Review Buku Negotiate It! How to Crush ..in the Workplace

Judul Buku: Negotiate It! How to Crush Your Fears, Develop Your Negotiation Muscle, and Gain Power in the Workplace

Nama Penulis: E. Lynn Price

Nama Penerbit: Bold Books

Tahun Penerbitan: 2022

“Negotiate It! How to Crush Your Fears, Develop Your Negotiation Muscle, and Gain Power in the Workplace” adalah buku yang ditulis oleh E. Lynn Price dan diterbitkan oleh Bold Books pada tahun 2022. Buku ini berfokus pada keterampilan negosiasi dan memberikan wawasan serta strategi praktis yang dapat membantu kita mengatasi ketakutan mereka dalam bernegosiasi, memperkuat keterampilan negosiasi mereka, dan mendapatkan kekuatan di tempat kerja.

Dalam buku ini, E. Lynn Price membahas berbagai konsep penting dalam negosiasi, mulai dari pemahaman dasar tentang proses negosiasi hingga teknik yang lebih maju. Kita akan belajar bagaimana mengatasi ketakutan dan kecemasan yang sering muncul saat bernegosiasi, sehingga mereka dapat menghadapi situasi tersebut dengan percaya diri.

Selain itu, buku ini juga mengajarkan strategi dan taktik kunci dalam negosiasi, termasuk bagaimana mempersiapkan diri sebelumnya, membangun hubungan yang kuat dengan pihak lain, menavigasi konflik, dan mencapai hasil yang menguntungkan bagi semua pihak. E. Lynn Price memberikan contoh kasus nyata, skenario, dan latihan praktis untuk membantu kita memahami dan mengasah keterampilan negosiasi mereka.

“Negotiate It!” juga menyoroti pentingnya mendapatkan kekuatan di tempat kerja melalui negosiasi yang efektif. Buku ini memberikan wawasan tentang bagaimana menggunakan negosiasi sebagai alat untuk meningkatkan posisi dan pengaruh seseorang di lingkungan kerja. E. Lynn Price berbagi strategi tentang bagaimana membaca kepentingan dan kebutuhan pihak lain, serta memanfaatkan pengetahuan ini untuk mencapai hasil yang saling menguntungkan.

Dengan pendekatan yang praktis dan berdasarkan pengalaman penulis, “Negotiate It! How to Crush Your Fears, Develop Your Negotiation Muscle, and Gain Power in the Workplace” menjadi panduan yang luar biasa untuk siapa saja yang ingin meningkatkan keterampilan negosiasi mereka, mengatasi ketakutan, dan mencapai keberhasilan di dunia kerja.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Key Summary:

  1. Persiapan yang cermat sebelum negosiasi adalah kunci keberhasilan. Kita perlu melakukan riset tentang pihak lain, termasuk kepentingan, kebutuhan, dan preferensi mereka, sehingga kita dapat mengembangkan strategi yang efektif dan mencapai hasil yang diinginkan.
  2. Mendengarkan aktif adalah keterampilan penting dalam negosiasi. Kita harus memberikan perhatian sepenuhnya kepada pihak lain, menghindari gangguan, dan mengajukan pertanyaan yang relevan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang posisi mereka.
  3. Memahami BATNA (Best Alternative to a Negotiated Agreement) kita dan pihak lain penting untuk mengevaluasi kekuatan tawar. Kita harus mengeksplorasi alternatif yang ada dan mempertimbangkan konsekuensi dari tidak mencapai kesepakatan.
  4. Menjaga emosi tetap terkendali adalah kunci untuk menghadapi situasi yang menegangkan dalam negosiasi. Kita harus mengendalikan emosi kita sendiri, seperti kemarahan atau kecemasan, dan mencoba untuk memahami dan mengelola emosi pihak lain dengan empati.
  5. Menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan pihak lain merupakan langkah penting dalam negosiasi. Kita perlu membangun kepercayaan, menunjukkan integritas, dan berkomunikasi secara terbuka agar menciptakan atmosfer kerja sama yang positif.
  6. Menerapkan pendekatan “win-win” adalah prinsip penting dalam negosiasi. Kita harus mencari solusi yang memenuhi kepentingan kedua belah pihak sehingga mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dan berkelanjutan.
  7. Memahami kekuatan dan kelemahan kita sendiri serta pihak lain membantu dalam perencanaan strategi negosiasi. Kita perlu memanfaatkan kekuatan kita dan menyesuaikan strategi kita dengan mempertimbangkan kelemahan pihak lain.
  8. Menghindari pendekatan kompetitif dan berfokus pada kerjasama membantu membangun hubungan yang langgeng dan mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Kita harus berusaha mencapai keseimbangan antara kepentingan pribadi dan kepentingan bersama.
  9. Berani untuk mengajukan tawaran pertama dalam negosiasi memberi kita kontrol atas arah pembicaraan dan memberikan kesempatan untuk menetapkan parameter awal.
  10. Mengetahui kapan harus menjeda dan menghindari kesalahan spontanitas dapat membantu kita mengumpulkan informasi tambahan, mempertimbangkan strategi, dan menghindari penyesalan di kemudian hari.
  11. Menggunakan data dan fakta yang relevan sebagai landasan argumentasi kita dapat meningkatkan kepercayaan dan kekuatan kita dalam negosiasi. Kita perlu mengumpulkan informasi yang mendukung posisi kita secara objektif dan dapat dipertanggungjawabkan.
  12. Menjadi fleksibel dan terbuka terhadap opsi dan solusi alternatif memungkinkan kita untuk menemukan kesepakatan yang lebih kreatif dan saling menguntungkan. Kita perlu menghindari sikap kaku dan siap untuk mengeksplorasi jalan keluar yang belum terpikirkan sebelumnya.
  13. Membangun hubungan jangka panjang dan memelihara reputasi kita merupakan investasi berharga dalam negosiasi. Kita perlu mempertimbangkan dampak jangka panjang dari keputusan kita dan berupaya menjaga hubungan yang positif untuk negosiasi masa depan.
  14. Mengatasi penolakan atau hambatan dalam negosiasi membutuhkan ketekunan dan keterampilan dalam menangani konflik. Kita perlu mencari cara untuk memecahkan masalah, mencapai kesepakatan bersama, dan tetap menjaga hubungan yang baik.
  15. Menyadari adanya kekuatan dan hierarki dalam negosiasi membantu kita dalam mengatur strategi dan mengelola dinamika kekuasaan. Kita perlu mengenali perbedaan kekuatan yang ada dan menyesuaikan pendekatan kita sesuai dengan konteks negosiasi.
  16. Menghargai kebutuhan dan kepentingan pihak lain adalah kunci dalam menciptakan lingkungan kerjasama yang harmonis. Kita perlu memperhatikan perspektif mereka dan berupaya mencari titik kesamaan untuk mencapai hasil yang saling menguntungkan.
  17. Mengelola waktu dengan efisien adalah penting dalam negosiasi yang kompleks. Kita perlu memperhatikan waktu yang tersedia, mengatur prioritas, dan menjaga ritme pembicaraan agar negosiasi berjalan dengan lancar.
  18. Menghindari sifat keras kepala dan berpikiran terbuka terhadap ide dan sudut pandang baru membantu meningkatkan kreativitas dan fleksibilitas dalam negosiasi. Kita perlu menerima bahwa solusi terbaik mungkin tidak selalu sejalan dengan pandangan awal kita.
  19. Mengatur komunikasi dengan jelas dan efektif adalah kunci dalam menghindari miskomunikasi dan konflik dalam negosiasi. Kita perlu menggunakan bahasa yang tepat, mendefinisikan harapan, dan mengklarifikasi informasi agar semua pihak memiliki pemahaman yang sama.
  20. Belajar dari setiap pengalaman negosiasi adalah kunci untuk terus mengembangkan keterampilan kita. Kita perlu merefleksikan hasil dan proses negosiasi, mengidentifikasi pelajaran yang bisa diambil, dan terus meningkatkan diri.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill