Coming Back: How to Win the Job You Want When You’ve Lost the Job You Need

Judul Buku: Coming Back: How to Win the Job You Want When You’ve Lost the Job You Need

Penulis: Fawn Germer

Penerbit: St. Martin’s Press

Tahun Penerbitan: 2020

Isi Buku: “Coming Back” karya Fawn Germer adalah buku yang menginspirasi dan memberikan panduan bagi mereka yang telah kehilangan pekerjaan dan ingin kembali ke dunia kerja dengan sukses. Buku ini menyajikan kisah-kisah inspiratif dari individu-individu yang berhasil bangkit dari kegagalan dan kehilangan pekerjaan, dan akhirnya meraih karier yang mereka impikan.

Germer menawarkan wawasan tentang bagaimana menghadapi perasaan ketidakpastian dan kekhawatiran setelah kehilangan pekerjaan serta memberikan tips praktis tentang cara meningkatkan kepercayaan diri dan membentuk kembali identitas profesional kita. Ia menekankan pentingnya menggali potensi dan keahlian unik kita, serta memanfaatkannya untuk mencari peluang karier yang sesuai dengan passion dan tujuan hidup kita.

Buku ini juga membahas strategi pemasaran diri yang efektif, mulai dari membangun jejaring profesional yang kuat hingga menyusun resume dan surat lamaran yang menarik perhatian perusahaan. Germer juga mengajarkan kita bagaimana mengatasi rintangan-rintangan dalam mencari pekerjaan, termasuk bagaimana menghadapi pertanyaan tentang masa lalu pekerjaan kita yang mungkin kurang sukses.

Lebih dari sekadar memberikan tips pencarian kerja, “Coming Back” juga mengajarkan kita tentang arti penting dari ketekunan, tekad, dan semangat pantang menyerah dalam menghadapi tantangan karier. Buku ini menjadi panduan inspiratif bagi siapa pun yang sedang mengalami transisi karier atau ingin meraih kesuksesan dalam kembali memenangkan pekerjaan yang kita inginkan setelah mengalami kegagalan atau kehilangan pekerjaan sebelumnya.

Key Summary:

  1. Ketika kita mengalami kegagalan atau kehilangan pekerjaan, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menerima emosi dan perasaan yang muncul. Buku ini mengajarkan pentingnya memberi ruang bagi perasaan kita tanpa menekan atau menyangkalnya.
  2. Salah satu kunci kesuksesan dalam mencari pekerjaan adalah memiliki kepercayaan diri yang kuat. Kita perlu percaya pada kemampuan kita sendiri dan yakin bahwa kita memiliki nilai yang unik untuk ditawarkan.
  3. Dalam proses mencari pekerjaan, kita perlu mengidentifikasi potensi dan keahlian unik kita. Buku ini memberikan panduan tentang cara mengenali kekuatan kita dan menggunakannya sebagai modal untuk menarik perhatian perusahaan.
  4. Pemasaran diri juga menjadi hal penting dalam mencari pekerjaan. Kita perlu belajar cara mempromosikan diri kita dengan baik, mulai dari membangun jejaring profesional yang kuat hingga menyusun resume dan surat lamaran yang menarik.
  5. Menghadapi pertanyaan tentang masa lalu pekerjaan yang kurang sukses adalah hal yang sulit, namun buku ini memberikan tips tentang bagaimana mengatasi rintangan ini dengan percaya diri dan jujur.
  6. Salah satu wawasan penting dari buku ini adalah pentingnya menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan tujuan hidup kita. Kita perlu mencari pekerjaan yang benar-benar membuat kita bahagia dan merasa terpenuhi.
  7. Transisi karier bisa menjadi momen untuk mengeksplorasi potensi baru dan mencari peluang yang lebih baik. Buku ini mengajarkan kita tentang arti penting dari ketekunan dan semangat dalam menghadapi tantangan karier.
  8. Bekerja sama dengan mentor atau konsultan karier dapat memberikan manfaat besar dalam proses pencarian pekerjaan. Kita perlu terbuka untuk mendapatkan bimbingan dan nasihat dari mereka yang lebih berpengalaman.
  9. Saat mencari pekerjaan, jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dan mencari peluang di luar lingkungan kerja sebelumnya. Buku ini mendorong kita untuk berani mengambil risiko dan mengejar impian kita.
  10. Networking adalah kunci sukses dalam dunia kerja. Kita perlu aktif dalam membangun jejaring profesional yang kuat dan menjalin hubungan dengan orang-orang yang dapat membantu kita dalam mencari pekerjaan.
  11. Selama proses mencari pekerjaan, kita perlu menghindari perbandingan diri dengan orang lain. Fokuslah pada keunikan dan nilai tambah yang kita tawarkan, bukan pada apa yang orang lain miliki.
  12. Saat kita mendapatkan peluang wawancara, persiapkan diri dengan baik. Buku ini memberikan tips tentang bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dengan percaya diri dan meyakinkan.
  13. Jangan menyerah saat menghadapi penolakan. Buku ini mengajarkan kita untuk tetap gigih dan terus berusaha, karena kesuksesan bukanlah tentang seberapa sering kita jatuh, tapi seberapa cepat kita bangkit kembali.
  14. Setelah mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan, buku ini memberikan wawasan tentang cara terus berkembang dan tumbuh dalam karier. Kita perlu selalu belajar dan beradaptasi dengan perubahan.
  15. Selain fokus pada karier, buku ini juga mengajarkan pentingnya menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Kita perlu merawat kesehatan fisik dan mental serta menjaga hubungan sosial yang positif.
  16. Jangan takut untuk mencari bantuan profesional dalam mencari pekerjaan. Buku ini mendorong kita untuk memanfaatkan sumber daya yang ada, seperti konsultan karier atau pelatihan lanjutan.
  17. Komunikasi yang efektif adalah kunci dalam mencari pekerjaan dan membangun hubungan profesional. Buku ini memberikan tips tentang cara berkomunikasi dengan jelas dan persuasif.
  18. Penting untuk tetap fleksibel dan terbuka terhadap perubahan dalam karier. Buku ini mengajarkan kita tentang arti penting dari adaptasi dan penyesuaian diri dalam dunia kerja yang terus berkembang.
  19. Jangan pernah meremehkan pengalaman dan pembelajaran dari pekerjaan sebelumnya. Buku ini mengingatkan kita untuk selalu bersyukur atas setiap kesempatan dan pengalaman yang kita dapatkan.
  20. Akhirnya, buku ini memberikan pesan inspiratif tentang pentingnya mempercayai diri kita sendiri dan terus berusaha untuk mencapai tujuan karier kita. Dengan semangat pantang menyerah, kita dapat menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan dalam mencari pekerjaan yang kita impikan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.