Never Go With Your Gut

2 min read

Never Go With Your Gut

Judul Buku: Never Go With Your Gut

Penulis: Gleb Tsipursky

Penerbit: Career Press

Tahun Penerbitan: 2019

Deskripsi Isi Buku: Buku “Never Go With Your Gut” ditulis oleh Gleb Tsipursky, seorang pakar dalam pengambilan keputusan berbasis bukti dan riset perilaku manusia. Buku ini mengeksplorasi bagaimana kita sering kali mengandalkan naluri atau insting bawaan kita dalam mengambil keputusan, yang seringkali dapat mengarah pada kesalahan dan keputusan yang kurang bijaksana. Gleb Tsipursky mengajak kita untuk menghindari mengandalkan naluri bawaan kita dan memberikan solusi tentang bagaimana cara mengambil keputusan berdasarkan bukti dan analisis yang lebih rasional.

Di dalam buku ini, Tsipursky menguraikan berbagai bias kognitif dan kesalahan berpikir yang sering mempengaruhi keputusan kita, seperti bias konfirmasi dan optimisme takrealistis. Ia memberikan contoh-contoh nyata tentang bagaimana kesalahan berpikir semacam itu dapat berdampak negatif pada kehidupan pribadi dan profesional kita.

Tsipursky juga mengajak kita untuk mengenali dan mengatasi emosi dan tekanan sosial yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan kita. Ia menyarankan penggunaan alat bantu seperti daftar pro-kontra dan analisis risiko untuk membantu kita mengambil keputusan dengan lebih bijaksana.

Buku ini menawarkan pendekatan berbasis bukti untuk pengambilan keputusan yang dapat membantu kita menghindari kesalahan berpikir dan membuat keputusan yang lebih tepat, berdasarkan fakta dan data yang ada. Tsipursky juga menekankan pentingnya keterbukaan terhadap masukan dan sudut pandang berbeda, serta kemauan untuk mengubah keputusan jika bukti mengarah pada kesimpulan yang berbeda.

Dengan gaya penulisan yang jelas dan lugas, “Never Go With Your Gut” memberikan wawasan yang berharga tentang cara mengambil keputusan yang lebih bijaksana dan berdasarkan bukti, sehingga kita dapat menghindari jebakan pikiran dan mencapai kesuksesan lebih baik dalam kehidupan pribadi dan karier kita. Buku ini cocok untuk siapa saja yang tertarik dalam pengembangan diri, pengambilan keputusan, dan peningkatan kualitas hidup.

Key Summery:

  1. Kita sering mengandalkan naluri bawaan dalam pengambilan keputusan, tetapi buku ini mengajarkan bahwa naluri tersebut seringkali bisa salah. Sebagai contoh, saat kita mengandalkan “firasat” dalam mengambil keputusan bisnis tanpa melihat data dan analisis yang kuat, bisa menyebabkan keputusan yang kurang bijaksana dan mengarah pada risiko yang tinggi.
  2. Buku ini menguraikan berbagai bias kognitif dan kesalahan berpikir yang sering mempengaruhi keputusan kita. Contohnya adalah bias konfirmasi, di mana kita cenderung mencari informasi yang membenarkan pandangan kita sendiri dan mengabaikan bukti yang bertentangan.
  3. Untuk menghindari kesalahan berpikir, penulis menyarankan kita untuk menggunakan alat bantu seperti daftar pro-kontra dan analisis risiko sebelum mengambil keputusan penting. Dengan cara ini, kita dapat melihat lebih jelas potensi konsekuensi dari setiap pilihan yang ada.
  4. Emosi dan tekanan sosial juga sering mempengaruhi pengambilan keputusan kita. Buku ini mengajak kita untuk mengenali emosi tersebut dan mencari cara untuk mengatasi dampaknya, sehingga kita bisa membuat keputusan lebih rasional dan objektif.
  5. Penulis menekankan pentingnya keterbukaan terhadap masukan dan sudut pandang berbeda. Dengan mendengarkan pendapat orang lain dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, kita dapat memperoleh perspektif yang lebih kaya dan mendalam sebelum mengambil keputusan.
  6. Buku ini juga memberikan contoh-contoh nyata tentang bagaimana kesalahan berpikir dapat berdampak negatif pada kehidupan pribadi dan profesional kita. Misalnya, cerita tentang seorang pengusaha yang gagal karena terlalu mengandalkan naluri bisnisnya tanpa melihat data yang ada.
  7. Untuk menghindari jebakan pikiran, penulis menyarankan kita untuk menggali informasi sebanyak mungkin sebelum mengambil keputusan. Dengan melakukan riset yang mendalam dan kritis, kita dapat membuat keputusan yang lebih informasional dan objektif.
  8. Penulis juga menekankan pentingnya mengakui kelemahan dan ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Kita harus menerima bahwa keputusan yang kita ambil tidak selalu sempurna dan dapat direvisi jika ada bukti baru yang muncul.
  9. Buku ini juga mengajarkan pentingnya memiliki keberanian untuk mengambil risiko yang terukur dan terencana. Tanpa mengambil risiko, kita mungkin tidak akan mencapai potensi penuh kita dalam karier dan kehidupan.
  10. Untuk menghindari terjebak dalam rutinitas dan pola pikir yang membosankan, penulis menyarankan kita untuk selalu mencari peluang baru dan tantangan yang menginspirasi.
  11. Salah satu insight utama dari buku ini adalah bahwa pengambilan keputusan yang bijaksana memerlukan kombinasi antara naluri bawaan dan analisis yang kuat. Kita tidak bisa mengandalkan hanya satu dari keduanya.
  12. Untuk mencapai kesuksesan dalam karier dan kehidupan, penulis menyarankan kita untuk terus belajar dan berkembang. Dengan selalu mencari pengetahuan baru dan meningkatkan keterampilan, kita dapat menjadi pribadi yang lebih berdaya dan kompeten dalam menghadapi berbagai situasi.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

The Song of Significance

MySkill
2 min read

The Creative Act

MySkill
2 min read