi perusahaan, di antaranya yaitu:

1. Fresh Graduate Melek Teknologi

Akrab dan cakap terhadap teknologi adalah kelebihan
Akrab dan cakap terhadap teknologi adalah kelebihan fresh graduate

Era globalisasi berarti semakin berkembangnya teknologi yang menjadi lebih canggih. Generasi milenial lebih akrab dan cakap terhadap teknologi, oleh karena itu hal ini menjadi daya tarik dan keuntungan tersendiri bagi perusahaan untuk merekrut fresh graduate daripada senior. Kemampuan dalam menggunakan teknologi merupakan salah satu skill penting yang menunjukkan kualitas karyawan. Perusahaan tentu membutuhkan karyawan dengan kemampuan yang andal agar dapat menghadapi persaingan yang begitu kompetitif dan tantangan global di masa mendatang. Oleh sebab itu, fresh graduate yang melek teknologi dan memiliki tingkat literasi digital tinggi akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Memiliki Kemampuan Berpikir Kreatif dan Adaptif

Fresh graduate memiliki kemampuan berpikir kreatif dan adaptif
Fresh graduate memiliki kemampuan berpikir kreatif dan adaptif

Menghadapi era VUCA atau era di mana terjadi banyak perubahan yang cepat dan tidak pasti ini menyebabkan keadaan sulit sehingga perusahaan perlu untuk terus kreatif dan adaptif. Fresh graduate sebagai generasi muda memiliki kreativitas yang tinggi sehingga bisa memberikan ide-ide baru yang segar dan inovatif bagi perusahaan. Fresh graduate lebih up to date dengan tren yang ada sehingga bisa membantu perusahaan memberikan pemikiran yang lebih kekinian. Selain itu, fresh gradute juga lebih adaptif sehingga mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan dan hal-hal baru. Dengan merekrut fresh graduate yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dan adaptif tentu akan menjadi keuntungan bagi perusahaan. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3.Memiliki Sikap Kritis dan Mau Belajar

Sikap kristis dan mau belajar dimiliki oleh fresh graduate
Sikap kristis dan mau belajar dimiliki oleh mereka

Kurangnya pengalaman dan keterampilan memang menjadi kekurangan fresh graduate pada umumnya. Namun hal ini bisa menjadi pertimbangan dengan sikap yang kritis dan mau belajar. Fresh graduate cenderung lebih ingin tahu dan kritis terhadap suatu hal sehingga untuk mengatasi keterbatasan pengetahuan tentang perusahaan, mereka akan lebih banyak belajar dan sering bertanya kepada atasan. 

4. Mudah Dibentuk Sesuai dengan Keinginan Perusahaan 

Apa Untungnya Merekrut Fresh Graduate? Perusahaan Wajib Tahu
Mempunyai terbuka sehingga memudahkan perusahaan

Belum memiliki pengalaman kerja seringkali menjadi pertimbangan perusahaan sebelum merekrut fresh graduate. Kekurangan tersebut justru bisa menjadi keuntungan bagi perusahaan karena fresh graduate yang kurang pengalaman justru akan lebih mudah dibentuk sesuai dengan culture perusahaan. Fresh graduate sebagai generasi Z lebih berpikiran terbuka sehingga dapat dengan mudah menerima ajaran-ajaran dari perusahaan. Perusahaan akan memperoleh keuntungan apabila memiliki karyawan yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

5. Rekrut Fresh Graduate Dapat Mengurangi Cost

Apa Untungnya Merekrut Fresh Graduate? Perusahaan Wajib Tahu
Mengurangi biaya dengan merekrut fresh graduate

Gaji atau upah karyawan bisa ditentukan berdasarkan seberapa banyak pengalaman mereka. Karyawan berpengalaman gajinya tentu lebih tinggi daripada fresh graduate yang masih minim pengalaman. Jika perusahaan ingin menekan pengeluaran biaya atau cost, maka merekrut fresh graduate bisa menjadi pertimbangkan. 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Itu adalah 5 hal yang dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk merekrut fresh graduate. Meskipun memiliki kekurangan karena kurang berpengalaman, namun merekrut fresh graduate juga memiliki keuntungan bagi perusahaan. Jadi, bagi kamu fresh graduate yang belum memiliki pengalaman dan sedang meniti karir tetaplah untuk percaya diri. MySkill juga menyediakan kelas-kelas buat kamu yang mau upskilling loh!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill